21 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 3)

Sejak jaman dulu, khasiat obat-obatan tradisional tionghoa (obat cina) sudah terpercaya, digunakan oleh orang tua dan kakek nenek kita, serta diwariskan secara turun temurun sebagai resep pengobatan keluarga. Obat-obat yang pada umumnya terbuat dari bahan-bahan herbal alami dan hewani, diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi daripada obat-obatan kimiawi yang lebih banyak memberikan efek samping pada tubuh. Berikut beberapa macam obat cina legendaris beserta khasiatnya, yang masih banyak dipakai hingga saat ini di kalangan Tionghoa :

15. Minyak Batu Saikong

Minyak batu Sai Kong, diproduksi di Sarawak, Malaysia.

Minyak Batu Sai Kong Cap Naga Kembar (Hanzi : 西康石膽油; Pinyin : Xīkāng shí dǎn yóu) berkhasiat untuk membantu mengurangi luka lecet ringan, memar, bengkak dan gatal gatal akibat digigit serangga. Minyak ini memberi sensasi rasa dingin pada kulit, sehingga dapat juga dipakai sebagai pertolongan pertama apabila terkena air panas dan minyak panas sehingga tidak melepuh.

Dosis umum : Basahkan kapas/tisu dengan minyak sai kong, kemudian gosokkan pada bagian yang bengkak/luka.

Estimasi harga : ± Rp.25.000,- Rp.40.000,- (botol kemasan 30 ml).
Referensi : Berbagai sumber
Dapat dibeli di : Tokopedia (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

16. Dilong Kapsul, Obatnya Penyakit Cacingan

Dilong cacing kapsul (Hanzi: 地龍) merupakan obat tradisional yang terbuat dengan bahan dasar cacing tanah Pheretima aspergillum. Cacing tanah sendiri sudah terkenal akan khasiatnya di negeri tirai bambu, dan sudah banyak digunakan dalam praktek pengobatan medis.

Dilong Kapsul, obatnya penyakit cacingan

Khasiat Dilong Kapsul :

Loading...

♦ Membantu menurunkan panas akibat demam tinggi, yang bisa memicu tifus
♦ Membantu meningkatkan daya tahan tubuh pasca sembuh dari sakit tifus

Dosis umum : 2x sehari @ 2 kapsul, bila demam terus berlanjut dalam 2 hari hubungi dokter.

Estimasi harga : ± Rp.36.000,- Rp.45.000,- (isi botol 60 kapsul @250 mg).
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

17. Minyak Gosok Cap Tawon, Terkenal Seantero Tanah Air

Minyak Gosok Cap Tawon merupakan ramuan minyak obat turun-temurun yang sudah dikenal lebih dari 100 tahun! Pada awalnya minyak gosok ini bukan “Cap Tawon”, tetapi “To Boo Loeng”. Konon resep asli minyak tawon merupakan hasil racikan Lia A Liat pada tahun 1912. Kemudian pada tahun 1948 barulah minyak gosok cap To Boo Loeng ini mengganti namanya menjadi minyak gosok Cap Tawon, dengan nama perusahaan PT. Tawon Jaya Makassar.

Minyak tawon dengan kemasan tutup putih dan tutup merah, beda penutup beda khasiat

Perbedaan harga minyak tawon disebabkan karena minyak tawon tutup putih memiliki kualitas spesial yang lebih terasa panas yang dapat meresap hingga ke otot, sehingga cocok untuk memijat/mengurut akibat pegalinu maupun keseleo. Sedangkan untuk minyak tawon tutup merah (premium), tidak sepanas pada kemasan tutup putih, sehingga cocok untuk pengobatan luka lecet ringan, gatal-gatal akibat digigit serangga, perut kembung, dan lain sebagainya.

Minyak tawon memiliki produk dengan ukuran yang bervariasi dari botol yang berukuran kecil, hingga botol yang berukuran jumbo; dimulai dengan kode AA (5 ml), BB (10 ml), CC (20 ml), DD (30 ml), EE (60 ml), FF (90 ml) dan GG (330 ml). Berbagai varian dari produk2 ini dianggap sebagai kemasan ekonomis karena harganya cukup terjangkau.

Minyak gosok cap tawon diramu dengan berbagai bahan2 dasar alami seperti minyak kelapa, minyak kayu putih, daun lada, cengkeh, jahe, kunyit dan bawang; sehingga tidak menimbukan efek samping.

Dosis umum : Gosok minyak ini pada tempat yang sakit. Ulangi beberapa kali sehari.

Estimasi harga : ± Rp.400.000,- Rp.500.000,- (isi 330 ml); ± Rp.20.000,- Rp.80.000,- (varian 5 – 90 ml)
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Tokopedia (hanya sebagai refensi untuk memudahkan pembaca, atau di toko fisik maupun online terpercaya lainnya).

18. An Tai Pill, Obat Penguat Kandungan

An Tai Pill (Hanzi : 安胎丸; Pinyin : Ān tāi wán) atau pil antai memiliki khasiat untuk nenguatkan kandungan dan digunakan untuk menghilangkan nyeri perut bawah akibat gerakan janin.

Loading...

Dosis umum : 3x sehari @ 7 pil

Kemasan An Tai ini ada banyak jenis. Di Indonesia, yang banyak beredar adalah seperti ini, dikemas dalam botol isi 100 pil.

Estimasi harga : ± Rp.30.000,- (isi 100 pil)
Referensi : Kedai Obats
Dapat dibeli di : Toko obat tradisional cina

19. Pil Po Chai, Obatnya Sakit Perut

Po Chai Pills (Hanzi : 保濟丸; Pinyin : Bǎo jì wán) atau dikenal juga dengan Pao Ci Yen (dialek Kanton) merupakan obat yang berkhasiat untuk mengobati sakit perut, yang terbuat dari bahan herbal alami, yang sudah dikenal lebih dari 100 tahun di Tiongkok daratan. Ramuan herbal ini berbentuk pil yang dikemas dalam botol kecil, yang merupakan dosis sekali minum.

