14 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 2)

Sejak jaman dulu, khasiat obat-obatan tradisional tionghoa (obat cina) sudah terpercaya, digunakan oleh orang tua dan kakek nenek kita, serta diwariskan secara turun temurun sebagai resep pengobatan keluarga. Obat-obat yang pada umumnya terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan hewani, diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi daripada obat-obatan kimiawi yang lebih banyak memberikan efek samping pada tubuh. Berikut beberapa macam obat cina legendaris beserta khasiatnya, yang masih banyak dipakai hingga saat ini di kalangan Tionghoa :

8. Shuangliao Hou Feng San, Obatnya Sakit Sariawan

Shuangliao Hou Feng San (Hanzi : 双料喉风散) adalah obat herbal berbentuk serbuk yang berwarna hijau, yang aman digunakan untuk sariawan, sakit tenggorokan, panas dalam dan lain sebagainya. Bisa juga ditaburkan pada luka yang terbuka (akibat terjatuh) untuk membantu mempercepat proses pengeringan.

Shuangliao Houfeng San, obat yang berkhasiat menyembuhkan sariawan

Dosis umum : Taburkan pada bagian sariawan, atau bagian yang mengalami peradangan beberapa kali sehari.

Estimasi harga : ± Rp.6.000,- (per botol @1.25 gr).
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Toko obat tradisional cina

9. Huang Lian Su, Obatnya Masalah Perut

Huang Lian Zhu (Hanzi : 黄连素) merupakan obat herbal yang dibuat dari ekstrak tumbuhan Huang Lian (akar bunga coptis) yang berkhasiat untuk mengurangi frekuensi BAB (buang air besar) karena bakteri yang menyebabkan mencret/sakit perut/diare, dan membantu memadatkan kotoran. Ada baiknya pembaca selalu membawa obat ini terutama saat berpergian jauh, untuk jaga-jaga apabila terkena diare atau keracunan makanan.

Salah satu obat legendaris bagi penderita diare, atau yang sering mencret 🙂

Dosis umum : 3 x sehari; 1 – 2 tablet.

Loading...

Estimasi harga : ± Rp.5.000,- per botol (isi 12 tablet @ 120 gr), ± Rp. 60.000,- per box (1 box isi 12 botol).
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia, (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

10. Nin Jiom Pei Pa Koa (Obat Batuk Ibu dan Anak)

Nin Jiom Pei Pa Koa, Pei Pa Koa (Hanzi : 川貝枇杷膏; Pinyin : chuān bèi pípá gāo) berasal dari dialek Hokkian, atau lebih dikenal dengan sebutan Obat Batuk Ibu dan Anak, merupakan obat tradisonal berbahan herbal alami, yang biasa digunakan untuk mengobati sakit batuk berdahak, melegakan tenggorokan yang sakit, meredakan peradangan, hingga suara serak akibat dahak. Saat ini obat Nin Jio Pei Pa Koa yang asli hanya diproduksi oleh Nin Jiom Medicine Manufactory Limited, Hongkong, dan distributor resminya di Indonesia dipegang oleh PT.Sindie Budi Sentosa.

Komposisi resep obat ini pertama kali temukan oleh dokter Ip Tin-See dari jaman Dinasti Qing (1644 to 1912). Yang Jin, seorang jenderal Dinasti Qing memerintahkan dokter Ip untuk mengobati batuk ibundanya yang tak kunjung sembuh. Karena terkesan dengan keampuhan obat ini, resep formula dari Doktor Ip diturunkan turun temurun. Pada tahun 1962 obat ini dipatenkan, dan produksi secara masal, dan konon hingga saat ini keuntungan penjualannya sudah menembus angka 45 Juta US Dollar.

Nin Jiom Pei Pa Koa (Hokkian), atau Chuan Bei Pipa Gao (Mandarin), RAJANYA obat batuk

Dosis umum :

♦ Dewasa : 3x sehari 1 sendok makan (15 ml).
♦ Anak-anak 7-12 th : 3x sehari 2/3 sendok makan (10 ml).
♦ Anak-anak 3-6 th : 3x sehari 1/3 sendok makan (5 ml).

Diminum perlahan-lahan, atau dicampur dengan air hangat. Bila belum membaik dalam seminggu, hubungi dokter.

Estimasi harga : ± Rp.25.000,- (botol 75 ml), ± Rp. 40.000,- (botol 150 ml), ± Rp.55.000,- (botol 300 ml).
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

11. Bai Feng Wan, Obatnya “Para Wanita”

Baifeng Wan (Hanzi : 白鳳丸), atau dikenal juga dengan sebutan Pak Fung Pills adalah obat herbal tradisional yang sudah digunakan selama ratusan tahun, untuk membantu pengobatan gangguan ginekologi (yang berhubungan dengan alat reporduksi wanita) dan meningkatkan fungsi pencernaan. Hak cipta produk ini dipegang oleh Beijing Tong Ren Tang Limited Company, dan distributor resminya di Indonesia dipegang oleh Saras Subur Ayoe.

Kemasannya yang khas dengan bentuk kaleng persegi enam sudah dikenal oleh banyak orang sebagai suplemen khusus wanita yang dapat membantu melancarkan menstruasi, menguatkan rahim, menghilangkan keputihan, meningkatkan kesuburan, menjaga stamina usai melahirkan, memperlancar peredaran darah, haid tidak teratur (nyeri), dan berbagai gangguan wanita lainnya. Obat ini aman konsumsi oleh wanita segala umur.

Bai Feng Wan, obatnya segala macam penyakit kewanitaan

Dosis umum : 1x sehari 1 bola lilin. Diminum dengan air hangat.

Loading...

