7 FAQ Terkait Pasukan Terakota dan Bagaimana Cara Mengunjungi Mereka

Pasukan dan Kuda Terakota merupakan salah satu penemuan arkeologi yang paling dikenal di dunia. Tempat ini menarik jutaan wisatawan dari seluruh dunia setiap tahunnya. Orang-orang yang telah berkunjung atau berencana untuk mengunjungi tempat ini selalu mengajukan banyak pertanyaan.

Berikut pertanyaan yang seringkali mereka lontarkan adalah sebagai berikut :

Mengenai Pasukan Terakota

1. Mengapa Mereka Dinamai Pasukan Terakota?

Tampak kompleks prajurit terakota di pit 1

Karena bentuk fisik mereka mirip dengan prajurit dengan ukuran tubuh yang sama dengan aslinya, dan mereka terbuat dari bahan terakota (sejenis tanah liat). Masing-masing dari mereka ditempatkan pada satuan formasi militer, yang disesuaikan dengan pangkat dan tugasnya.

2. Kapan Pasukan Terakota Dibuat?

Situs ini dibangun pada lebih dari 2.200 tahun yang lalu atas perintah dari Kaisar Pertama Tiongkok, Qin Shi Huang.

3. Mengapa Pasukan Terakota Harus Dibuat?

Pasukan Terakota dibangun untuk menjadi tentara untuk menjaga dan melayani Kaisar Pertama Qin di dunia akhirat. Hal ini juga dilakukan untuk memamerkan kejayaan sang kaisar semasa hidup.

4. Mengapa tiap figur pasukan memiliki fitur wajah yang unik?

Loading...

Kereta tempur perunggu terakota

Karena mereka benar-benar dibuat dengan tangan (manual). Ribuan seniman menyelesaikan setiap figur tentara dengan sangat rinci; mulai dari proses menguleni adonan tanah liat, mencetak adonan, mengukir tanah liat, kemudian membakarnya agar menjadi keras, lalu masuk proses pengeleman (menyambung antar bagian tubuh) dan pengecatan. Akan sulit membuat sesuatu yang sama persis hanya dengan mengandalkan tangan.

Selain itu, mereka juga berusaha menangkap ekspresi dari kehidupan nyata pada masa Dinasti Qin, sehingga para seniman perlu mempertimbangkan figur masing-masing tentara, agar terlihat berbeda satu sama lain, tergantung dari pangkat mereka pada saat proses pembuatan masing-masing figur.

5. Berapa Tinggi Pasukan Terakota?

Masing-masing figur memiliki tinggi badan yang berbeda, disesuaikan dengan peranan mereka. Tinggi rata-rata mereka adalah 1,85 meter (6 kaki). Yang tertinggi adalah berpangkat jenderal, dimana tinggi figurnya kira-kira 2,5 meter (8,2 kaki).

6. Kapan Pasukan dan Kuda Terakota Ditemukan?

Tampak patung terakota yang sedang diperbaiki

Mereka ditemukan secara tidak sengaja oleh petani lokal yang tengah melakukan penggalian sumur di wilayah timur Xi’an, Propinsi Shaanxi pada 24 Maret 1974.

7. Berapa Banyak Figur Yang Sampai Saat Ini Telah Ditemukan?

Semenjak pertama kali digali, terdapat lebih dari 8.000 tentara, 130 kereta perang, dan 670 kuda terakota telah ditemukan. Masih terdapat banyak patung terakota yang hingga saat ini masih terkubur.

Mengunjungi Museum

1. Berapa Lama Waktu Yang Perlukan Untuk Dapat Melihat Keseluruhan Isi Museum?

Loading...

Melihat patung prajurit terakota secara lebih dekat

Lama waktu berkunjung yang direkomendasikan adalah sekitar 3 jam, agar Anda bisa benar-benar menikmati wisata yang sarat sejarah ini.

2. Kapan Sebaiknya Waktu Berkunjung Untuk Menghindari Antrian?

Situs Pasukan Terakota tidak terlalu ramai pada saat hari-hari kerja/hari biasa. Disarankan agar Anda berangkat pagi-pagi sekali dan telah sampai di lokasi sebelum datang bus tur besar datang. Alternatif yang lain adalah jika Anda tidak keberatan untuk telat makan siang, kunjungi tempat ini pada saat jam makan siang pada saat pengunjung lain makan sedang makan.

Tujuannya agar Anda tidak berdesak-desakan saat mengambil foto, dan bisa mendapatkan penjelasan secara lebih personal/mendetail mengenai lokasi museum oleh petugas.

3. Apakah Diperkenankan Berfoto Di Lokasi Pameran?

Ya, mengambil foto TANPA lampu kilat diperbolehkan di lokasi pameran. Namun penggunaan tripod tidak diperkenankan.

4. Bagaimana Caranya Agar Dapat Mencapai Museum Dari Arah Xi’an Bandara Internasional Xianyang? Berapa Lama Untuk Bisa Sampai Disana?

Jarak bandara kota menuju ke lokasi adalah sekitar 75 kilometer. Transportasi yang paling nyaman adalah taksi. Dalam kondisi normal, diperlukan waktu 1 jam perjalanan dengan taksi dari bandara ke lokasi.

5. Dapatkah Saya Mengambil Tur Sehari Penuh Dari Beijing/Shanghai Untuk Dapat Menyaksikan Pasukan Terakota?

Bisa saja, namun waktunya sangat terlampau mendesak. Memerlukan waktu terbang 2 jam dari Beijing dan 3 jam waktu terbang dari Shanghai untuk dapat sampai ke Xi’an. Anda dapat mengambil penerbangan paling awal menuju Xi’an, dan mengambil penerbangan paling akhir pada sekitar pukul 8 malam kembali menuju Beijing/Shanghai.

Cara alternatifnya, Anda naik kereta malam dari Beijing ke Xi’an, dan tiba di stasiun pada pagi hari. Setelah puas melihat-lihat, Anda dapat mengambil penerbangan kembali ke Beijing.

Detail Lokasi Museum Terakota

Lokasi : Distrik Lintong, 30 kilometer arah timur Xi’an.
Jam buka : Pukul 8:30 am-05:30 pm
Harga tiket : 150 yuan (1 Maret – 30 November); Tanggal lainnya 120 yuan. Anak di bawah 1,2 m gratis.
Pembatasan : Penjaga bersenjata di gerbang masuk untuk mengecek barang-barang terlarang. Tidak diperkenankan mengambil foto dengan kamera flash di dalam.
Toko suvenir : Ketika Anda menyelesaikan kunjungan, Anda akan melewati area dengan banyak toko-toko suvenir. Disarankan agar Anda lebih berhati-hati terhadap penipuan. Misalnya tidak membeli buku yang ditandatangani oleh petani yang mengaku merupakan salah satu penemu Tentara Terakota langsung. Mereka semua palsu. Buku yang ditandatangi ini dihargai seharga 180-200 yuan.
Catatan : Jangan pergi ke Makam Utama Qin Shihuang, karena itu hanya akan terlihat seperti gundukan bukit tanah biasa. Ini tidak digali lagi, sehingga tidak banyak objek untuk melihat.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.