Inilah 11 Penemuan Besar Dunia Yang Berasal Dari Nenek Moyang Orang Tionghoa

Bangsa Tiongkok terkenal dengan sejarah peradabannya yang panjang. Jika dihitung berdasarkan penanggalan tertua bangsa Tiongkok (Huang Lek/Tao Lek/Nong Lek), yakni sejak zaman Kaisar Huang Di (Hanzi : 黃帝; Kaisar Kuning; 2698–2598 SM) kira-kira sudah lebih dari 4700 tahun lamanya. Berikut beberapa penemuan terbesar oleh nenek moyang orang Tionghoa :

1. KOMPAS

Loading...

7kompas

Diciptakan pada abad ke-4 SM (Dinasti Han). Bahan dasar : Lodestone (sejenis batu magnit). Awalnya digunakan sebagai menentukan arah fengshui. Kompas baru dikenal di benua Eropa tahun 1150 M

2. KERTAS

11kertas

Ditemukan abad ke-1 M

Nama penemunya : Cai Lun (Hanzi : 蔡倫, simplify : 蔡伦 , pinyin : Cài Lún), lahir sekitar tahun 50 M, di Guiyang (sekarang Leiyang, provensi Hunan), meninggal tahun 121, yaitu seorang kasim di istana kerajaan, jaman Dinasti Han.

Penyebaran penggunaan kertas dimulai abad ke-7 M ke wilayah Korea, Vietnam dan Jepang. Tahun 751 M beberapa pembuat kertas Tiongkok ditangkap oleh bangsa Arab, setelah pasukan Tang dikalahkan dalam pertempuran Talas River.

Kertas diperkenalkan di benua Eropa pada abad ke-12 M, seiring dengan perang Salib antara Arab dan Eropa.  Penggunaan kertas membantu pondasi Scholastic Age di Eropa.

3. PERCETAKAN

10percetakan

Seseorang bernama Bi Sheng memodifikasi mesin cetak yang saat itu sangat besar, menjadi lebih ringkas dan mudah dibawa-bawa. Lahir sekitar abad ke-8, dari rakyat jelata sehingga namanya tidak tercatat dalam catatan sejarah kekaisaran.

4. BUBUK MESIU

11mesiu

Loading...

Sejarah mencatat bubuk mesiu pertama kali digunakan di Tiongkok pada abad 8 M, hanya sebatas sebagai kembang api, petasan dan signal flare.

Pada jaman Dinasti Song Selatan sekitar tahun 1200 M perang dengan bangsa Mongol, barulah bubuk mesiu ini dikembangkan sebagai senjata dan mulai menyebar ke seluruh dunia, yaitu Arab, Hindia dan Eropa.

Awalnya  mesiu ditemukan secara tidak sengaja oleh para ahli kimia dinasti Han yang pada jaman itu yang sedang melakukan percobaan untuk membuat ramuan obat hidup abadi.

5. SEISMOGRAPH

1 ChineseSeismograph

Seismograph atau alat sensor getaran gempa bumi diperkenalkan pada tahun 132 M. Penemunya Ceng Heng, seorang ahli matematika dari dinasti Han.

6. KAIN SUTRA

istri Huang Di penemu sutra dari ulat sutra

Menurut legenda penemu kain sutra adalah istri dari Kaisar Tiongkok kuno yaitu Kaisar “Huang Di”. Bahan kain sutra tertua yang pernah ditemukan berasal dari tahun 3630 SM. Kepopuleran kain sutra di negara Tiongkok, menjadikan terciptanya jalur sutra yang terkenal dalam sejarah dan hingga kini negara Tiongkok menjadi produsen sutra terbesar di dunia.

7. MINUMAN TEH

2 cups-of-green-tea

Menurut legenda, teh pertama kali diperkenalkan oleh Kaisar Shen Nong (Tiongkok kuno)  pada tahun 2737 SM. Produksi teh meningkat drastis pada dinasti Tang dan dinasti Song sekitar abad ke-7 M dan abad ke-13 M.

8. KEMUDI KAPAL LAUT

7kemudi kapal

Saat orang Eropa menemukan teknologi membangun kapal yang hebat, Tiongkok menjadi yang pertama dalam menemukan kemudi kapal. Orang Tiongkok sudah menggunakan desain ini di abad 1 sebelum Masehi. Desain ini sangat kuat dan canggih sehingga mampu mengangkat kapal dari air. Juga sangat bermanfaat bagi kapal yang mengangkat muatan berat.

