Dapur Yang Baik Menurut FengShui

rsz_posisi-dapur-yang-baik

Salah satu faktor yang menjadi perhatian dalam tata letak isi sebuah rumah adalah dapur. Dalam ilmu Feng Shui, posisi ruang dapur memiliki peran yang sangat penting. Kalau diletakkan ditempat yang baik, penghuni akan mendapatkan keberuntungan. Tapi kalau tidak, penyakit dan pemborosan uang menjadi akibatnya.

Mengapa dapur bisa menjadi sumber penyakit? Di zaman modern ini, tidak sedikit orang yang sudah enggan menyentuh dapur akibat kesibukan pekerjaan dan usaha masing-masing. Bahkan dapur sering menjadi bagian yang terabaikan dalam bagian rumah, sehingga jarang dibersihkan dan akhirnya menjadi kotor. Jika sudah kotor, akan menjadi sarang kuman dan bakteri, yang mungkin akan menempel di berbagai peralatan dapur untuk memasak, seperti piring, sendok/garpu, gelas, kompor, sampai tempat cuci piring. Nah, itulah yang nantinya akan menyebabkan penghuni rumah menjadi sakit, dan akhirnya harus keluar uang untuk berobat ke dokter/rumah sakit akibat timbul penyakit (umumnya di bagian pencernaan).

Dapur tidak perlu didesain super mewah layaknya hotel berbintang 5, dengan diisi berbagai peralatan memasak kelas satu. Sederhana saja, asal baik penempatannya. Gunakanlah penerangan yang cukup untuk dapur anda dan bersihkanlah segera sisa-sisa makanan seusai makan. Pajanglah bunga-bunga dan buah-buah segar sebagai simbol kemakmuran di area dapur anda, sebagai titik kemakmuran dan kestabilan financial, karena dapur itu ibarat ”jantung” rumah.

fengshui_posisi_dapur

Contoh denah rumah dalam penempatan dapur yang baik

Untuk posisi ruang dapur yang baik, ada beberapa hal yang umumnya perlu diperhatikan, yaitu :

  1. Dapur sebaiknya tidak berada dititik tengah rumah.
  2. Posisi kompor jangan berada di bawah balok beton.
  3. Pintu dapur sebaiknyajangan berhadapan dengan toilet.
  4. Bentuk dapur sebaiknya tidak bulat atau tidak beraturan.
  5. Lantai dapur sebaiknya sejajar dengan lantai ruang makan.
  6. Pada rumah dua lantai, kamar mandi sebaiknya tidak diatas dapur.
  7. Dapur harus memiliki penerangan dan lubang udara (ventilasi) yang baik.
  8. Pastikan kompor berfungsi dengan baik dan selalu bersih, karena itu merupakan indikator keuangan anda.
  9. Hindari peletakan area dapur di sektor utara rumah. Sektor utara pada kompas atau arah mata angin adalah tempat kedudukan unsur air.
  10. Tempat beras harus selalu tertutup dan jangan sampai pernah habis sama sekali. Cara ini merupakan upaya untuk mempertahankan energi yang sudah stabil.
  11. Kamar tidur sebaiknya TIDAK bersebelahan atau berada di atas area dapur, terutama posisi tempat tidur yang sangat tidak disarankan bila berada persis di atas kompor lantai bawah. Untuk yang sudah berpasangan pastinya akan mengganggu keharmonisan rumah tangga. Bagi yang belum berpasangan akan sulit mendapatkan pendamping karena cenderung memiliki emosi yang tidak stabil.
  12. Meja dapur TIDAK disarankan berada di bawah atau berdampingan dengan tangga. Ibaratnya, hasil usaha kita yang seharusnya bermanfaat menjadi tidak bermanfaat akibat gerakan injakan langkah kaki saat menaiki tangga. Secara logika, kotoran atau debu yang dihasilkan akan sangat mudah masuk ke dalam makanan, sehingga banyak terjangkit kuman penyakit.

Demikian tips dalam mengatur posisi dapur yang baik menurut Feng Shui. Semuanya kembali lagi kepada anda pembaca.

Herman Tan

Sangat tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Follow @tionghoainfo untuk mendapatkan artikel terbarunya.

One Response to Dapur Yang Baik Menurut FengShui

  1. motik says:

    Bagaimana jika pintu kamar tidur berseberangan dgn dapur?ketika membuka pintu kamar langsung terlihat kompor dan sink…apakah berdampak buruk?bagaimana solusinya?

    jika di atas dapur saya terdapat kamar mandi kecil tapi tidak tepat berada di atas kompor..apakah berdampak buruk?
    thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 + = 11

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>