Feng Shui Dalam Kehidupan Manusia

Khususnya masyarakat timur, peranan Feng Shui dalam kehidupan sehari-hari masih sangat kental, namun kebanyakan hanyalah ikut-ikutan saja, bahkan menjadi “obyek” untuk ditakuti, dipermainkan, ditipu, namun masih saja tetap terbelenggu kondisi seperti itu.

Yang dimaksud Feng Shui umumnya adalah menyangkut tempat tinggal, tempat usaha, kuburan leluhur dan di lain sisi ada Khan Xiang yang meliputi memprediksi dari wajah dan garis tangan, dari tanggal lahir, dari postur tubuh dan sebagainya (berhubungan dengan manusianya), juga ada meramal nasib dengan kartu, tulisan, nama, dan masih ada yang lainnya lagi.

Sudah umum berlaku bahwa kebanyakan masyarakat timur akan berusaha mendapatkan hari dan waktu yang baik ketika mereka akan membuka usaha baru, melahirkan, penguburan orang meninggal dan mungkin kebutuhan-kebutuhan lainnya. Intinya adalah, dalam banyak aspek kehidupan manusia, “ilmu” Feng Shui dan Khan Xiang masih sangat dibutuhkan karena masih relevan untuk diterapkan pada masa kini.

Masalahnya sekarang adalah banyak berkeliaran orang-orang yang “mengaku” menguasai ilmu tersebut dan memanfaatkan “rasa takut” masyarakat untuk mencari keuntungan semata. Jalan hidup manusia, dengan latar belakang keluarga yang mungkin hampir sama, dengan level pendidikan yang mungkin sama, dengan lingkungan pergaulan yang mungkin hampir sama, mengapa nasib hidupnya berbeda?

Apa Penyebabnya? Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi? Bagaimana cara mengatasinya atau bagaimana cara menyiasatinya?

Jawaban-jawaban atas pertanyaan inilah yang akan memnyebabkan ilmu Feng Shui dan Khan Xiang tetap dicari orang, tetap dibutuhkan orang.

Penulis : LPS, Jakarta

Herman Tan

Sangat tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Follow @tionghoainfo untuk mendapatkan artikel terbarunya.

Latest posts by Herman Tan (see all)

One Response to Feng Shui Dalam Kehidupan Manusia

  1. Zhang says:

    Hayoo kenapa ya?
    Gelar tikar menunggu nih.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>