Inilah 39 Chinese Tools Menarik Yang Perlu Anda Coba!

Ada satu situs online yang sangat baik bagi pembaca yang ingin belajar seputar bahasa Mandarin dan kebudayaan sastra Tiongkok, yakni chinesetools.eu. Situs ini sangat bagus bagi pemula tingkat dasar, atau yang ingin sekedar iseng mencoba. Berikut ulasan mengenai beragam ‘tools’ yang tersedia disana :

A. Chinese Name

chinese tools

1. Real Chinese Name : Bagi anda yang belum memiliki nama Chinese sama sekali, atau yang hanya ingin iseng-iseng mencoba saja, boleh memanfaatkan fitur ini. Cara kerjanya nama roman (abjad) anda akan dibuat mendekati cara baca dalam bahasa Mandarin. Tinggal isi nama dan marga (opsional), pilih jenis kelamin, lalu pilih sifat yang paling mendekati anda. Setelah itu klik ‘Generate my chinese name!’. Perlu diingat, ini tool ini mungkin tidak akan efektif apabila nama anda kepanjangan, karena maksimal nama karakter hanzi yang akan dibuat hanya sampai 4.

2. Chinese Greeting Cards : Yup. Sesuai dengan namanya, kita tidak perlu susah-susah lagi  mencari kartu ucapan yang cocok di Google dan memikirkan bagaimana cara menulisnya disana (sebenarnya bisa lewat aplikasi Adobe dan sejenisnya, tapi rasanya agak repot). Semuanya ada disini. Tinggal masukkan karakter hanzi atau roman (bisa nama sendiri), lalu pilih ukuran/ketebalan goresan huruf, pilih jenis kartu, dan klik ‘Generate my chinse card!’. Done! Tinggal kirimkan kartu ucapan anda ke pacar, keluarga, dan sahabat dekat.

3. Name on Painting : Ingin menuliskan nama anda dalam bentuk lukisan? Pakai tool ini. Yang penting anda sudah harus punya nama Chinese terlebih dahulu. Belum punya? Silahkan pakai tool nomor A-1 yang sudah dibahas diatas. Tinggal paste/ketik nama Chinese pada kotak yang tersedia, lalu pilih ukuran/ketebalan goresan huruf, pilih jenis lukisan, lalu klik ‘Generate my painting!’. Chinese name dalam lukisan anda sudah jadi. Silahkan save lalu bagikan lewat instagram atau media sosial yang anda punya.

4. Name on Seal : Mau buat stempel untuk kantor, usaha atau bisnis, dengan karakter hanzi seperti motif stempel/cap istana kekaisaran jaman dulu? Cobalah memakai tool ini. Anda hanya perlu memasukkan maksimal 6 karakter hanzi saja, selesai. Namun ini mungkin hanya bisa dipakai dalam dunia virtual saja, kecuali anda mau mencetaknya sendiri.

Loading...

B. Others Asian Names : Jika ingin membuat nama dalam bahasa lainnya. Opsi tersedia dalam bahasa Tibet, Japanese, Korean, Thai, Hindi , Arabic, dan Russian.

C. Chinese Astrology

chinese tools 3

 

1. Astrological Sign : Seperti ramalan shio pada umumnya. Boleh dicoba bagi yang ingin mencari tahu peruntungan shio anda di tahun ini. Cukup masukkan tanggal kelahiran anda saja dan hasil ramalan nya akan keluar.
2. Love calculator : Bagi yang ingin iseng-iseng melihat persentase (%) kecocokan dengan pacar/calon istri, boleh pakai tool ini. Resiko ditanggung sendiri 🙂 Silahkan masukkan tanggal lahir sendiri dan calon, lalu klik ‘Predict’.
3. Baby Gender Predictor : Ini mencari tahu jenis kelamin calon bayi anda? Boleh coba tool ini. Tingkat persentase (%) tidak dapat dipastikan karena menurut mimin ini masih perlu sample data/penelitian lebih lanjut. Tetap ingin coba? Silahkan masukkan tanggal lahir istri, lalu  tanggal waktu pembuahan terjadi (ini mimin tidak ngerti, maklum masih belum laku single 🙂

