8 Minuman Terkenal di Tiongkok Yang Harus Anda Coba

Ketika bepergian ke negeri Tiongkok, Anda mungkin merasa kesulitan menemukan minuman favorit yang biasa Anda konsumsi di rumah, kecuali jika minuman kegemaran Anda adalah Coca-Cola, dimana Anda tidak akan menemui masalah karena banyak dijual di Tiongkok.

Namun jika Anda bukan penggemar minuman bersoda, jangan khawatir. Tiongkok menawarkan banyak jenis minuman yang nikmat untuk Anda. Berikut ini adalah daftar minuman yang harus Anda coba di saat Anda mengunjungi Tiongkok.

A. Aneka Jenis Teh

1. Teh Krisan (Chrysanthemum tea) : Yang pertama dan yang paling tradisional dari keseluruhan jenis teh yang tercakup pada artikel ini, adalah teh bunga krisan yang menyegarkan, dengan aroma bunga yang khas. Kebanyakan orang mengkonsumsinya sebagai obat untuk penyakit flu hingga gangguan neurologis (saraf otak). Minuman ini adalah jenis minuman yang menenangkan, terlepas dari bagaimana kondisi kesehatan Anda.

Chrysanthemum tea, atau teh krisan berkhasiat untuk menenangkan pikiran

2. Teh Susu (milk tea) : Jenis teh yang berasal/populer dari Taiwan ini memiliki cita rasa lembut dengan sedikit rasa pahit, dan dapat Anda temui di seluruh wilayah Tiongkok dengan berbagai kombinasi rasa. Salah satu varian yang paling populer adalah teh bubble atau teh susu yang dilengkapi bola-bola kenyal tapioka di dasar gelas sajinya yang seringkali dipermanis dengan berbagai rasa buah-buahan.

Ritel besar yang memiliki banyak gerai seperti Coco dan Happy Lemon juga stan-stan kecil penjual teh susu bertebaran di seantero wilayah Tiongkok. Karena nikmat disajikan panas maupun dingin, maka teh susu sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat musim panas maupun musim dingin.

3. Teh Wang Lao Ji : Para ekspatriat (pekerja asing) sering menyebutnya sebagai ‘teh dalam kaleng merah’ dimana Wang Lao Ji (王老吉; Kanton : Wang Lo Kat) merupakan merek teh paling populer. Teh jenis ini sangat cocok dikonsumsi bersama dengan makanan pedas; dan seperti pada umumnya produk teh Tiongkok, maka teh yang satu ini juga mengandung bahan obat tradisional Tiongkok. Jadi dapat dipastikan bahwa yang Anda konsumsi ini adalah minuman sehat.

Beberapa jenis teh terkenal lainnya :

Green Tea : 绿茶 (lǜchá)
Black Tea : 红茶 (hóngchá)
Wulong Tea : 乌龙茶 (wūlóngchá)
Chrysanthemum Tea : 菊花茶 (júhuā chá)
Jasmine Tea : 茉莉花茶 (mòlìhuā chá)
Mixed Herb Tea : 凉茶 (liángchá)
Hong Kong Style Milk Tea : 丝袜奶茶 (Sīwà nǎichá)

Baca juga7 Jenis Teh Tiongkok Yang Perlu Anda Ketahui

Loading...

B. Minuman Sari Buah

4. Jus Buah Plum : Minuman ini dibuat dari buah plum (prem) yang dipermanis dengan sedikit gula. Minuman ini merupakan pilihan yang tepat untuk melepaskan dahaga ditengah musim panas yang sangat terik. Minuman ini dapat Anda temukan dijual di beberapa kedai sudut jalan.

Minuman nostalgia ‘Arctic Ocean Orange Soda’ yang populer di erah 1980-an

5. Arctic Ocean Orange Soda (Beijing) : Merk minuman bersoda rasa jeruk alami yang menyegarkan ini telah mengalami perjalanan sejarah yang panjang. Sampai dengan merek dagang Arctic Ocean ini dibeli oleh pihak Pepsi pada tahun 1990-an, minuman soda jeruk yang satu ini telah dikonsumsi oleh banyak warga di Tiongkok, terutama masyarakat Beijing.

Logo beruang kutub pada botol kacanya yang ikonik masih banyak diingat orang dengan rasa sayang, dan kini minuman ini kembali muncul. Sejak tahun 2012, minuman Arctic Ocean kian bebas beredar dan tersebar ke rak-rak penjualan supermarket dan toko-toko. Anda dapat menemukan produk minuman ini dengan harga sekitar 6 ribuan rupiah.

6. Minuman Mai Dong (脉动) : Minuman energi dalam botol biru ini memiliki sejumlah rasa buah dan merupakan minuman kebugaran yang telah disempurnakan versi Tiongkok. Minuman ini memiliki rasa manis untuk memuaskan selera, namun tidak berlebihan sehingga sangat cocok untuk menjadi minuman energi yang sempurna untuk dikonsumsi selepas berolahraga.

C. Minuman Beralkohol

7. Bir Qingdao : Minuman kaleng ber-merek ini telah menjadi minuman bir di Tiongkok yang paling populer di dalam negeri dan juga dunia; dan tidak ada kekurangan yang ada pada bir bergaya Jerman ini. Dengan rasa yang ringan dan kandungan alkohol yang rendah, bir ini sangat digemari untuk diminum pada saat bersenang-senang sambil menikmati suasana malam di tengah kota.

Arak putih ‘Bai Jiu’ (foto : wine-world.com)

8. Baijiu (白酒) : Alias arak putih, minuman tradisional khas Tiongkok ini tentunya tidak ditujukan bagi Anda yang lemah jantung. Minuman yang memiliki kadar alkohol sebanyak 40-60% ini adalah minuman yang tidak dapat Anda lupakan begitu saja, meskipun memang ada hal yang tidak perlu diutarakan pada malam saat Anda mengkonsumsi minuman ini.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.