10 Macam Dessert Paling Populer di Tiongkok

Tradisi menikmati makanan dessert di Tiongkok berbeda dengan di Barat. Pada saat Anda tengah menikmati makan malam, tidak ada istilah atau aturan kapan harus disajikan makanan pembuka, penutup atau lainnya, dan hidangan akan tersaji begitu siap dihidangkan.

Hal seperti ini biasa saja di Tiongkok, dimana Anda akan berbagi seluruh hidangan yang disajikan bersama keluarga atau rekan Anda.

Hal yang sama juga berlaku pada menu makanan dessert lainnya. Misalnya Anda memesan hidangan manis pencuci mulut, bisa saja hidangan ini telah tersaji di tengah Anda menikmati menu utama, tanpa menunggu Anda selesai menikmati makanan utama. Berikut 10 macam dessert populer lainnya :

1. Bakpao Isi Kacang Merah (Red Bean Bun)
• Mandarin : 豆沙包 (dòu shā bāo)

Salah satu bahan utama dalam pembuatan makanan ringan dan makanan penutup asal Tiongkok adalah kacang merah. Mekipun mungkin terdengar asing, namun pasta kacang merah dan isian kacang merah dalam bakpao ternyata sangat lezat. Anda akan menemui bakpao isi kacang merah pada saat Anda berada di Tiongkok dan mengira isinya adalah cokelat (terkait dengan warnanya yang serupa).

Bakpao isi kacang merah merupakan bakpao atau roti kukus versi manis yang paling populer yang terdiri roti kukus yang diisi dengan pasta kacang merah. Bakpao adalah merupakan satu cara yang paling dikenal untuk menyajikan pasta kacang merah. Roti kukus ini memiliki beberapa bentuk dan ukuran yang berbeda dan sangat populer pada seluruh penjuru negeri, namun paling dikenal di wilayah Tiongkok bagian Utara.

Anda dapat menjumpai makanan ini di rumah makan (umumnya dikukus) dalam bentuk yang beragam seperti yang terlihat diatas, atau Anda juga dapat membelinya di toko swalayan untuk dibawa pulang. Juga terdapat beberapa variasi dari bakpao dengan berbagai macam isian seperti misalnya isian pasta kacang pinus, pasta taro, atau pasta kacang hitam.

2. Gulali ‘Jenggot Naga’ (Dragon’s Beard Candy)
• Mandarin : 龙须酥 (lóng xū sū)

Permen/gulali ‘jenggot naga’ ini bukan hanya merupakan jenis gula-gula Tiongkok, melainkan juga dianggap sebagai sebuah karya seni tradisional mengingat permen ini telah ada sejak masa Dinasti Han. Selayaknya gulali, permen ini terbuat dari gula pintal dan sangat lengket.

Loading...

Gulali ini sangat mudah meleleh dan akan menjadi sangat lengket apabila terpapar suhu yang tinggi. Makanan ini pada umumnya dapat ditemukan dijual di pinggir jalan atau di warung-warung yang berdekatan dengan tempat wisata populer disana.

3. Tart Telur (Egg Tarts)
• Mandarin : 蛋挞 (dàn tà)

Tart Telur pertama kali diperkenalkan ke Tiongkok Daratan melalui wilayah Makau, dibawa oleh pemerintahan Portugis. Pada dasarnya makanan ini adalah semacam puding susu manis dengan lapisan bawah keras dan manis. Makanan ini paling nikmat disantap saat masih hangat dan biasanya dapat Anda temukan di rumah makan bergaya Kanton.

Makanan ini sangat populer sehingga beberapa penjual mengkhususkan diri menjual produk ini saja (biasanya pada kios-kios kecil), beberapa mini market juga menjual makanan ini, dalam kondisi tidak hangat. Produk ini mudah dibawa-bawa disaat Anda berjalan-jalan.

4. Tanghulu, Manisan Buah Tusuk (Candied Fruit on A Stick)
• Mandarin : 糖葫芦 (táng hú lu)

Tanghulu, atau “manisan apel Tiongkok” merupakan camilan bergaya Beijing kuno yang terdiri dari tusuk sate dengan buah apel yang dicelupkan pada gula cair, kemudian dikeringkan. Makanan ini banyak dijual terutama di warung makan, termasuk di dalamnya manisan buah lain, seperti kiwi dan anggur.

Orang banyak membeli makanan ini dari penjual dengan gerobak di pinggir jalan dan di kota Beijing, makanan jenis ini paling banyak dijumpai pada sekitar tempat wisata.

5. Pancake Labu (Pumpkin Pancake)

• Mandarin : 南瓜饼 (nán guā bǐng)

Loading...