D. Tattoos : Seperti model Shu Fa atau seni kaligrafi Tiongkok. Sebuah huruf akan dibuat corak/model/gaya goresannya. Mau dipakai buat apa? Jika anda ingin mentato bagian tubuh anda dengan karakter Mandarin agar terlihat keren, boleh pakai corak ini 🙂 Pilihan kategori huruf yang sudah tersedia : Zodiac (shio), Astrology (bintang), Family (keluarga), Spiritualy, Personal, Relationships (status hubungan), dan Religion (kepercayaan). Caranya silahkan klik huruf yang sudah tersedia, pilih ukuran huruf, lalu create it!

E. For fun

chinese tools 8

1. Drawing Text : Dapatkan nama anda dalam bentuk lukisan. Hanya buat seru-seruan saja. Tidak ada yang menarik 🙁
2. Chinese Sudoku : Sama kayak permainan Sudoku pada umumnya. Hanya angkanya diubah dalam bentuk karakter hanzi.

F. China

chinese tools 2

1. China Map : Tool ini memuat peta dasar Negara Tiongkok dengan menampilkan letak geografis dari sungai, danau, laut, samudera, perbatasan internal dan negara-negara tetangga, relief, serta letak ibukota ibukota provinsi di Tiongkok. Jika browser Anda mendukung Flash, Anda dapat memuat gambar dengan lebih cepat, lebih halus, lebih jelas dan beresolusi tinggi.

2. VPN For China : Menampilkan Top 5 VPN terbaik di Tiongkok. Seperti yang anda ketahui, banyak pelajar, mahasiswa, wisatawan, atau orang yang sudah bekerja dan berdomisili di Tiongkok kesulitan mengakses dunia luar karena dibatasi pemerintah setempat. Dengan VPN, anda dapat menerobos ‘dinding pemisah’ itu dengan menggunakan IP Address asing/luar.

Loading...

G. TOP Chinese Tools

chinese tools 5

1. Chinese Dictionary : Kamus terjemahan dari bahasa Inggris ke Mandarin. Cukup mengetik kata dalam bahasa inggris, maka akan keluar terjemahannya dalam bahasa Mandarin beserta contoh penggunaan kata dan arti kata yang dimaksud.
2. Chinese Synonyms Thesaurus : Tool ini digunakan apabila kita ingin mencari sinonim atau persamaan arti kata dalam bahasa Mandarin. Dalam deskripsinya tertulis telah diinput lebih dari 60 ribu kata.
3. 1500 Most Common Characters : Yup. Seperti namanya, tool ini berisi daftar 1500 huruf yang paling sering digunakan orang dalam bahasa Mandarin. Tool ini mungkin bisa sedikit menguji sejauh mana tingkat HSK (Hanyu Shuiping Kaoshi; 漢語水平考試) anda dalam mengenali huruf Hanzi. Klik hurufnya, maka akan keluar cara baca huruf yang dimaksud beserta artinya.
4. HSK Flashcards : Hampir sama seperti menu G-4, dalam kartu akan tercantum keterangan mengenai jumlah goresan, cara baca, dan arti huruf. Silahkan pilih tingkat HSK anda (1-6). Jika masih pemula boleh coba HSK tingkat dasar 1. Makin tinggi tingkat HSK, makin sulit tingkatan hurufnya, makin banyak pula jumlah goresannya.
5. Audio Picture Book : Cocok buat anak-anak karena disajikan dalam bentuk gambar menarik. Saat ini baru tersedia 12 bab saja. Klik gambarnya, maka akan keluar huruf beserta cara ucapan nya dalam audio MP3.
Chinese Text To Speech (TTS) : Mirip dengan Google Translate atau Bing Translate, cukup masukkan huruf, kata, atau sepenggal kalimat dalam bahasa Mandarin, maka akan keluar contoh cara ucapnya lewat audio.
6. Pinyin Exercice : Tool ini akan melatih telinga Anda untuk membedakan nada dan pinyin dengan dikte online ini. Caranya klik ‘Listen to pinyin’ (dengarkan file suara), lalu tulis pinyin (bukan letter hanzi) dan memilih nada. Jumlah poin yang benar bernilai 1, jika salah akan dikurangi 1. Sebaiknya korek dulu kuping anda agar bisa jelas mendengar, hehe.
7. Measure Word Dictionary : Mimin kurang ngerti sebenarnya apa fungsi utama tool ini? Mungkin pembaca lain bisa menjelaskan.
8. Romanization Converter : Hampir sama seperti Google Translate dan sejenisnya, tool ini akan menampilkan hanyu pinyin dari karakter hanzi yang anda masukkan. Angka 1-4 dibelakang kata adalah jenis nada yang digunakan.

