4 Kota Terbaik Untuk Menikmati Tahun Baru Imlek di Tiongkok

Libur Tahun Baru Imlek adalah waktu yang terbaik untuk mendapatkan pengalaman agar lebih mengenal budaya tradisional Tiongkok. Masyarakat Tiongkok umumnya mendapatkan libur setidaknya 3 hari, dan mereka menghabiskannya dengan turut mengambil bagian dalam beberapa tradisi peninggalan generasi pendahulu.

Untuk membantu Anda dalam memilih tempat yang terbaik untuk merasakan Tahun Baru Imlek, inilah 4 kota di Tiongkok dengan perayaan Imlek terbesar : Beijing dengan pekan raya kuil, Guangzhou dengan pameran flora, Hong Kong dengan berbagai parade pertunjukannya yang menakjubkan, dan Harbin dengan Festival Es dan Salju.

Beijing – Pekan Raya Kuil Yang Beraneka Ragam

Sebagai ibukota dari Tiongkok, Beijing merupakan kota yang menggabungkan antara kekayaan tradisional dan modern. Pekan Raya Kuil telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di Beijing selama ratusan tahun dan menjadi salah satu perayaan terpenting dari Tahun Baru Imlek.

Berbagai hiburan dan kegiatan diadakan pada Pekan Raya Kuil ini, seperti : karnaval Festival Musim Semi, opera Peking, seni bela diri, akrobatik, musik, tari barongsai, singa dan naga, festival berbagai makanan, seni dan kerajinan, pameran budaya minum teh, dll.

Berikut ini adalah 2 lokasi diadakannya pekan raya kuil yang paling direkomendasikan di Beijing :

1. Pekan Raya Taman Kuil Ditan (地坛公园庙会)

Pekan Raya Kuil Ditan merupakan pekan raya kuil yang terbesar dan terpopuler. Yang paling menonjol dari pekan raya ini adalah camilan tradisional, hasil kerajinan tangan, berbagai pertunjukan yang variatif, ratusan kios yang menjual camilan lokal, barang langka dan antik.

Loading...

Tiket : 10 RMB / orang.
Jam Operasional : pk. 10 pagi – pk. 5 sore (27 Januari – 3 Februari)
Alamat : 2 Andingmen Wai Avenue, Dongcheng District 東城區安定門外大街2號

2. Pekan Raya Kuil Dongyue (东岳庙会)

Pekan Raya Kuil Dongyue merupakan pekan raya kuil yang tertua di Beijing, sejak jaman Dinasti Yuan (1279 – 1368), dengan pameran budaya Fu (福 ‘good fortune’). Berbagai ornamen yang semuanya bertuliskan karakter “福” dapat dilihat pada bagian dalam dan luar kuil ini.

Tiket : 10 RMB / orang
Jam Operasional : pk. 9 pagi – pk. 5 sore (27 Januari – 3 Februari)
Alamat : Dongyue Temple,141 Chaowai Avenue, Chaoyang District 朝阳区朝外大街141号东岳

Berwisata ke Beijing dengan agenda tahun baru Imlek, di dalamnya sudah mencakup kunjungan ke pekan raya kuil. Selain itu, kembang api, pameran dan kompetisi berbagai cabang olahraga merupakan agenda penting dari Festival Musim Semi, sehingga butuh rencana persiapan khusus untuk mengikuti wisata ini.

Guangzhou – Pameran Flora dan Pertunjukan Tari Barongsai

1. Pameran Flora (24 Januari – 11 Februari 2017)

Guangzhou, kota besar di bagian selatan Tiongkok, kadang disebut juga sebagai “kota bunga” nya Tiongkok, karena taman-tamannya yang dipenuhi dengan bunga yang bermekaran sepanjang tahun. Guangzhou terkenal dengan pameran floranya yang diadakan setiap tahun selama festival musim semi.

Pameran flora biasanya dimulai 3 hari menjelang festival musim semi, dan mencapai puncaknya pada malam tahun baru. Selama pameran, jalan-jalan di kota dihiasi dengan berbagai jenis bunga segar yang indah dan berbau harum, serta terdapat lanskep miniatur.

Akan ada berbagai pertunjukan rakyat yang diadakan. Selama pameran, para seniman lokal juga mempertontonkan dan menjual karya lukisan dan kaligrafi.

Pameran flora diadakan secara rutin sejak tahun 1920 dan sejak saat itu skalanya terus berkembang. Pameran flora terbesar di Guangzhou adalah :

Loading...

Xihu Flower Fair : Xihu Road, Yuexiu District 越秀区西湖路
Tianhe Flower Fair : Tianhe Sports Cente, Tinhe Road, Tianhe District 天河区天河路天河体育中心
Liwan Flower Fair : Liwan Road, Liwan District 荔湾区荔湾路

2. Pertunjukan Tarian Barongsai

Diantara berbagai tradisi yang dirayakan selama Festival Musim Semi di Guangzhou, tari barongsai dipertontonkan dengan tujuan membawa keberuntungan dan menangkal roh jahat.

Pemain yang berada di bagian kepala membuat gerakan awal, kemudian pemain di belakangnya akan mengikuti, sehingga terciptalah gerakan-gerakan yang serempak, lancar dan terlihat seperti gerakan seekor macan.

