Ingin Berlibur ke Tiongkok? Perhatikan 5 Tipe Colokan Listrik Disana

Colokan Listrik atau stop kontak menjadi salah satu kebutuhan utama manusia di era modern ini. Bagaimana tidak, setiap orang dituntut untuk terkoneksi dengan dunia ini melalui smartphone mereka dan colokan listrik akan sangat dibutuhkan oleh semua orang.

Coba saja lihat di banyak tempat, ketika ada colokan listrik, orang akan datang untuk memanfaatkannya. Begitu juga ketika kita traveling, kita akan membutuhkan colokan listrik.

Namun, masalah yang muncul yaitu berbeda negara memiliki tipe colokan yang berbeda. Hasilnya, kalian harus mempersiapkan colokan tambahan agar smartphone kalian tetap bias terkoneksi dengan aliran listrik. Bagaimana dengan tipe colokan listrik di Tiongkok? Apakah berbeda dengan colokan di Indonesia?

Pada dasarnya, Tiongkok memiliki beberapa jenis colokan listrik. Jadi, kalian bisa memilih tipe colokan seperti apa yang paling cocok dengan kalian. Ada beberapa tipe colokan yang akan kalian dapati di Tiongkok, yakni tipe A, tipe I, dan tipe C & F.

Tipe A

Di Tiongkok, umumnya Anda akan menemukan colokan tipe A, yakni colokan dengan dua lubang kotak. Bentuk colokan ini biasanya juga digunakan di Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Thailand, Vietnam, Thailand, dan beberapa Negara lainnya.

Hal yang harus Anda ingat, ada tipe colokan seperti ini dengan tambahan satu lubang kotak yang lebih besar dari keduanya. Colokan ini tidak bisa digunakan di Tiongkok jika tidak menggunakan adaptor.

Tipe I

Tipe colokan I ini umumnya dipakai di Australia, New Zealand, Argentina dan Fiji. Di Tiongkok, kadang-kadang kalian akan mendapati colokan seperti ini tanpa bagian atas (hanya 2 lubang saja). Meskipun begitu, kalian tetap bisa menggunakannya tanpa lubang di bagian atas tersebut.

Loading...

Tipe C & F

Tipe colokan C dan F ini akan kalian dapati juga di Tiongkok. Colokan ini juga digunakan di Negara2 Eropa.

Jika kalian berkunjung ke Hongkong, Makau dan Taiwan, kalian harus mempersiapkan adaptor yang berbeda juga. Jika kalian traveling ke Makau, kalian harus mempersiapkan tipe C dan F seperti diatas. Sementara Hongkong menggunakan tipe colokan listrik yang berbeda lagi, yakni tipe G.

Sedangkan di Taiwan, kalian perlu menyiapkan tipe colokan yang berbeda lagi, yaitu tipe B.

Selain memperhatikan tipe colokan, kalian juga perlu memperhatikan voltase listrik di Tiongkok. Tiongkok memakai voltase listrik 220V/50Hz. Jika kalian pergi ke Taiwan, voltase listrik yang dipakai yaitu 110V/60Hz.

Namun biasanya setiap tipe colokan sudah memiliki voltase sendiri, jadi kalian tidak perlu terlalu khawatir. Hal yang terpenting adalah Anda memiliki sambungan adaptor yang bisa dipakai ke semua tipe colokan yang bisa digunakan di Tiongkok. Namun cara yang paling mudah adalah dengan multi plug. Jika sudah memilikinya, semua kendala bisa teratasi dengan baik.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...