Hong Kong Kota Pariwisata Dunia

Bangunan-bangunan megah yang tinggi di Kota HongKong

Pariwisata Negara yang berpenduduk 7 juta ini sangat amat maju. Plus pewarisan demokrasi yang ditanamkan Ingris sebelum menyerahkannya kepada China tahun 1999. Salah satu alasan mengapa kemajuan pariwisatanya demikian pesat adalah karena regulasi pajak yang di lakukan pemerintah setempat. Komisi pariwisata Hong Kong dalam laporannya mengatakan jumlah kedatangan wisatawan ke Hong Kong tahun 2010 adalah 36 juta orang, dengan rata-rata tingkat hunian hotel 87%.

Suasana di HongKong International Airport (Chek Lap Kok) yang begitu ramai dibanjiri wisatawan asing

Meski begitu, China masih menduduki peringkat teratas dari jumlah keseluruhan kunjungan itu dengan menempati angka 63% yakni 22,7 juta turis China datang ke Hong Kong. Ini punya kaitan langsung antara sistem transportasi dari China daratan ke Hong Kong. Sebuah jurus pemerintah yang sukses mendrongkrak jumlah kunjungan wisata ke Hong Kong adalah pengurangan bahkan mengenakan pajak nol persen terhadap barang dan jasa.

Inilah sumber utama mengapa barang dan makanan di Hong Kong menjadi murah. Bukan karena mutu barang rendah. Banyak wisatawan China membeli barang made in China di Hong Kong karena harganya lebih murah. Utamanya barang-barang bermerek seperti iPod atau iPad.

Kartu Octopus HongKong

Mobilitas wisatawan juga menjadi fokus perhatian pemerintah. Maka harus ada cara yang sederhana dan praktis sebagai pendukung jasa transportasi. Munculah kartu prabayar Octopus untuk semua jenis transportasi. Hong Kong menerapkan sistem transportasi paling terintegrasi di dunia. Memberi wisatawan kemudahan menjelajahi Hong Kong. Pada akhir liburan dari Hong Kong anda bisa minta sisa saldo kartu ini. Kegunaan kartu pintar ini tidak hanya untuk membayar transaksi transportasi seperti namamya kartu gurita. Tetapi juga untuk pembayaran di kedai-kedai cepat saji seperti 7-eleven, circle K, Mc Donnals, KFC dan lainnya.

Untuk mengakomodir puluhan juta wisatawan, tingkat hunian dan mobilitas kota menjadi sangat tinggi. Untuk itu perlu rencana dan reservasi lebih awal jika anda ingin mengunjungi Hong Kong. Utamanya jika melakukan perjalanan keluarga yang memerlukan jumlah kamar tertentu di suatu tempat tertentu. Sebagai negara tujuan wisata, Hong Kong memiliki banyak tempat penginapan dengan berbagai jenis dan tipe, mulai dari hotel mewah, hotel bintang, hostel backpackers/guest house sampai apartemen. Lokasi penginapan tersebar hampir di seluruh penjuru Hong Kong, namun sebagian besar terletak di area Kowloon dan Hong Kong Island.

Disneyland HongKong, salah satu tujuan wisata terfavorit wisatawan asing

Mengunjungi Hong Kong tanpa ke pelabuhannya tentu kurang lengkap, disini merupakan atraksi turis baik untuk menikmati pemandangan teluk atau menyaksikan lewatnya kapal pesiar atau menikmati indahnya lampu-lampu dari pencakar langit di malam hari. Hong Kong Island dan Kowloon bisa di capai dengan naik ferry yang hanya 3000 rupiah atau juga dengan naik bus yang akan melewati terowongan bawah air.

Loading...
tian tan big buddha

Tian Tan Big Buddha berada di tengah pemandangan gunung yang spektakuler di Ngong Ping dataran tinggi di Pulau Lantau di Hong Kong

Selain itu, Hong Kong sangat ketat menerapkan aturan keselamatan penerbangan. Bagasi jinjing terlalu besar akan di penalti atau wajib di bagasikan. Jika anda melebihi kuota berat anda harus membayar ekstra. Jangan sampai ongkos bagasi lebih banyak dari pada oleh-oleh yang dibawa.

Sumber : www.erabaru.net

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

One Response to Hong Kong Kota Pariwisata Dunia

  1. Harus nabung dulu nih, biar bisa jalan-jalan ke Hong Kong. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: eits, mau ngapain nih?