chinese tools 4
9. Chinese Annotator : Punya kalimat Mandarin yang ingin diterjemahkan dalam bahasa Inggris? Cukup masukkan kalimat hanzinya, maka tool ini akan bekerja dengan ‘membagi’ kalimat menjadi beberapa bagian kata (parsial) dan diterjemahkan artinya. Saat ini juga tersedia dalam bahasa Prancis.
10. Chinese Number Conversion : Tool ini kegunaannya adalah mengkonfersi angka roman menjadi angka dalam karakter hanzi, disertai pinyin/cara pelafalan nya. Tidak hanya bentuk angka biasa saja, tapi mencakup berbagai penerapannya, seperti dalam penulisan tanggal, tahun, waktu, uang (mata uang), pecahan (plus/minus, per), desimal (koma), dan persen (%).
11. Chinese Unit Converter : Mengubah standar ukuran skala dunia (ukuran panjang; ukuran luas area, ukuran berat, dan ukuran kapasitas) ke standar ukuran skala Tiongkok KUNO; seperti Li, Zhang, Chi, Chun, Fen, Qing, Mu, Dan, Jin, Liang, Qian, Sheng, dan sebagainya.
12. Character Decomposition : Kayaknya tool ini error. Seharusnya bisa digunakan untuk melihat urutan goresan yang benar dalam menulis huruf/karakter Hanzi.
13. Chinese Stroke Order : Tidak punya kertas berkotak untuk latihan menulis huruf Hanzi? Pakai tool ini. Cukup masukkan huruf yang ingin dilatih, pilih model kotak, pilih ukuran kotak, dan create it! Tinggal di print, lalu bisa anda gunakan sebagai media latihan menulis.
14. Chinese Practice Sheet : Tool nya error, apa memerlukan aplikasi, atau alat hardware yang mendukung, seperti monitor layar sentuh/touchscreen? Yang jelas di komputer mimin tool ini tidak dapat dibuka. Dari penjelasannya, dikatakan cukup menulis karakter hanzi pada layar dengan kursor mouse, maka akan keluar pinyin dan definisinya.
15. Handwriting Recognition : Kurang jelas fungsinya buat apa. Mungkin yang lain bisa menambahkan 🙂
16. Chinese To Pinyin : Cara kerjanya sama seperti Google Translate.
17. Pinyin To Chinese : Cara kerjanya sama seperti Google Translate. Namun yang ini lebih ‘canggih’ karena pinyin yang diketik akan dideteksi ke dalam hanzi. Tapi tingkat akurasinya tidak 100% karena ada sebagian karakter hanzi yang memiliki cara penulisan pinyin yang sama.