Pil Po Chai juga digunakan sebagai obat untuk mengobati perut mules, diare, mengurangi frekuensi buang air besar, membuat kotoran menjadi padat (mencret), mengurangi rasa mual (muntah), asam lambung, keracunan makanan, dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan/bagian usus lainnya.

Pil Po Chai, salah satu obat legendaris Tionghoa

Ramuan Pil Po Chai pada awalnya dikembangkan oleh Li Shiu Kei di Foshan, Guangdong, pada tahun 1896. Setelah Perang Saudara di Tiongkok, keluarga Li melarikan diri ke Hong Kong dan membangun kembali perusahaan mereka denan nama Li Chung Shing Tong co, Ltd.

Po Chai Pills merupakan obat yang ringan, alami dan dikenal dimana – mana. Merupakan salah satu obat legendaris Tionghoa dalam mengobati sakit perut, pil po chai juga mudah ditemukan diberbagai negara seperti Tiongkok, Taiwan, Hongkong, Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia dan negara-negara asia lainnya.

Dosis umum :

♦ Dewasa : 4x sehari, @1 – 2 botol, dengan jeda 2 jam per minum.
♦ Anak – anak : 2 – 4x sehari, @1/2 botol, dengan jeda 2 jam per minum.

Estimasi harga : ± Rp.4.500,- (bungkus kecil); ± Rp.35.000,- (bungkus besar; isi 10 bks kecil)
Referensi : Mandjur.co.id; Wikipedia
Dapat dibeli di : Tokopedia

20. Che khak wan, Obat Kaget

Che Khak Wan (Chun King Pills) merupakan obat yang terbuat dari bahan2 herbal alami untuk anak-anak atau balita yang berkhasiat :

♦ membantu menenangkan anak/balita yang sering kaget dan susah tidur.
♦ melegakan pernafasan akibat pilek.
♦ meredakan demam tinggi yang disertai kejang.
♦ menghentikan rasa mual/muntah.
♦ mengobati masuk angin.
♦ membuat nafsu makan kembali.
♦ mengencerkan batuk berdahak.
♦ menghentikan diare, memperlancar susah buang air besar.
♦ meredakan demam dan panas dalam, menjaga kondisi tubuh bayi tetap tenang.

Che Khak Wan

Bagi anda yang memiliki bayi, balita atau anak usia dini, sangat penting untuk selalu menyediakan obat ini untuk berjaga-jaga jika bayi anda jatuh sakit, sehingga anda dapat segera mengatasinya. Selain itu obat ini juga dapat digunakan pada bayi yang sehat untuk menjaga kondisi tubuh bayi selalu dalam keadaan tenang dan sehat.

Dosis umum :

♦ Bayi < 1 tahun : 3x sehari @ 1/2 – 1 pil direndam dengan air hangat
♦ Bayi > 1 tahun : 3x sehari @ 1 – 2 pil direndam dengan air hangat

Estimasi harga : ± Rp.40.000,-
Referensi : Berbagai sumber
Dapat dibeli di : Bukalapak

21. Niu Nai Liang, Obat Batuk Anak-Anak

Niu Nai Liang (Hanzi : 牛奶凉) merupakan obat herbal alami yang aman dikomsumsi para balita dan anak-anak, yang berkhasiat untuk meredakan panas dalam karena kekurangan vitamin C/cuaca panas, menghentikan batuk berdahak, meredakan demam, tubuh lemas yang menyebabkan selera makan berkurang, mengobati sakit perut, perut kembung, mual, diare, serta memperbaiki fungsi lambung, usus dan pencernaan.

Niu Nai Liang, hhmm, manis dan enak rasanya 🙂

Dosis umum :

♦ Usia < 1 tahun : 3x sehari @4 ml (1 sendok teh)
♦ Usia 1 – 5 tahun : 3x sehari @8 ml (2 sendok teh)
♦ Usia > 5 tahun : 3x sehari, dosis disesuaikan sampai dengan 15 ml

Estimasi harga : ± Rp.50.000,- s/d Rp.75.000.-
Referensi : Mandjur.co.id
Dapat dibeli di : Toko obat tradisional cina

Catatan penulis :

1. Obat-obat diatas pada umumnya dapat dibeli di toko obat cina/toko obat tradisional milik etnis Tionghoa. Sebagian juga sudah dapat ditemukan di toko2 online dengan penjual yang terpercaya.
2. Hati hati obat palsu, jangan tergiur harga murah dibawah pasaran, namun kualitasnya dibawah standar.
3. Untuk pengidap penyakit komplikasi, tetap konsultasikan ke dokter. Jangan sampai efek obatnya bertabrakan. Resiko ditanggung penumpang masing2.
4. Artikel ini baru rangkanya saja, revisi dan penambahan jenis-jenis obat yang lain sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan isi.
5. Mengingat makin banyaknya obat-obat Tiongkok bermerek baru, maka untuk mempersempit pembahasan artikel ini dikhususkan untuk obat-obat bermerek lama yang sudah dikenal luas masyarakat etnis Tionghoa di Indonesia.
6. Mohon bagi yang ingin meng-copy/menyebarluaskan artikel ini agar mencantumkan sumber link aktif media Tionghoa.INFO, karena penulis telah rela bergadang bermalam-malam hanya demi kesempurnaan isi artikel ini.

Special thanks : Segenap pembaca Tradisi dan Budaya Tionghoa yang sudah memberikan masukan yang sangat berarti.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...