Inilah 10 Rasa Kue Bulan Paling Enak : Kelezatan Cita Rasa Timur dan Barat

Kue bulan (Hanzi : 月饼; Pinyin : yuèbǐng) atau Mooncake merupakan makanan ringan sebagai pencuci mulut tradisional selama Festival Musim Gugur di Tiongkok. Konon dikisahkan bahwa Dewi Bulanlah yang membuat kue-kue ini, sehingga dinamakan orang kue bulan.

Menjelang pertengahan musim gugur orang-orang sering menghadiahkan kue bulan sebagai bingkisan saat mengunjungi sahabat dan keluarga. Ada banyak rasa kue bulan yang dijajakan. Rasa mana yang Anda pilih ?

Berikut kami perkenalkan 10 rasa kue bulan paling enak yang layak dijadikan bahan pertimbangan untuk Anda coba, agar lebih mudah dalam menentukan pilihan. 4 rasa pertama adalah pilihan yang paling umum. Tetapi 3 rasa terakhir merupakan inovasi rasa yang cukup baru dan hanya beberapa toko saja yang menjualnya.

1. Kue Bulan isi Lima Biji Kacang-kacangan dan Babi Panggang

Five kernel and roast pork mooncakes

Kue bulan dengan isi lima jenis biji kacang-kacangan dan daging babi panggang (Hanzi : 五仁叉烧; Pinyin : wuren chashao) merupakan rasa kue bulan yang paling tradisional dan klasik. Harganya jauh lebih mahal, jika dibandingkan dengan kue bulan rasa standar lainnya.

Kue bulan diisi dengan campuran antara kacang dan biji (almond, walnut, beligo, wijen dan biji labu) dengan daging babi panggang. Anda akan mendapatkan kelezatan yang berbeda di setiap gigitan. Sebagian besar warga Tiongkok, terutama generasi tua senior, menyukai jenis kue bulan ini.

2. Kue Bulan Pasta Kacang Merah

Kue bulan pasta kacang merah (Hanzi : 红豆沙; Pinyin : hongdousha) atau di Indonesia lebih dikenal dengan tausa hitam, berisi pasta kacang merah yang tebal dengan rasa yang manis dan bertekstur lembut. Pasta kacang merah memberikan cita rasa yang tidak mudah hilang dan aromanya memenuhi mulut di setiap gigitannya.

Loading...

Bagi sebagian orang yang tidak menyukai rasa yang terlalu manis, secangkir teh merupakan pilihan yang tepat untuk mengimbangi rasa manis dari kue bulan ini.

3. Kue Bulan Pasta Biji Teratai

Lotus seed paste mooncake

Kue Bulan pasta biji teratai (Hanzi 莲蓉; Pinyin : lianrong) atau di Indonesia lebih dikenal dengan tausa putih, adalah varian kue bulan yang paling terkenal selama Festival Pertengahan Musim Gugur. Pasta biji teratai ini berasal dari Kanton, dan telah menjadi populer di seluruh Tiongkok daratan dan bahkan di luar negeri.

Pasta teratai dianggap sebagai isi kue bulan paling mewah, serta varian yang paling banyak diperjualbelikan saat ini.

Seiring dengan tingginya harga pasta teratai, varian ini sering di mix dengan rasa durian atau rasa pandan, bersama dengan telur bebek sebagai isinya. Jadi pastikan Anda tidak memilih kue bulan dengan harga terlalu murah, agar mendapatkan kue bulan yang benar-benar berisi pasta teratai yang asli.

4. Kue Bulan Kulit Salju

Kue bulan berkulit salju (Hanzi : 雪皮; Pinyin : xuepi) adalah varian kue bulan yang tidak dipanggang. Awalnya berasal dari Hong Kong, kemudian menjadi tren di Tiongkok. Permukaan kulit kue dibuat dari beras ketan yang dibekukan dan tampak putih seperti salju.

Kini orang-orang mulai menambahkan jus sari buah pada kulit kuenya, agar tampak lebih berwarna. Kue bulan ini bisa diisi dengan buah-buahan atau kuning telur bebek, sehingga rasanya bisa manis atau asin, atau bahkan keduanya. Akan terasa lebih nikmat bila didinginkan.