Estimasi harga : ± Rp.100.000,- (1 kaleng isi 1 bola lilin, di dalamnya terdapat 50 pil; 1 box isi 10 kaleng)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

12. Die Da Yao Qin, a.k.a Betadine China

Die Da Yao Jing (Hanzi : 跌打藥精) adalah obat merah yang sangat berkhasiat mengobati luka lecet, luka terjatuh, luka memar, luka terkena benda tajam, menghentikan pendarahan, mencegah terjadinya infeksi, dan lain sebagainya. Jika dioleskan, luka akan cepat mengering, meski rasanya cukup sakit. Salah satu obat legend etnis Tionghoa, dan dijuluki sebagai “betadine china“.

Karena kepopuleran nya itulah sehingga banyak sekali obat Die Da Yao Jing yang beredar di pasaran dengan berbagai merek dan kemasan. Secara garis besar, terdapat beberapa macam merek Die Da Yao Jing yang memiliki kualitas setara, yakni :

1. Die Da Yao Jing yang di impor oleh PT. Purusa Bhakti Indonesia,
2. lalu Die Da Yao Jing yang di impor oleh PT. Sinar Herba Radix,
3. kemudian Die Da Yao Jing yang dimport oleh PT. Saras Soebur Ayoe yang belakangan mengganti nama menjadinya  PT. Saras Subur Abadi,
4. dan Die Da Yao Jing merek Chu Kiang brand (Feng Liao Xing).

Obat merah tempoe doeloe, saat betadine belum ada. Jika terasa perih, gigitlah bantal 🙂

Dosis umum :

♦ Teteskan 4x sehari pada bagian yang luka.
Untuk pengobatan luka dalam seperti keseleo/terkilir dan bengkak : Tuangkan obat ini secukupnya pada bagian yang sakit, lalu pijat perlahan. Setelah itu balut menggunakan perban yang sudah ditetesi cairan obat ini dan gantilah perban 3-4x kali sehari.
Untuk pengobatan patah tulang yang sudah di obati melalui operasi : Tuangkan cairan obat ini secukupnya pada kapas dan kompreskan pada bagian bekas operasi, lakukan 3-4x kali sehari secara rutin sampai luka mengering.

Untuk hasil yang terbaik dapat dikombinasikan dengan minum Yunnan Baiyao agar membantu dari dalam.

Estimasi harga : ± Rp.20.000,- s/d Rp.35.000,-
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

13. Bao Fu Ling, Cream Luka Bakar

Bao Fu Ling (Hanzi :宝肤灵), atau 复方樟脑乳膏 (Fùfāng zhāngnǎo rǔ gāo) merupakan cream untuk pengobatan luka bakar, akibat kena benda panas seperti knalpot, panci air mendidih, minyak panas, gigitan serangga, atau penyakit kulit lainnya. Khasiat obat ini bekerja cepat, dalam waktu 30 menit perihnya sudah hilang. Selain itu, dengan cream obat ini bagian yang luka tidak akan meninggalkan bekasnya.

Sebenarnya obat ini termasuk obat modern dan bukan herbal, tapi mengingat khasiatnya yang bagus untuk kulit, jadi dimasukkan dalam artikel.

Dosis umum : Oleskan 2-3 x sehari ke bagian kulit yang sakit atau yang terkena bakar.

Estimasi harga : ± Rp.850.000,- s/d Rp.1.100.000,- (100 gr; kemasan baru)
Referensi : Bao Fu Ling
Dapat dibeli di : Toko obat tradisional cina

14. Tienchi Tablets

Tienchi (Hanzi : 田七片; Pinyin : Tián qī piàn) atau dikenal juga dengan sebutan Tienchi Ginseng merupakan tanaman herbal yang terkenal akan khasiatnya, yang berasal dari Provinsi Yunnan Tiongkok. Konon khasiat dari tanaman ini sudah diketahui sejak zaman Dinasti Ming, dimana tanaman ini disebut juga Cinpuhuan, yang berarti “Lebih berharga daripada emas”.

Ada juga Tienchi Tablet yang dusnya berwarna kuning, yang ginsengnya sudah dikukus (steamed)

Khasiat obat Tienchi :

♦ Membantu pertumbuhan tinggi badan pada anak-anak.
♦ Melancarkan sirkulasi/peredaran darah.
♦ Membantu menormalkan tekanan darah.
♦ Membantu meningkatkan stamina tubuh.

Dosis umum : 3x sehari 3-4 tablet

Estimasi harga : ± Rp.40.000,- (isi 36 kapsul); ± Rp.200.000,- (isi 250 kapsul)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

Catatan penulis :

1. Obat-obat diatas pada umumnya dapat dibeli di toko obat cina/toko obat tradisional milik etnis Tionghoa. Sebagian juga sudah dapat ditemukan di toko2 online dengan penjual yang terpercaya.
2. Hati hati obat palsu, jangan tergiur harga murah dibawah pasaran, namun kualitasnya dibawah standar.
3. Untuk pengidap penyakit komplikasi, tetap konsultasikan ke dokter. Jangan sampai efek obatnya bertabrakan. Resiko ditanggung penumpang masing2.
4. Artikel ini baru rangkanya saja, revisi dan penambahan jenis-jenis obat yang lain sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan isi.
5. Mengingat makin banyaknya obat-obat Tiongkok bermerek baru, maka untuk mempersempit pembahasan artikel ini dikhususkan untuk obat-obat bermerek lama yang sudah dikenal luas masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia.
6. Mohon bagi yang ingin meng-copy/menyebarluaskan artikel ini agar mencantumkan sumber link aktif media Tionghoa.INFO, karena penulis telah rela bergadang bermalam-malam hanya demi kesempurnaan isi artikel ini.

Special thanks : Segenap pembaca Tradisi dan Budaya Tionghoa yang sudah memberikan masukan yang sangat berarti.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...