Benarkah Orang Bilang Bahasa Mandarin Itu Sulit?

Orang bilang bahasa Mandarin itu sulit. Ya betul! Kata suami saya yang pernah ‘dipaksa’ belajar bahasa Mandarin oleh orang tuanya sewaktu kecil, namun tidak berhasil mencapai tingkat kemahiran yang diharapkan. Orang Tionghoa tidak pandai berbahasa Mandarin itu memalukan, tau nggak!? begitu kata papa-nya 🙂

Orang bilang bahasa Mandarin itu sulit. Enggak juga! Kata anak saya yang mendapat kesempatan belajar bahasa Mandarin sejak TK sampai SMP di Jakarta dengan predikat “pas-pasan”, namun sejak pindah ke luar negeri dan mengambil subjek Chinese di SMA-nya, nilai-nya langsung melejit menjadi “sangat baik”! Kok bisa!?

Begitu kata batin saya ketika melihat nilai yang diberikan oleh Laoshi-nya yang asli import dari Tiongkok. Ternyata pendekatan yang dipakai guru Mandarin di Indonesia dan tempat kami sekarang ini berbeda. Hmm…jadi kunci-nya memang di pendekatan 🙂

Orang bilang bahasa Mandarin itu sulit. Oh ya? Kata saya setelah membaca artikel tentang orang-orang terkenal (politisi, pebisnis, dan artis) non-Tionghoa yang mahir berbahasa Mandarin. Siapa saja mereka?

Sebut saja Mark Zuckerberg. Pendiri dan pemimpin Facebook ini menyampaikan pidato-nya yang cukup fenomenal di hadapan mahasiswa dan wartawan di Tsinghua University, Tiongkok. Simak pidato-nya dalam tayangan berikut ini:

Loading...

Ada juga Kevin Rudd. Mantan Perdana Menteri Australia, selama 2 periode, yang ‘jatuh hati’ pada budaya Tiongkok dan bahasa Mandarin sejak kecil. Simak kemahiran bahasa-nya dalam wawancara berikut ini:

Kemudian masih ada lagi Vanessa Branch. Artis asal Inggris ini mahir berbahasa Mandarin di depan dan di belakang kamera. Berikut tayangannya:

Last but not least, Herbert Hoover. Mantan Presiden Amerika Serikat ini, beserta istrinya Lou Henry Hoover, mahir berbahasa Mandarin. Kemahirannya tersebut diperoleh dari interaksi dengan masyarakat Tionghoa selama Herbert Hoover bekerja di Tiongkok. Berikut tayangannya:

Jadi masih ada yang berani bilang bahasa Mandarin itu sulit? Masih ada pastinya.

Loading...

The following two tabs change content below.

Audie Jo-Ong

Penulis @Newport Times dan pendidik yang gemar nonton film, basket, dan minum kopi. Part-time Lecturer @Binus Business School.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eits, mau ngapain nih?