Pancake Labu sangat mudah di diskripsikan : makanan berupa pancake labu goreng yang terdiri atas bahan-bahan, diantaranya labu, gula dan tepung. Makanan ini sangat populer pada musim dingin dan merupakan salah satu makanan manis yang dapat Anda jumpai di Tiongkok.

Bahkan dapat dikatakan makanan ini terasa terlalu manis jika Anda bukan penggemar berat makanan manis. Di beberapa tempat, pancake labu dilumuri biji wijen panggang demi mendapatkan tekstur dan rasa yang beragam.

Makanan ini paling banyak tersedia di tempat makan bergaya Sichuan, karena dari situlah makanan ini berasal, namun makanan ini sangat populer sehingga juga banyak tersedia di banyak restoran besar.

6. Bakpao Isi Telur Manis (Sweet Egg Bun)
• Mandarin : 奶黄包 (nǎi huáng bāo)

Salah satu makanan yang digemari dari Tiongkok bagian Selatan adalah bakpao isi telur manis dimana bahan-bahannya adalah roti kukus hangat yang diisi dengan campuran kuning telur dan gula.

Meskipun mungkin terdengar cukup asing namun makanan ini sangat populer dan pantas untuk dicoba. Makanan ini biasanya tersedia di restoran bergaya Kanton dan sangat cocok bagi Anda penggemar makanan manis.

7. Kue Sus Durian Goreng (Deep Fried Durian)
• Mandarin : 榴莲酥 (liú lián sū)

Buah durian merupakan buah yang paling terkenal di Asia, termasuk di Tiongkok sendiri. Meskipun dikenal sebagai buah yang memiliki bau yang kuat dan menyengat, buahnya yang berdaging memiliki rasa yang sangat lezat. Banyak restoran Tiongkok yang menjual Kue sus durian goreng ini sebagai dessert, yang dilapisi adonan garing khas kue sus.

Makan penutup ini adalah jenis hidangan yang pas bagi Anda yang ingin keluar dari zona nyaman. Dengan mencoba makanan ini, maka Anda akan mendapatkan pengalaman menarik yang dapat Anda kisahkan kepada sahabat-sahabat Anda di rumah. Makanan ini lebih banyak tersedia pada saat musim panas, karena musim buah durian datang pada saat musim panas.

8. Tangyuan, Wedang Ronde ala Tiongkok (Sweet Soup Balls)

• Mandarin : 汤圆 (tāng yuán)

Tangyuan merupakan makanan sejenis sup atau wedang ronde yang aslinya berasal dari masakan ala Sichuan dan merupakan hidangan tetap pada menu di restoran Sichuan di manapun. Rasa makanan ini manis dengan dilengkapi nasi fermentasi dan bola-bola ketan.

Seringkali, dikarenakan menggunakan nasi fermentasi maka kuahnya bisa saja sedikit mengandung alkohol dan cita rasanya mirip dengan minuman beralkohal terbuat dari beras bernama mijiu yang berasal dari Tiongkok Selatan.

Hidangan ini biasanya disajikan untuk keluarga besar karena namanya yang mirip dengan sebuah ungkapan bagi sebuah reuni keluarga (tuanyuan; 团圆).

Tangyuan merupakan hidangan tradional yang dinikmati selama masa Festival Lentera, yang dirayakan pada setiap tanggal 15 bulan pertama kalender Imlek, malam pertama pada tahun tersebut untuk menikmati bulan purnama yang dilambangkan pada hidangan ini.

9. Puding Almond (Almond Jelly)
• Mandarin : 杏仁冻 (xìng rén dòng)

Puding Almond adalah puding jelly berwarna krem dengan konsistensi lembut. Nama yang disematkan pada makanan ini agak menyesatkan, karena pada umumnya makanan penutup ini terbuat dari sari buah apricot yang direndam di dalam air. Lalu susu yang diekstraksi dan ditambah dengan zat pembentuk jelly. Hidangan ini tersedia pada sebagian besar restoran Tiongkok.

10. Cincau (Grass Jelly)
• Mandarin : 烧仙草 (shāo xiān cǎo)

Puding jelly lain yang dapat dinikmati sebagai hidangan penutup adalah Cincau. Cincau tidak hanya dikenal di Tiongkok tetapi juga merupakan makanan yang sangat dikenal di Asia Tenggara dan Taiwan.

Cincau dibuat dari daun janggelan (仙草; Xiān cǎo, inggris : fairy grass, latin : mesona chinensis) atau di Indonesia biasa disebut daun cincau rebus (atau tanaman sejenis daun mint), yang dicampur dengan tepung kanji dan garam khusus pembuat kue.

Cincau dapat dinikmati dalam berbagai jenis sajian, seperti jelly, atau dalam bentuk minuman yang dicampur dengan susu kental.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.