11 Tips Jitu Belajar Bahasa Mandarin Dengan Cepat

Sama seperti bahasan-bahasa asing lainnya, belajar bahasa Mandarin akan terbilang efektif jika benar-benar diawali dengan niat dan dikelilingi oleh bahasa ini kemana pun kita pergi. Dalam hal ini, sejatinya pergi langsung ke negeri tirai bambu akan dapat dikatakan sebagai cara yang paling cepat dan tepat untuk belajar bahasa Mandarin.

Namun, tidak perlu khawatir karena kita tetap bisa belajar bahasa mandarin di rumah masing2 dengan 11 tips jitu di bawah ini, agar belajar bahasa Mandarin menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan. Apa saja itu? Simak ulasan artikel berikut :

1. Aplikasi audio bahasa Mandarin di ponsel

Ponsel pintar atau smartphone tentu banyak menyajikan berbagai topik-topik seperti hiburan, olahraga, seni, pendidikan, berita, dan dunia politik. Topik-topik ini tentu tidak hanya tersedia secara nasional, namun pasti juga dalam bahasa dan kondisi negara lain, salah satunya adalah Tiongkok.

Dengan memanfaatkan smartphone dengan baik, kamu dapat mengunduh aplikasi audio atau radio asal Tiongkok, seperti Radio Chinese Plus di Android dan 酷 FM (Ku FM) di iTunes. Membiasakan diri untuk mendengar berita dengan bahasa Mandarin akan secara otomatis melatihmu mengerti kosa kata dan artinya dalam bahasa Mandarin!

2. Melatih diri untuk berbicara dan bernyanyi dalam bahasa Mandarin

Biasakanlah dirimu untuk berbicara dalam bahasa Mandarin secara satu arah terlebih dahulu. Hal ini bisa dimulai dengan berbicara sendiri di rumah atau di kamar mandi dengan bahasa Mandarin.

Bicaralah mengenai topik-topik yang kamu sukai. Jika kamu juga penggemar lagu mandarin, kamu bisa membiasakan diri mendengarkan lagu mandarin untuk lebih mengerti dan memahami kosa kata dalam bahasa tersebut.

Loading...

3. Membiasakan diri dikelilingi orang dengan bahasa Mandarin di tempat umum

Metode ini digunakan untuk melatih dirimu sudah sejauh manakah mengerti dan memahami bahasa Mandarin. Dengarkanlah sekelilingmu dan cobalah untuk mengerti apa yang mereka ucapkan dalam dialognya. Nilailah dirimu seberapa jauh kamu mengerti bahasa Mandarin dalam dialog yang mereka ucapkan.

4. Latih dirimu melalui papan nama dan rambu-rambu dalam bahasa Mandarin

Kamu tentu bisa belajar bahasa Mandarin melalui hal-hal sederhana, namun efektif. Cobalah belajar memahami rambu-rambu jalan dengan bahasa Mandarin, catat kosa kata apa saja yang kamu mengerti dan yang tidak kamu mengerti.

Kosa kata tersebut bisa dikembangkan melalui pembuatan kalimat dengan bahasa Mandarin yang juga akan melatih proses pembelajaranmu.

Lihat selengkapnya di halaman kami : Daftar BRAND Ternama Dalam Bahasa Mandarin

5. Tonton video dengan bahasa Mandarin

Voice of China “Indonesian idolnya” Tiongkok. Kamu bisa belajar bahasa mandarin lewat lagu2 klasik & modern yang dinyanyikan para peserta.

Membuka Youtube dan menonton video yang disediakannya tentu menjadi kebiasaan sehari-hari masyarakat masa kini. Kini, menonton youtube akan menjadi lebih bermanfaat ketika kamu menonton video dengan bahasa Mandarin yang akan menambah perbendaharaan kata dengan efektif.

6. Cari video wawancara artis idola asal Tiongkok

Fangirling tentu merupakan kata yang tidak asing bagi kaum-kaum yang memiliki idola mereka. Mengidolakan seseorang yang berasal dari Tiongkok akan juga dapat membantumu mengolah kosa kata Mandarinmu.

Carilah video wawancara idolamu di Youtube atau website lainnya, kemudian latihlah dirimu untuk mengerti apa yang ditanyakan dalam video tersebut beserta jawaban-jawabannya.

7. Mencari kosa kata dalam lagu Mandarin

Mendengarkan lagu memang telah menjadi salah satu hobi seseorang. Tentunya, kamu dapat memanfaatkan lagu Mandarin untuk melatihmu menghafal kosa kata dalam bahasa Mandarin, mengingatnya, dan mengaplikasikan kata tersebut dalam beberapa kalimat.

