Hari Proklamasi Turut Dirayakan oleh Masyarakat Tionghoa

Pasukan pengibar bendera yang dilakukan oleh anak-anak muda keturunan Tionghoa di Medan

Hari ini tanggal 17 Agustus 2012, tepat 67 tahun sudah Indonesia merdeka. Meski kita pada umumnya hanya mengikuti upacara bendera di sekolah atau di lapangan kota setempat dengan membaur bersama orang pribumi, tetapi di beberapa daerah, ada juga komunitas Tionghoa yang memperingati hari kemerdekaan Indonesia secara khusus dengan mengadakan upacara bendera sendiri, yang diikuti oleh masyarakat Tionghoa sekitar.

Seperti tampak pada gambar diatas, Pasukan Paskibra dari SMA Perguruan Wiyata Dharma melakukan pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya dari Korps Musik Brimob Poldasu pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi di Jalan Bogor, Medan. PSMTI (Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia) setempat bersama ratusan warga Tionghoa mengikuti jalannya upacara tersebut dengan penuh khidmat.

Penampilan tim barongsai Kong Ha Hong di depan panggung Istana Kenegaraan pada acara HUT Proklamasi RI yang ke-65

Bahkan, pada waktu 17 Agustus 2010 lalu atau tepat pada hari Proklamasi Republik Indonesia yang ke-65, tim barongsai Kong Ha Hong diundang secara khusus oleh pemerintah untuk menunjukkan aksinya didepan panggung Intana Kenegaraan, yang dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta para pejabat tinggi Negara dan tamu undangan Negara asing.

Ini suatu bentuk penghormatan atas keeksistensian olahraga kesenian barongsai pada khususnya di tanah air yang sudah mengharumkan nama Indonesia di berbagai pentas pertandingan Internasional dan ini juga merupakan suatu bentuk pengakuan atas keeksistensian pada umumnya untuk etnis Tionghoa di tanah air sendiri oleh pemerintah Indonesia.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.