About

Selamat datang di situs Tionghoa.INFO!

Tionghoa.INFO adalah sebuah situs yang memberikan informasi seputar perkembangan tradisi dan budaya masyarakat Tionghoa di Indonesia. Di era orde reformasi ini begitu banyak kesimpang-siuran soal informasi dari tradisi dan budaya Tionghoa itu sendiri; dan tidak sedikit yang pada akhirnya berakhir dengan mitos belaka.

Misi dari situs Tionghoa ini sendiri adalah ingin meluruskan itu semua, agar baik masyarakat etnis maupun umum dapat mengetahui informasi seputar tradisi dan budaya Tionghoa yang sebenarnya. Jika anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar Tionghoa, silahkan membaca artikel-artikel yang ada pada Tionghoa.INFO.

Harapan nya, semoga situs Tionghoa.INFO ini dapat berguna dan bermanfaat dalam memberikan informasi bagi pembaca sekalian.

Xie Shen En

A. Sejarah Blog Tionghoa.INFO

Pada bulan Juni 2012, nama domain Tionghoa.INFO dihibahkan oleh Bapak Zhang Han. Berawal dari kecintaan terhadap tradisi dan budaya leluhur yang akhir-akhir ini mulai memudar maknanya, serta mulai ditinggalkan oleh orang-orang Tionghoa sendiri akibat pengaruh kebijakan orde baru dan pengaruh budaya barat yang semakin kuat di tanah air sejak awal 2000-an.

Akhirnya tercetus ide untuk membuat sebuah blog yang berisi kumpulan artikel mengenai budaya Tionghoa yang ada di Indonesia. Pada September 2012 blog Tionghoa.INFO menggunakan hosting asal Inggris untuk menjaga keandalan server yang berlokasi di Singapore. Karena mengalami kendala dalam urusan mencari bahan artikel, maka sejak Oktober 2013 blog Tionghoa.INFO dibantu oleh beberapa penulis Author lepas.

Harapannya, semoga blog ini dapat berguna bagi banyak orang, terutama bagi pecinta budaya Tionghoa, atau bagi yang sekedar ingin mencari info seputar budaya Tionghoa lewat internet. Kami juga sangat mengharapkan partisipasi dari pembaca yang tertarik untuk menyumbang artikel di rublik-rublik yang telah tersedia; karena pada prinsipnya blog Tionghoa.INFO menerapkan sistem kerja semut, makin banyak yang ikut menulis, makin baik.

Mari kita lestarikan tradisi dan budaya Tionghoa di Indonesia! Kalau bukan kita yang meneruskan, siapa lagi ?

B. Mengenai Arti Logo Tionghoa.INFO

Pada logo situs Tionghoa.INFO terdapat beberapa simbol, yakni :

1. Sebuah kertas Hóngbāo (红包) berwarna merah yang bertuliskan tinta emas Huángjīn wàn liǎng (黄金萬両), yang secara harafiah berarti gold million, atau jutaan emas. Hanya dengan selembar kertas Hungbao saja orang sudah bisa mengetahui bahwa Anda seorang Tionghoa, karena itu Hungbao diambil sebagai ikon utama situs ini.

2. Disebelah kertas hongbao terdapat 3 buah koin emas Guāngxù (光緒) yang diikat bersama dengan benang seutas merah, dimana menurut sejarahnya berasal dari dinasti terakhir Tiongkok, dinasti Qing. Koin emas adalah simbol kekayaan dan hoki.

Sementara kenapa jumlahnya 3 adalah lebih ke konsep spiritual, seperti Sanjiao/3 Agama, konsep Sanqing/3 Dewa tertinggi dalam Agama Tao, dan 3 batang dupa yang merupakan jumlah umum yang digunakan masyarakat untuk bersembahyang di kelenteng; karena itu diambil sebagai ikon pendamping.

3. Sementara kata TIONGHOA berasal dari dialek Hokkian. Karena para perantau Tiongkok di Indonesia mayoritas berasal dari daerah Fujian, maka kata “Tionghoa” (Hanzi : 中華; Pinyin : Zhōnghuá) diambil sebagai judul utama situs ini. Tionghoa sendiri merupakan sebutan bagi warga Tiongkok yang merantau/pindah warga Negara, lalu keturunannya lahir, besar dan menetap di Indonesia.

dot INFO merupakan akhiran sebuah situs domain. Jika akhiran .com lebih condong ke commerce/bisnis, akhiran .net lebih ke network/jaringan, dan akhiran .org lebih ke organisasi; maka akhiran .info ini dirasa paling tepat dijadikan alamat blog situs Tionghoa. Warna hitam untuk kata ‘Tionghoa’ dan merah untuk kata ‘Info’ sebagai pembeda saja agar mudah dibaca.

Sedangkan kalimat “Seputar Info Tradisi dan Budaya Tionghoa” yang berwarna biru merupakan penjelas. Digunakan juga sebagai nama page/halaman pada media sosial Facebook, Tradisi dan Budaya Tionghoa (TdBT).

4. Keseluruhan dicetak dengan latar putih, agar supaya menyatu dengan warna latar template situs. Meski begitu, logo ini bisa menyesuaikan dengan warna latar lainnya. LOGO nya sendiri dapat dibuat menjadi berwarna abu-abu untuk memperingati hal-hal yang bersifat duka, seperti meninggalnya seorang tokoh, bencana alam, perang, dsb.

Loading...