H. Other Chinese Tools

chinese tools 6

1. Chinese Calendar : Butuh kalender penanggalan Imlek? Dirumah anda tidak punya kalender Imlek? Silahkan gunakan tool ini. Tool ini bahkan bisa melihat kembali penanggalan yang sudah lewat dan mengecek penanggalan masa depan (kalau tidak salah mulai tahun 1900 hingga tahun 2100). Selain itu, beberapa info penting juga akan ditampilkan; seperti keterangan ce it dan cap go (bulan mati dan bulan penuh) dan perayaan/festival tradisional Tiongkok.
2. Chinese Annoted Bible : Yang ini mimin jamin pembaca Kristiani pasti akan sangat tertarik! Yup, kitab-kitab yang terkenal dalam Alkitab (bible), pasal dan ayat-ayatnya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Mandarin, lengkap dengan pinyin/cara bacanya. Namun saat ini belum tersedia file Audio/MP3 nya untuk didengar.
3. Chinese Dictionary of Exemples : Di Tiongkok (termasuk perantauan – Tionghoa), panggilan kekerabatan dalam keluarga dibagi oleh tingkatan generasi dan jenis kelamin. Ada begitu banyak istilah dari status hubungan yang berbeda; misalnya untuk ‘Paman’, panggilannya akan berbeda jika ia paman dari ipar saya, dari ibu saya, atau dari ayah saya. Cara termudah untuk menemukan panggilan kekerabatan yang tepat adalah dengan menggunakan alat online ini. Namun tool ini belum support sampai ke cara panggilan berdasarkan asal suku/dialek lho.
4. Chinese Family Titles : Fungsinya sama dengan H-3. Bahkan linknya sama.
5. Make a Chinese Calligraphy : Tool ini akan mengubah karakter hanzi ke dalam bentuk kaligrafi (penulisan lewat kuas). Cukup masukkan huruf, ukuran huruf, dan model penulisan atau teknik penulisan (Shu Fa).

chinese tools 9
6. Traditional – Simplified : Cara kerjanya mirip dengan berbagai macam aplikasi terjemahan, hanya mengubah bentuk penulisan tradisonal dan modern.
7. Chinese Unicode To HTML : Jika situs (blog, website) anda tidak mendukung script bahasa Mandarin (kalau tidak salah UTF-8; untuk meng-coding semua huruf bahasa dunia), boleh mengetik manual dengan tool ini. Cukup masukkan huruf, kata, kalimat, atau bahkan se-artikel, lalu klik convert. Setelah itu paste-kan ke situs anda. Maka huruf Mandarin anda akan muncul.
8. HTML To Chinese Unicode : Ini kebalikan dari tool H-7 diatas. Fungsinya membaca kode HTML agar diubah menjadi karakter Hanzi.
9. Pinyin To HTML : Cara kerjanya mirip tool H-7, namun masukkan bentuk penulisan pinyinnya, bukan karakter hanzinya. Silahkan lihat contoh pada deskripsi penggunaan.
10. Pinyin Virtual Keyboard : Hanya mengubah bentuk penulisan pinyin. Misalnya : zhong1guo2 menjadi zhōngguó.
11. Online IME (Write Chinese) : Ini favorit mimin! Cukup mengetik pinyin, maka akan keluar semua huruf hanzi yang mirip di sisi kanan nya. IME =  input Method Editor. Berikut mimin jelaskan penggunaan lebih detailnya :
• Ketiklah pinyin di kotak kiri. Terserah seberapa panjang, namun segera koreksi apabila huruf tidak tepat. Huruf akan segera muncul pada kotak menu utama.
• Kotak di sebelah kanan akan menampilkan beberapa karakter hanzi yang berbeda; yang cocok dengan model penulisan pinyin anda.
•. Jika pinyin yang anda maksud berbeda, maka pilih karakter dengan mengetik nomor yang sesuai setelah huruf terakhir pinyin diketik. Misalnya Ni Men Hao3 (tidak bekerja dengan keypad numerik, jangan pakai tombol ‘Shift’).
• Jika karakter anda tidak muncul dalam daftar pilihan pertama di sisi kanan, anda dapat melihat list yang berikutnya dengan menekan tombol ‘Page Down’.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...