5. Kue Bulan isi Kacang dan Buah-Buahan

Mixed fruit and nuts mooncake

Kue bulan isi buah-buahan dan kacang (Hanzi : 果堅; Pinyin : guojiang) diisi dengan berbagai buah-buahan yang segar dan kacang, sehingga membuat rasanya halus dan lembut. Diisi dengan melon, lengkeng dan nanas, membuat pencuci mulut tradisional ini lebih menyehatkan.

6. Kue Bulan Rasa Cokelat

Kue bulan rasa cokelat (Hanzi : 巧克力; Pinyin : qiaokeli) membuat Festival Musim Gugur bernuansa lebih romantis. Tampilan kue bulan yang menarik ditambah dengan aroma cokelat yang kental, merupakan kombinasi antara budaya tradisional Tiongkok dengan romantisme budaya Barat.

Lapisan kulit kue dibuat dari bahan cokelat dan dapat diisi dengan gandum, buah berry, rasa oreo dan lain sebagainya.

7. Kue Bulan Rasa Teh Hijau

Green tea mooncakes

Teh dan kue bulan merupakan tradisi dua hidangan yang paling klasik di Tiongkok. Ketika digabungkan, keduanya sama-sama menciptakan varian kue bulan baru yaitu kue bulan teh hijau (Hanzi : 绿茶; Pinyin : lvcha).

Loading...

Kue bulan ini diisi dengan daun teh hijau dan kandungan bahan lainnya seperti pasta teratai. Dengan rasa daun teh segar cukup mengimbangi rasa kue bulan yang biasanya berlemak.

8. Kue Bulan isi Es Krim

Kue bulan isi es krim (Hanzi : 冰淇淋; Pinyin : bingqilin) merupakan inovasi penampilan baru untuk kue bulan tradisional Tiongkok. Sebagai pengganti yang hangat, kue bulan dengan sensasi rasa dingin yang menyegarkan ini segera menjadi tren di kalangan kaum muda saat ini.

Lapisan kulit kue biasanya dibuat dari cokelat, yang kemudian dapat diisi dengan es krim rasa apapun yang Anda suka.

9. Kue Bulan isi Krim Keju

Cream cheese mooncake

Ciri utama dari kue bulan isi krim keju (Hanzi : 奶油皮; Pinyin : naiyoupi) ini adalah lapisan permukaan kulitnya renyah dan berwarna kuning keemasan serta memiliki rasa susu yang kental. Tetapi tidak semanis varian kue bulan lainnya.

Kue bulan ini dapat diisi bermacam-macam, agar dapat memenuhi selera pelanggan yang berbeda. Sebagian besar diisi dengan pasta dan selai.

10. Kue Bulan isi Hidangan Laut

Kue bulan dengan isi hidangan laut (Hanzi : 海味; Pinyin : haiwei) lebih mahal daripada kue bulan tradisional varian lainnya. Mengacu pada nama yang diberikan, kue bulan ini diisi dengan hidangan laut seperti tiram dan rumput laut.

Varian kue bulan ini memiliki rasa asin yang ringan. Jika Anda tidak menyukai kue bulan dengan rasa manis dan menyukai hidangan laut, maka kue bulan ini sangat cocok untuk Anda.

Bonus : Merek Kue Bulan Terpopuler di Tiongkok

Daohuaxiang mooncakes, salah satu merek kue bulan paling laris di Tiongkok

Merek kue bulan terpopuler di Tiongkok diantaranya adalah Daohuaxiang (稻花香), Anqi (安琪), Tianlun (天伦), Huamei (华美), Ronghua (荣华) CANSO (元祖), Maxim’s (美心), Miqi (米旗), Xinghualou (杏花楼), dan Maiquer (麦趣尔).

Kalau di Indonesia, menurut pembaca apa saja merek-merek Kue Bulan yang terkenal? Tuliskan lewat komentar dibawah. Kalau mimin, kue bulan Tamiang dan Delima saja deh 🙂

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...