Gerakan barongsai diiringi dengan bunyi genderang musik yang keras. Pada hari kerja pertama setelah libur nasional festival musim semi, banyak perusahaan mengundang tim pemain untuk menyelenggarakan pertunjukan tari barongsai di lapangan, dengan harapan akan membawa keberuntungan dan kesejahteraan bagi perusahaan.

Hong Kong – Parade, Kembang Api dan Pacuan Kuda

Di Hong Kong, Festival Musim Semi merupakan hari libur terbesar dan masyarakat di sini merayakannya dengan cara yang berbeda dengan masyarakat di yang berada di Tiongkok daratan. Masyarakat di Hong Kong menandai kesempatan ini dengan perpaduan yang unik dari kegiatan modern yang menyenangkan dengan adat istiadat kuno.

Event yang digelar selama 3 hari berturut2 dari festival musim semi ini telah menjadi daftar event festival dunia teratas yang dikunjungi banyak orang.

Parade dan Hiburan Malam (28 Januari 2017)

beautiful firework on Victoria Harbor Hong Kong

Pada malam hari tahun baru diadakan parade karnaval dan hiburan festival musim semi internasional dengan grup pemain dari berbagai negara. Setelah parade berakhir, Anda bisa keluyuran dan bersenang-senang di sepanjang jalan.

Pertunjukan Kembang Api Spektakuler (29 Januari 2017)

Pelabuhan Victoria (Victoria Harbor) merupakan titik lokasi pertunjukan kembang api spektakuler pada hari kedua dari festival musim semi.

Perlombaan Festival Musim Semi (30 Januari 2017)

Merupakan perlombaan terpopuler di antara semua …

Sekitar 100,000 penggemar dengan penuh semangat akan mengerumuni Sha Tin Racecourse pada hari ketiga dari libur Festival Musim Semi. Akan ada acara yang penuh dengan perayaan tradisional dan penuh warna. Keuntungan yang diperoleh dari acara ini akan didonasikan untuk amal.

Tahun Baru Imlek di Makau tentu saja kalah dari tetangganya yang lebih besar yaitu Daerah Administratif Khusus, Hong Kong. Tetapi jika Anda menginginkan nuansa Mediterania yang lebih santai di kasino, maka silahkan langsung menuju Makau.

Harbin – Festival Es, Salju dan Bermain Ski

Harbin merupakan destinasi musim salju terpopuler untuk berbagai kegiatan musim dingin di kalangan masyarakat Tiongkok, para pendatang dan turis asing. Dinginnya musim salju di Harbin yang menusuk hingga ke tulang, menjadi iklim yang benar-benar tepat bagi kota yang diklaim sebagai kota yang paling terkemuka tersebut.

Festival ini berlangsung selama lebih dari 1 bulan, terdiri dari 2 event besar : Festival Lentera Es (1 – 3 Januari 2017) dimana kota-kota es bermunculan di setiap musim salju dan Festival Patung Salju (sepanjang bulan Januari – Februari).

Lokasi Terbaik Bermain Ski

Ada banyak resort untuk bermain ski di Harbin, dimana Resort Ski Yabuli dan Resort Ski Jihua merupakan destinasi yang paling direkomendasikan untuk bermain ski.

Resort Ski Yabuli berada sekitar 200 km (124mi) di timur Harbin, kurang lebih 3½ jam perjalanan menggunakan taksi atau kereta dari pusat kota Harbin. Merupakan resort ski yang terbesar dan terbaik di Tiongkok, menonjolkan pemandangan gunung-gunung yang tinggi, salju terbaik dan fasilitas yang sangat modern, restoran, hotel, warung makan, toko rental peralatan ski dan ritel, dan toko cendera mata.

Waktu kunjungan terbaik : pertengahan November hingga akhir Maret
Wisata ski yang direkomendasikan : Liburan 4 hari Klub Med Ski Yabuli

Berwisata ke Tiongkok Selama Tahun Baru Imlek

Ingin melakukan wisata / trip perjalanan selama Tahun Baru Imlek? Berikut 3 pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai wisata pada saat tahun baru Imlek :

1. Apakah mungkin berwisata selama Tahun Baru Imlek ?

Berwisata ke Tiongkok sangat mungkin dilakukan pada saat Tahun Baru Imlek, asalkan segala sesuatunya dipersiapkan dengan baik. Bersiaplah melihat keramaian besar di jalan-jalan, restoran, kereta dan stasiun kereta. Pemesanan wisata, terutama kereta, akan luar biasa padat, dan umumnya hotel / penginapan akan menaikkan tarif.

2. Apakah semua tempat akan tutup pada Tahun Baru Imlek ?

Usaha yang berhubungan dengan pariwisata akan tetap buka seperti biasa, walaupun gedung-gedung pemerintahan dan perkantoran tutup selama libur tahun baru. Restoran, tempat wisata, hotel, bandar udara, dan pusat perbelanjaan tetap beroperasi dan siap melayani lonjakan tamu.

3. Apakah saya perlu membawakan sedikit hadiah kepada pemandu saya selama Tahun Baru ? Jika ya, pilihan hadiah apa yang terbaik ?

Hadiah dari turis kepada pemandu wisata tidaklah diharapkan. Tetapi pemandu wisata Anda akan sangat menghargai apabila Anda menghadiahkan kejutan kepada mereka. Sepasang sarung tangan, syal atau sekotak permen boleh jadi pilihan hadiah yang direkomendasikan.

 

Loading...

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...