7 Cara Sederhana Merawat Lemari Es Agar Awet

Kulkas atau lemari es sangat memberikan kemudahan bagi ibu rumah tangga dalam menyimpan persediaan makanan dan minuman. Sehingga tak perlu lagi sehari harus belanja. Cukup seminggu sekali belanja dan dapur akan mengepul setiap hari. Karena sayur, telur, daging, ikan, sosis, jus, buah dan lainnya sudah ada tinggal cus  ke dapur. Selain tak perlu repot belanja sehari sekali juga meringkas waktu untuk urusan dapur.

Hal tersebutlah yang membuat bencana jika lemari es rusak. Bahan makanan akan cepat basi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyajikan makanan. Untuk itulah sangat diperlukan perawatan untuk kulkas agar tetap awet.

1. Aturlah isi kulkas dengan rapi dan secukupnya. Jika sobat menyimpan bahan makanan asal dimasukkan akan membuat sobat malas melihat isi kulkas bahkan merepotkan saat mencari bahan makanan yang dibutuhkan. Apalagi membersihkannya.

Loading...

Sobat bisa membersihkan kulkas setelah beberapa menit dimatikan dan keadaan es di freezer sudah mencair. Membersihkan es di freezer juga sangat diperlukan untuk mengatur suhu kulkas agar tidak terlalu rendah.

Pun, untuk menjaga makanan agar tidak terlalu beku. Pernah lho sosis tidak bisa diambil karena bunga-bunga di es yang terlalu banyak.

2. Peringatan penting buat sobat, jangan mencokel es yang menempel di freezer menggunakan pisau. Selain berbahaya dan bisa membuat sobat terluka juga bisa merusak lemari es.

3. Tutuplah lemari es dengan rapat. Hal itu dilakukan untuk menghemat listrik.

4. Jangan menyimpan air hangat apalagi panas di lemari es. Diamkan sejenak sampai air mencapai suhu ruangan barulah masukan ke lemari es. Selain itu, memasukkan air hangat ke dalam botol plastik tidak baik untuk kesehatan.

5. Untuk memudahkan penyajian makanan biasanya lemari es berada di dapur. Meski begitu letakkanlah lemari es agak jauh dari kompor.

6. Kerja lemari es adalah menjaga suhu di dalam tetap dingin dengan mengeluarkan panas yang ada di dalam. Untuk itu sobat perlu membersihkan kondensor (posisinya berada di bagian belakang kulkas). Hal itu perlu dilakukan agar debu dan kotoran tidak menempel sehingga memudahkan dan melancarkan pelepasan panas.

7. Gunakanlah lemari es secara bijak. Jika sobat berlibur dan meninggalkan rumah lebih lama atau sibuk hingga tak sempat memasak lebih baik matikan lemari es. Hal itu agar sobat menghemat listrik dan menjaga kompresor tetap awet.

Itulah ke tujuh cara dalam mearawat kulkas anda. Hal lain yang harus anda perhatikan adalah ketika kulkas mati mendadak alias saat listrik mati. Pasti es dalam lemari es akan mencair dan mengenai seluruh isi lemari es.

Pastikan di dalamnya tidak ada bahan yang ikut mencair dan melelah dalam lemari es, agar tidak merusak tampilan. selain itu pula, ada banyak tipe lemari es dan harga yang berbeda seperti apa yang ada pada blanja.com. Pastikan anda memiliki yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...