Asal Usul Dewa Zhong Kui

Dalam Kepercayaan Masyarakat Tiongkok, terdapat seorang Dewa yang bertugas untuk menangkap dan membasmi setan serta berbagai macam roh jahat yang mengganggu kehidupan manusia di Bumi. Dewa tersebut adalah Zhong Kui [钟馗]. Menurut legenda, Beliau adalah seorang tokoh yang pernah hidup pada zaman dinasti Tang tepatnya pada masa pemerintahan Kaisar Tang Xuanzong [唐玄宗] 712-756 Masehi.

Menurut cerita legenda, Zhong Kui tinggal di daerah Zhongnan (终南) Provinsi Yongzhou (雍州) pada masa Dinasti Tang (sekarang Kota Xi’an Provinsi Shan Xi (陕西). Zhong Kui memiliki rupa yang tidak rupawan; berpenampilan agak aneh serta berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya. Meski Beliau memiliki wajah yang menakutkan; namun Zhong Kui memiliki talenta yang hebat dan berhati baik. Pada awal pemerintahan Kaisar Xuanzong dari Tang, Zhong Kui mengikuti ujian kenegaraan di ibukota. Saat penilaian ujian berlangsung, pejabat Negara yang bernama Lu Qi menilai Zhong Kui hanya berdasarkan rupanya dan berusaha menjelekkan dirinya di depan Kaisar. Padahal semua esai yang ia tulis memiliki kualitas tinggi sehingga dipuji oleh pemimpin dari juri istana.

Loading...

Karena itu meskipun Zhong Kui berhasil mendapatkan gelar “Zhuangyuan” sebagai penghargaan tertinggi dalam ujian kenegaraan, namun tidak berselang lama gelarnya dilucuti oleh Kaisar karena penampilannya yang buruk rupa. Karena kecewa Beliau akhirnya bunuh diri dengan cara membenturkan kepalanya ke dinding istana. Dalam penilaiannya, Raja Neraka melihat potensi di Zhong Kui karena kecerdasannya dalam mendapatkan penghargaan tertinggi dalam ujian kenegaraan, namun dikutuk ke neraka karena Beliau melakukan bunuh diri. Raja Neraka kemudian kemudian memberinya gelar sebagai “Raja Setan“, yang selamanya bertugas untuk berburu, menangkap, dan memelihara ketertiban para hantu dan roh jahat yang bergentayangan yang mengganggu manusia.

zhong gui 2

Lukisan Zhong Gui dengan tunggangannya

Menurut cerita legenda lainnya, pada masa Dinasti Tang, Kaisar Tang Xuan Zong yang merupakan kaisar yang berkuasa pada saat itu sedang sakit keras dalam perjalanannya ke daerah-daerah wilayah kekuasaan Dinasti Tang. Banyak cara yang telah dilakukan oleh tim dokter kekaisaran untuk menyembuhkan sang Kaisar, namun semuanya tidak menemukan hasil yang berarti.

Namun suatu malam, Kaisar Tang Xuanzong bermimpi adanya sesosok hantu kecil yang mencuri sebuah tas milik Permaisuri Yang Guifei (杨贵妃) dan sebuah seruling milik Kaisar sendiri . Dengan sangat marah, sang Kaisar mencela hantu kecil tersebut. Namun beberapa saat kemudian muncul sesosok hantu besar dengan memakai topi seorang pejabat menangkap hantu kecil tersebut dan kemudian menelan hantu kecil tersebut. Kaisar Tang Xuan Zong kemudian bertanya kepada Hantu besar tersebut tentang dirinya. Hantu besar tersebut kemudian menjawab “Nama saya adalah Zhong Kui, Saya sebenarnya adalah warga Zhong Nan Provinsi Yong yang berhasil lulus Ujian Negara dengan gelar Sarjana (Jìnshì; 进士), namun karena Kaisar pada saat itu tidak menyukai saya dengan alasan wajah saya yang terlalu menakutkan sehingga saya ditolak sebagai pegawai kekaisaran. Dengan perasaan yang sangat kesal dan kecewa, saya bunuh diri di hadapan Kaisar Tang De Zong”.

Pada keesokan harinya setelah Kaisar terbangun dari tidurnya merasa semua penyakitnya telah hilang. Sang Kaisar percaya ini karena bantuan dari Zhong Kui. Karena itu sang Kaisar segera memerintahkan seorang pelukis yang terkenal pada saat itu yaitu Wu Dao Zi [吴道子] untuk menggambar rupa Zhong Kui dan menyebarkannya kepada rakyat Dinasti Tang agar mereka bebas dari segala gangguan makhlus halus serta dapat hidup dengan tenteram. Akhirnya gambar sosok Zhong Kui banyak dipasang di depan pintu rumah-rumah penduduk untuk mengusir roh jahat.

Dalam Ajaran Taoisme, Zhong Kui juga dikenal dengan sebutan gelar “Zhèn Zhái Shèng Jūn [镇宅圣君]” yaitu Raja Pelindung Rumah dan “Qū Mó Zhēn Jūn [驱魔真君]” yaitu Raja Pengusir Setan.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...