8. Chatting di dunia maya bersama orang lain dengan bahasa Mandarin

Facebook adalah salah satu media sosial yang bisa kamu manfaatkan dalam memperdalam bahasa mandarin. Untuk tahap pertama, ubahlah pengaturan bahasa ke Mandarin.

Membuka aplikasi chatting di dunia maya seperti Facebook akan menjadi salah satu cara yang bermanfaat bagi kamu untuk belajar. Tambahkan teman baru yang merupakan orang asal Tiongkok, dan mulailah mengunjungi linimasa mereka untuk membaca konten-konten berbahasa Mandarin di dalamnya.

Loading...

Kamu juga bisa mengajaknya berbicara dengan bahasa Mandarin dan dia akan menjadi guru bahasa Mandarinmu secara virtual! Meskipun Tiongkok memblokir akses ke banyak aplikasi sosial media, namun masyarakat disana sejatinya juga masih dapat mengaksesnya lewat VPN atau pengaturan proxy.

Jika kamu sudah ada sedikit dasar, cobalah untuk membuatl akun Weibo (Facebooknya Tiongkok; salah media sosial terbesar disana), dan langsung cari teman disana. Siapa tahu kamu bisa ketemu jodoh 🙂

Baca juga : 10 Situs dan Aplikasi Populer yang Diblokir di Tiongkok
Baca juga : Setelah FB, Tiongkok Juga Blokir WhatsApp

9. Menonton film dan serial TV Mandarin

Salah satu momen dalam film Perjalanan ke Barat (1996), dimana Sun Wukong mendampingi gurunya Biksu Xuanzang.

Youtube tentu akan menyediakan berbagai film ataupun acara TV yang beragam. Mulailah memilih acara TV dengan bahasa Mandarin yang akan menantangmu untuk melatih kemampuan berbahasa Mandarin.

Cobalah menonton film-film Mandarin seperti, Shower (洗澡; Xǐzǎo), World Without Thieves (天下无贼; tiānxià wú zéi), Eat Drink, Man Woman (饮食男女; yǐnshí nánnǚ), dan To Live (活着; huózhe). Serial TV Tiongkok yang direkomendasikan antara lain Home With Kids 家有儿女 (Jiā yǒu érnǚ), Journey To The West 西游记 (xīyóu jì) dan Fen Dou 奋斗 (fèndòu).

Jika kamu penggemar film2 Wuxia klasik, tontonlah film2 tersebut sekali lagi. Itu akan sangat membantumu dalam proses belajar bahasa mandarin. Bahkan pada satu titik, kamu akan mengerti apa yang mereka ucapkan, sekalipun kamu tidak melihat subtitle nya.

10. Ikuti semua channel/server Mereka

Jika kamu punya parabola matrix, cobalah untuk menonton channel2 TV Tiongkok. Tontonlah berita, entertainment maupun film2 favoritmu yang ada disana. Ini sedikit banyak berguna untuk menciptakan kesan familiar di telingamu agar terbiasa dengan intonasi bahasa mereka. Tidak tahu apa yang diucapkan? Perhatikan saja gestur mereka 🙂

Jika kamu seorang gamers seperti DOTA 2, Counter Strike GO, League of Legend, Vainglory, dsb, jangan segan untuk masuk ke server mereka (pindah region). Namun pastikan agar layanan internet kamu memadai untuk akses ke server luar negeri. Namun pastikan bahwa skillmu tidak noob sedikit diatas rata2, atau bersiaplah menerima booo’ dari mereka 🙂

11. Mulailah berbicara!

Setelah melewati beberapa cara untuk melatih kemampuan bahasa Mandarin mu, janganlah sungkan untuk mulai berbicara meskipun masih terbata-bata. Jangan takut mencoba berbicara secara langsung dengan orang Tiongkok asli ketika kamu pergi ke tempat wisata.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengajak orang Tiongkok untuk berbicara denganmu melalui dunia maya, seperti lewat aplikasi Skype, dan mulailah berbicara hal-hal yang menyenangkan dengan bahasa Mandarin.

Tentunya selain 11 tips tersebut, masih ada banyak cara lainnya yang dapat membantumu untuk belajar bahasa Mandarin, seperti mengganti pengaturan bahasa/region ke mandarin di media sosial, smartphone atau pc, atau bahkan menggunakan cara tradisional seperti kamus. Pilihlah cara terbaik, yang nyaman dan menyenangkan bagimu.

Selamat belajar!

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...