Chinese Tie Ta Wan/Hsiung Tan Tieh Ta Wan, Obat Luka Dalam

Tie Ta Wan (Hanzi : 熊胆跌打丸; Pinyin : xióng dǎn diē dǎ wán) atau sering disebut dengan Chinese Tie Ta Wan, Hsiung Tan Tieh Ta Wan, atau Oleska Kapsul, merupakan obat herbal tradisional China berbentuk kapsul. Obat Tie Ta Wan ini terkenal karena spesialisasinya dalam mengobati berbagai macam luka dalam.

Obat ini sangat dianjurkan sebagai obat minum untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka dalam. Mulai dari cidera ketika sedang berolahraga, luka lebam atau memar, keseleo, terpukul, lecet, hingga berbagai macam luka benturan lainnya dapat diobati menggunakan kapsul ini.

Obat Tie Ta Wan ini mengandung bahan-bahan herbal alami yang berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan akibat memar, menghilangkan rasa nyeri, dan memperlancar sirkulasi darah. Berbeda dengan obat keseleo lainnya yang biasanya dioles, Tie Ta Wan diminum sebagai pengobatan dari dalam.

Tie Ta Wan dikemas dengan kemasan berwarna dominan kuning dan oranye, dengan label tulisan “Oleska Kapsul Chinese Tie Ta Wan”. Di dalamnya terdapat satu buah botol transparan dengan tutup berwarna putih yang berisi 24 butir kapsul dengan berat per butir 500 mg.

Tie Ta Wan sangat dianjurkan bagi penderita memar, luka terpukul, keseleo, dan berbagai jenis luka dalam lainnya. Kandungan herbal yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan akibat memar, menghilangkan rasa nyeri, dan juga memperlancar sirkulasi darah.

Selain Chinese Tie Ta Wan, terdapat beberapa merek obat tradisional China sejenis dengan khasiat yang sama, seperti Hsiung Tan Tieh Ta Wan dan Tienchi Tie Ta Wan yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Beberapa merek obat ini memiliki komposisi kandungan herbal yang hampir sama (perbedaannya mungkin hanya di takaran).

A. Khasiat Obat Tie Ta Wan

1. Membantu mengurangi rasa sakit akibat luka dalam, dari mulai memar, keseleo, terkilir, lecet, lebam, dan lainnya.
2. Meredakan pembengkakan dan peradangan yang timbul pasca kejadian.
3. Mempercepat proses penyembuhan luka.

Loading...

4. Memperlancar peredaran darah sehingga luka lebih cepat sembuh.
5. Membantu proses relaksasi pada otot yang berada di sekitar luka memar.

Obat Tie Ta Wan merek Hsiung Tan Tieh Ta Wan, dikemas dalam bentuk bola lilin

Baca juga28 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 4)

B. Dosis Penggunaan Obat Tie Ta Wan

♦ Untuk anak-anak : 3x sehari @1 kapsul, diminum setelah makan.
♦ Untuk orang dewasa : 3x sehari @2 kapsul, diminum setelah makan.

Dalam keadaan emergensi, Tie Ta Wan sebenarnya juga bisa digunakan untuk pengobatan luar. Caranya adalah dengan membuka kapsul, lalu melarutkan bubuk di dalamnya dengan beberapa tetes air, kemudian dioles pada bagian tubuh yang sakit.

Obat ini tidak dianjurkan untuk ibu-ibu yang sedang hamil. Untuk penderita penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), serta diabetes mellitus (sakit gula), harap menghubungi dokter terlebih dahulu untuk konsultasi sebelum meng-konsumsinya.

Untuk penyimpanan, hindari dari tempat yang terkena sinar matahari langsung, dan usahakan untuk menyimpannya dibawah temperatur suhu 30oC. Mengenai apakah obat ini bisa diberikan/bermanfaat kepada hewan peliharaan unggas, seperti ayam dan burung, maaf kita tidak tahu 🙂

C. Kandungan Obat Tie Ta Wan

• Radix angelicae sinesis : berfungsi untuk menghentikan pendarahan, menghilangkan darah beku atau aliran darah tersumbat.
• Curcuma Zedoaria Rhizoma dan Curcuma Domestical Rhizoma : berfungsi untuk memperbaiki jaringan pembuluh darah yang rusak.

• Bletillae Striatar Rhizoma : berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan karena luka dalam seperti terkilir, keseleo, salah urat,dan otot tertarik.
• Tuber curcumae : berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan memperbaiki struktur jaringan yang rusak pada persendian.

• Notoginseng radix : berfungsi untuk meredakan nyeri pada luka memar, terpukul, keseleo, terkilir, atau lecet.
• Flos Carthami tinetorii : berfungsi memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

• Spargani Stoloniten Rhizoma
• Rhei Radix Et Rhizoma
• Cyperi Rotundi Rhizoma

Loading...

D. Harga Obat Chinese Tie Ta Wan & Hsiung Tan Tieh Ta Wan

Di pasaran Indonesia, Chinese Tie Ta Wan dijual dengan harga per kemasan sekitar Rp 32.500,- hingga Rp 40.000,-. (isi 24 kapsul).

Terdapat juga merek kemasan yang lain, yakni Hsiung Tan Tieh Ta Wan, yang dikemas dalam bentuk bola lilin, dengan harga sekitar Rp.12.500,- (1 kotak kecil, 1 pak isi 12).

Karena harganya yang cukup terjangkau dan juga kemampuannya menyembuhkan yang bisa dibilang cukup cepat, membuat obat ini laris di pasaran Indonesia semenjak puluhan tahun yang lalu.

Chinese Tie Ta Wan ini juga aman untuk dikonsumsi, sebab telah terdaftar di Badan POM dengan nomor TR 042 337 441. Di Indonesia sendiri, Chinese Tie Ta Wan diproduksi dan didistribusikan oleh PT. Citra Deli Kreasitama, yang terletak di Tangerang, Banten.

Sementara yang merek Hsiung Tan Tieh Ta Wan dibuat oleh Guangdong Medicine & Health Products China, dan di import langsung oleh PT Sinar Herba Radix.

Berhati-hatilah membeli obat Tie Ta Wan. Pastikan Anda membeli obat Tie Ta Wan yang asli, jangan terpengaruh dengan harga murah yang kualitasnya belum tentu terjamin. Perhatikan apakah pada kemasan Tie Ta Wan masih tersegel dan terdapat stiker hologram. Perhatikan pula tanggal kadaluarsanya.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?
Loading...