8 Menu Hidangan Tiongkok Populer Yang Patut Anda Coba

Jiaozi Suikiaw

Negara Tiongkok sangat kaya dengan daya tarik wisatanya. Manu makanan yang lezat merupakan daya tarik yang sangat diperlukan dalam sebuah paket pejalanan wisata. Seiring dengan sejarah yang panjang, ciri khas yang unik, beraneka gaya dan cara memasak nan elok, maka hidangan Tiongkok merupakan salah satu komponen penting dalam kebudayaan Tiongkok.

Masakan Tiongkok termasyur dalam warna, aroma, rasa, makna dan tampilan. Ke 8 hidangan istimewa ini adalah : babi (ayam) asam manis, ayam kungpao, mapo tahu, pangsit, swikiaw, lumpia, chow mien/mie goreng ala Tiongkok, dan bebek Peking.

Berbagai hidangan tersebut pada umumnya tersedia pada semua rumah makan/restoran besar di Tiongkok. Berikut 8 macam hidangan yang dikenal dikalangan wisatawan dan masyarakat Tiongkok :

A. Babi Asam Manis (Sweet and Sour Pork) 糖醋里脊

Hidangan babi asam manis (糖醋里脊; Táng cù lǐjí) menampilkan warna jingga terang dan memiliki rasa asam manis yang lezat. Pada awalnya hidangan ini hanya terbatas pada masakan babi asam manis saja, namun untuk memenuhi banyaknya permintaan penikmat kuliner, maka terdapat perkembangan dalam masakan ini. Saat ini, bahan utamanya yaitu daging babi dapat diganti diganti dengan bahan lain, seperti daging ayam, sapi, iga babi, bahkan ikan.

B. Ayam Kung Pao (Gong Bao Chicken) 糖醋里脊

Ayam Kungpao (宫保鸡丁; Gōng bǎo jī dīng) merupakan hidangan dengan menggunakan gaya khas ala Sichuan yang populer di kalangan warga asing maupun penduduk Tiongkok. Bahan utamanya adalah daging ayam yang dipotong dadu, cabai kering, dan kacang goreng. Warga di negara Barat menciptakan Ayam Kung Pao ala Barat dimana ayam yang telah dipotong dadu, dilumuri dengan maizena dan sayuran, saus asam manis dan bawang putih tumbuk.

C. Mapo Tahu (Ma Po Tofu) 麻婆豆腐

Mapo Tahu (麻婆豆腐; Má pó dòufu) adalah salah satu hidangan terkemuka dalam Masakan ala Chuan, dengan sejarah yang telah berusia lebih dari seratus tahun lamanya. Ma (麻) diartikan sebagai rasa pedas dan panas yang datang dari bubuk merica, bumbu rempah yang kerap kali digunakan pada menu Masakan ala Chuan. Bahan tahu susu dilengkapi dengan daging sapi kecoklatan beserta daun bawang cincang. Rasanya benar-benar lezat.

Loading...

D. Pangsit (Wontons) 馄饨

Sejak masa kejayaan Dinasti Tang (618-907) telah menjadi tradisi bagi warga Tiongkok untuk menyantap hidangan pangsit pada hari pertama musim dingin. Pangsit paling umum berbentuk segitiga siku-siku, mirip dengan pasta Tortellini dalam masakan Italia. Pangsit pada umumnya direbus lalu kemudian tersaji di dalam kuah sup, atau terkadang juga digoreng. Isi pangsit dapat berupa daging babi cincang atau udang yang dipotong dadu.

E. Suikiaw/Jiaozi (Dumplings) 饺子

Seiring dengan sejarah panjang lebih dari 1.800 tahun, Jiaozi, atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan ‘suikiaw’ merupakan makanan ringan tradisional yang paling populer di kawasan Tiongkok Utara. Suikiaw merupakan daging cincang beserta sayuran cincang yang dbungkus pada kulit adonan tipis.

Isian suikiaw yang paling populer adalah daging babi cincang, udang yang dipotong dadu, daging ayam giling, daging sapi, dan sayuran. Suikiaw dapat dimasak dengan cara direbus, dikukus maupung digoreng. Suikiaw adalah hidangan tradisional yang biasanya dinikmati pada malam tahun baru Imlek.

F. Mie Goreng ala Tiongkok (Chow Mien) 炒面

‘Chow Mien’ adalah pengucapan dalam bahasa Kanton dari karakter Tiongkok diatas yang berarti Mie Goreng. Pada umumnya, masakan ini terdiri dari bahan mie, daging ( biasanya daging ayam, daging sapi, udang atau daging babi), bawang bombay dan seledri. Untuk memproses Chowmien, mie harus di rebus dalam air mendidih dalam beberapa saat. Setelah mendingin, baru melangkah pada proses menggoreng bahan-bahan.

G. Bebek Panggang Peking (Peking Roasted Duck) 北京烤鸭

Bebek Peking (北京烤鸭; Běijīng kǎoyā) adalah hidangan terkemuka dari Beijing, terkenal di dunia dan dianggap sebagai salah satu masakan nasional Tiongkok. Bebek Peking istimewa kenikmatannya karena bagian kulit bebek yang tipis dan renyah. Irisan bebek Peking seringkali dinikmati bersama pancake, saus kacang manis, atau kedelai dengan bawang putih tumbuk. Bebek Peking merupakan hidangan yang harus Anda coba kalau berkunjung Beijing!

Loading...

H. Lumpia (Spring Rolls) 春卷

Lumpia (春卷; Chūnjuǎn) adalah merupakan salah satu hidangan dimsum khas Kanton yang berbentuk ‘tabung silinder’. Isian Lumpia dapat berupa campuran sayuran, saus kacang dan daging, sementara rasanya bisa manis atau gurih. Setelah semua isian dibungkus dengan kulit adonan lumpia, maka proses selanjutnya adalah menggoreng. Pada proses inilah kemudian lumpia menghasilkan warna kuning keemasan.

Lumpia adalah hidangan populer di wilayah Jiangxi, Jiangsu, Shanghai, Fujian, Guangzhou, Shenzen, HongKong, bahkan diluar Tiongkok sekalipun, termasuk Indonesia.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.