9. JAM (ALAT PENUNJUK WAKTU)

15Clock_Tower_from_Su_Song's_Book

Pengakuan dunia yang terakhir terhadap penemuan pertama kali alat penunjuk waktu ditemukan oleh orang Tionghoa yang bernama Yi Xing, seorang biksu dan ahli matematika pada jaman dinasti Tang (618 M – 907 M). Jam dengan design yang lebih rumit seperti yang kita gunakan saat ini, merupakan model jam serupa yang disempurnakan oleh Su Song pada jaman dinasti Song (960 M – 1279 M).

10. PERTANIAN SAWAH (BERAS)

pertanian

Sawah banyak ditemukan di dekat area sungai Yang Tze (7000 SM). Bukti fosil bulir beras pernah ditemukan dan berasal dari tahun 11900 SM.

11. PENEMUAN BESAR LAINNYA :

11.1. Permainan Bola (Cu Ju)

Cu Ju adalah semacam permainan sepak bola orang barat, dimulai sejak abad 1 SM. Cu Ju biasa dimainkan oleh rakyat jelata dan para prajurit untuk melatih kebugaran fisik.

6 bola ala cina cuju2411.2. Payung Hujan

11.3. Minuman Mengandung Alkohol (7000 SM)

13 minuman alkohol

11.4. Sikat Gigi

Pada awalnya sikat gigi terbuat dari bulu babi Siberia, alat ini kemudian dibawa dan menyebar ke benua Eropa dan diganti dengan bahan dari bulu kuda.

11.5. Lonceng

14Chinese-instrument-chime-bells-0

11.6. Busur Panah

16Penemuan Panah berumur 2.200 tahun Milik Kaisar China

Penemuan  busur panah yang sudah berusia 2200 tahun.

11.7. Peti Mati Dari Kayu

11.8. Permainan Domino

11.9. Penambalan Gigi

11.10. Kuteks (Cat Kuku)

11.11.Bilangan Negatif Dalam Matematika

11.12. Baling-Baling

Baling-baling sudah dimainkan oleh anak anak Tiongkok sejak 400 M sebagai mainan anak kecil. Seorang ilmuwan bernama Ge Hong pada tahun 317 M, berteori bahwa baling-baling dapat digunakan di atas sebuah kendaraan (helicopter) agar mampu terbang. Ide ini dicetuskan jauh sebelum jaman Leonardo da Vinci.

11.13. Pengeboran Minyak dan Gas Alam

Pengeboran minyak dan gas alam sudah dilakukan bangsa Tiongkok sejak abad 1 SM. Beberapa diantaranya mencapai kedalaman 1,5 km. Sedangkan bangsa Eropa mulai melakukan pengeboran minyak bumi pada abad 18 M tepatnya pada masa Revolusi Industri di Eropa.

5 pengeboran minyak bumi di cina

11.14. Tisu

Tisu toilet yang sudah digunakan oleh bangsa Tiongkok sejak tahun 600 M. Di dunia luar baru diperkenalkan pada tahun 1300 M.

11.15. Uang Dari Bahan Kertas (600 M)

9uang kertas

Penggunaan uang kertas ini lebih cepat 500 tahun sebelum bangsa Eropa.

11.17. Peleburan Besi (500 SM) dan Baja (380M)

11.18. Layang layang dan Gantole (400 SM)

8layang

11.19. Alat Makan Garpu

4 garpu

Kita selama ini hanya mengetahui garpu adalah alat makan dari bangsa Eropa. Namun sebenarnya garpu sudah digunakan di bangsa Tiongkok sejak tahun 2400 SM, bahkan usia garpu lebih tua daripada alat makan yang sudah sangat populer di dunia yaitu sumpit (1200 SM). Dengan berjalannya waktu, orang Tionghoa lebih menyukai menggunakan sumpit daripada garpu.

Secangkir teh hangat :

Dari banyaknya penemuan tersebut di atas oleh nenek moyang orang Tionghoa, maka hal ini sangat cukup memperlihatkan bahwa peradaban, pemikiran dan budaya nenek moyang orang Tionghoa sudah maju mendahului bangsa-bangsa lain (contoh sistem pertanian sawah).

Bahkan di bidang medis kedokteran dan obat obatan, di bidang ilmu perbintangan (astronomi), di bidang moral dan filosofi kehidupan, bangsa Tiongkok Asia Timur tidak kalah dibandingkan bangsa Barat hingga pada jaman sekarang sekali pun.

Tanggapan saya pribadi adalah bangga dan salut kepada bangsa ini. Maka adalah menjadi tugas kita untuk menjaga, melestarikan dan memajukannya kepada generasi sekarang.

Bagaimana dengan pendapat saudara ?

Loading...

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...