Arti Festival Musim Gugur Bagi Anak-anak

Festival Musim Gugur atau Mid Autumn Festival merupakan hari yang teramat istimewa selama musim gugur. Dirayakan pada setiap tanggal 15 bulan 8 dari penanggalan lunar Tiongkok. Seringkali jatuh pada bulan September atau awal Oktober. Inilah hari dimana bulan purnama bulat sempurna dan bersinar terang (harvest moon).

A. Pertengahan Musim Gugur dalam 3 Kata : Keluarga, Bulan dan Kue Bulan.

Momen berkumpul bersama family

1. Momen Bahagia Bersama Keluarga

Festival Musim Gugur merupakan perayaan kuno yang penting di Tiongkok. Bagi masyarakat inilah saat yang tepat untuk menikmati momen bahagia bersama keluarga, seperti halnya Hari Pengucapan Syukur (Thanksgiving) dan Hari Natal. Para ibu sibuk menyiapkan hidangan yang lezat dan seluruh masyarakat akan menikmati makan malam bersama anggota keluarga.

2. Bulan Purnama yang Terang Sempurna

Pertengahan Musim Gugur merupakan waktu yang terbaik untuk menikmati keindahan bulan purnama. Hal ini dikarenakan pada musim gugur langit di Tiongkok jarang berawan. Bagi masyarakat Tiongkok, bulan purnama berarti waktu berkumpulnya keluarga.

Apabila tidak berkesempatan mudik pulang kampung, mereka akan memandangi bulan. Mereka tahu, keluarga di rumah juga sedang melakukan hal sama, yakni memandangi bulan.

Loading...

Kue bulan manis rasanya

3. Kue Bulan Manis yang Lezat

Kue Bulan merupakan hidangan (tradisional) terpenting selama Festival Musim Gugur. Bentuknya yang bulat menyerupai bulan purnama menyebabkan kenapa kue ini dinamai demikian.

Sebagian orang menyebut perayaan ini sebagai Festival Kue Bulan. Kue Bulan berperan sama pentingnya seperti adanya kalkun pada Hari Pengucapan Syukur (Thanksgiving) di Amerika Serikat.

Lihat 10 Cita Rasa Kue Bulan Terpopuler

B. Lampion Warna-Warni : Kegiatan yang sangat Menyenangkan

1. Aneka Lampion Berbentuk Bunga yang Menarik

Lampion dibuat dari bahan kertas. Berbentuk bunga atau binatang, dan diberi cat warna-warni. Para guru akan mengajari anak-anak cara membuat lampion.

Cahaya dari lampion-lampion tersebut sangatlah indah di malam hari. Pertunjukan lampion selalu menarik perhatian banyak orang.

Inilah beberapa contoh lampion yang lucu…

Aneka macam lampion yang berwarna warni dan berbagai corak

2. Menerbangkan Lampion sambil Memanjatkan Doa dan Harapan

Masyarakat di Tiongkok gemar menerbangkan lampion, walaupun sebenarnya berbahaya. Lampion harus diterbangkan di area yang cuacanya tidak berangin atau hanya sedikit berangin. Jadi menerbangkan lampion dilakukan secara terbatas dan tidak di sembarang tempat.

Loading...

Orang akan menuliskan doa dan harapan yang baik di atas kertas lampion. Sama seperti memanjatkan doa dan harapan kepada bintang. Lampion akan dinyalakan dan dilepaskan terbang ke langit seperti balon udara.

C. Kisah Wanita di Bulan

Anak-anak di Tiongkok selalu diceritakan mengenai keberadaan seorang wanita cantik di bulan. Pada pertengahan musim gugur, anak-anak akan berusaha mengenali bayangan siluet dari sosok wanita tersebut di bulan.

Kisah wanita di bulan

Begini kisah singkatnya (cocok buat anak2) …

Konon, kala pada awalnya matahari berjumlah 10 di langit, sehingga membuat keadaan di bumi menjadi teramat panas. Tanaman dan manusia sekarat dibuatnya. Seorang pahlawan yang bernama Hou Yi dengan busur dan anak panahnya berhasil memanah jatuh 9 matahari. Sehingga manusia pun selamat oleh karenanya.

Dewi Surga menghadiahi sang pahlawan sebotol air sakti, yang dapat membuatnya hidup kekal dan bisa ke surga. Tetapi sang pahlawan tidak ingin pergi ke surga. Ia hanya ingin bisa tetap tinggal hidup bersama istrinya yang cantik. Air sakti itu tidak diminumnya. Ia hanya berpesan kepada istrinya agar botol berisi air sakti tersebut disimpan di tempat yang aman.

Salah satu bawahan sang pahlawan mempunyai maksud jahat dan menginginkan air sakti tersebut. Suatu hari saat sang pahlawan pergi berburu bersama dengan para bawahannya, bawahan yang jahat ini tidak ikut. Ia pergi ke rumah sang pahlawan untuk mencuri air sakti.

Hal ini diketahui oleh istri sang pahlawan, tetapi dia tidak kuasa mengalahkan keserakahan bawahannya itu. Maka diteguknya lah air ajaib itu oleh sang istri, sehingga membuatnya menjadi kekal, dan akhirnya terbang menuju ke bulan.

Baca juga kisah lengkapnya disini.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...