10 Cara Melihat Roh: Yang Nomor 8 nya Mencengangkan! Ternyata …

Percaya atau tidak, di dunia ini kita tidak sendirian. Terdapat dimensi lain selain dimensi manusia, yang keberadaannya hanya bisa dirasakan oleh sebagian orang. Bagi pembaca yang tertarik untuk merasakan keberadaan dimensi lain, berikut 10 cara melihat roh/hantu versi mimin 🙂

Selain soal tradisi dan budaya, ternyata etnis Tionghoa juga banyak menyimpan sekumpulan cerita mitos tentang dunia hantu; meski cerita2 ini semakin tergerus dan menghilang ditengah perkembangan era modern. Bukan bermaksud untuk melestarikan, namun tidak ada ruginya bagi anda untuk sekedar mengetahuinya.

Loading...

10 Cara Melihat Hantu dan 10 Cara Penangkalnya :

1. Menggunakan kornea mata orang yang telah meninggal (換眼角膜); dan ketika kamu membuka mata, “mereka” akan terlihat berada disekitar.

2. Ibu hamil yang bunuh diri dengan meloncat (孕婦跳樓). Ketika meloncat, kamu akan melihat “sesuatu” yang tidak ingin dilihat.

3. Permainan mangkuk dewa (杯仙; bei xian), atau biasa disebut “permainan papan roh“. Caranya, cari 2-3 orang teman, siapkan sebuah cangkir kecil dan selembar kertas yang bertuliskan huruf2 hanzi. Lalu dengan tangan, kamu menekan bagian bawah cangkir.

Sambil mengucap beberapa kalimat mantra, biasanya roh hantu akan datang. Mengundang hantu itu mudah, namun mengantar kembali “mereka” sulit. Permainan ini mirip dengan Jailangkung Indonesia, hanya medianya saja yang berbeda.

4. Mengetuk mangkok nasi dengan sumpit di persimpangan jalan (字路口敲碗). Menurut cerita2 legenda, di persimpangan jalan merupakan tempat berkumpulnya hawa makhluk halus paling berat berada.

Jika kamu ingin mencobanya, pada tengah malam, pergilah ke persimpangan jalan (dipinggir jalan juga tidak mengapa) yang menyilang, lalu ketuklah mangkok dengan sumpit. Hal ini dipercaya bisa mengoda datangnya hantu2 yang kelaparan.

Dalam proses ini, jangan sampai berhenti mengetuk mangkoknya; karena jika berhenti, maka hantunya akan menampakkan diri ke kamu. Bagaimana bentuk mereka? Silahkan dicoba sendiri!

5. Bermain petak umpet dengan hantu pada tengah malam (鬼捉迷藏). Jika kamu ingin mencobanya, cari seekor kucing hitam untuk bermain sembunyi2 pada tempat-tempat yang sepi saat tengah malam.

Hantu2 dipercaya akan ikut bermain di dalamnya. Ketika kamu tidak mampu untuk menemukan orang lain dalam permainan ini, lepaskan kucing hitam yang kamu bawa tersebut, lalu ikuti langkah kemana ia pergi. Si kucing hitam konon akan mencari sosok hantu disekitarmu. Hati2 ketemu hantu dinding!

Loading...

6. Mengoleskan tanah kubur di mata (屍泥塗眼). Gunakan tanah perkuburan, lalu oleskan pada matamu saat tengah malam. Konon dengan cara ini kamu bisa melihat hantu, namun ada resiko bisa menyebabkan kebutaan pada mata.

7. Buka payung dalam ruangan tertutup (室內打傘). Hingga saat ini sebagian orang Tionghoa masih percaya, jika membuka payung dalam ruangan dipercaya dapat mengundang munculnya hantu.

8. Menyisir rambut saat tengah malam (半夜梳頭發). Jika kamu mau mencobanya, saat tengah malam tepatnya pada jam 12 sampai jam 3 subuh (merupakan puncak energi yin), hadaplah cermin sambil menyisir rambut. Konon kamu bisa melihat hantu di cermin setelah beberapa saat.

9. Mengintip dibalik kaki dengan posisi tubuh terbalik (倒著看). Bungkukkan pinggangmu hingga ke bawah, di antara kedua paha memandang ke belakang. Jika hal ini dilakukan, konon anda bisa melihat “lorong” menuju dunia yang lain.

Akan tetapi, ketika anda mulai terpesona/terpaku pada sebuah objek, anda harus segera berhenti melakukan gerakan ini. Hantu bisa salah menyangka anda sebagai janin yang akan dilahirkan, yang mengundang dia untuk dilahirkan kembali.

10. Berpura- pura menyamar sebagai orang meninggal (裝死人). Hal ini merupakan cara terekstrim untuk “pergi ke alam lain”. Pakailah pakaian orang meninggal (lengkap dengan tata riasnya), seolah2 kamu sendiri sudah meninggal. Siapkan sebatang dupa sebagai alat perhitungan waktu, lalu pergi tidur. Konon rohmu bisa masuk ke alam dunia mati (dalam mimpi). Akan tetapi, kamu harus segera terbangun kembali dari tidurmu, sebelum dupanya habis terbakar.

Demikianlah 10 cara untuk melihat hantu. Jangan dicoba bila kamu mempunyai nyali yang kecil 🙂 Atau kamu punya cara lain yang lebih ampuh selain diatas? Tulis pada kolom komentar dibawah.

Selain itu, sebenarnya terdapat juga 10 cara untuk menangkal agar kita terhindar dari hantu. Terutama bagi yang suka melancong/bepergian sendiri wajib dibaca. Simak artikelnya berikut ini.

Sumber referensi : 見鬼10; Foto ilustrasi : gigcasa.com

Catatan redaksi : Artikel bersifat hiburan

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...