Inilah 4 Goa Kuno Yang Terkenal di Tiongkok

Gua grotto di Tiongkok adalah bentuk arsitektur Buddha yang berasal dari India. Pada masa lalu, umat Budha membangun gua grotto pada pegunungan terpencil untuk kegiatan peribadatan agama, sehingga dapat diartikan, gua grotto dibangun pada masa itu untuk pelayanan bagi sang Budha.

Gua grotto di Tiongkok pada awalnya dibangun meniru yang sebelumnya ada di India pasca penyebaran agama Budha. Kebanyakan gua grotto dibangun di seputar area Sungai Kuning di Tiongkok utara.

China Highlight telah merangkum empat kompleks gua grotto paling prestisius dan dikenal di Tiongkok. Selain terdapat pula beberapa gua grotto unik yang layak untuk dikunjungi, termasuk di dalamnya adalah Gua Grotto Dazu yang terletak di sekitar Chongqing dan Gua Grotto Bingling di sekitar Lanzhou.

1. Yungang Grottoes

Yungang Grottoes, Shanxi, China

Usia : sekitar 1.500 tahun
Lokasi : kota Datong, Propinsi Shanxi, Tiongkok utara
Fitur : Situs Warisan Dunia dan terbesar dibandingkan tiga yang lain

Kompleks gua grotto Yungang dengan 252 gua dan 51.000 ribu patung Budha nya, merupakan buah karya seni klasik peninggalan Budha di Tiongkok dari abad ke 5 dan 6. Seluruh bagian gua grotto ini dipenuhi dengan ukiran halus nan megah.

Gua grotto ini membentang seluas sekitar 1 kilometer (0,6 mil) dari timur ke barat. Patung-patung disana sangat berharga dan tampak begitu hidup, menjadi wakil bagi perkembangan seni, arsitektur, dan juga agama dimasa itu.

2. Mogao Grottoes

Mogao Grottoes, Gansu, China

Usia : sekitar 1.600 tahun
Lokasi : kota Dunhuang, Propinsi Gansu, baratlaut Tiongkok
Fitur : Situs Warisan Dunia yang paling terawat dibanding tiga yang lain dihiasi lukisan dinding berwarna-warni dan patung-patung.

Loading...

Gua grotto Mogao yang juga dikenal dengan ‘Gua Seribu Budha’, mendapat sanjungan dengan istilah ‘mutiara berkilau penghias Jalur Sutera’.

Gua grotto Mogao memiliki pahatan dari tebing batu pasir dari Gunung Pasir Bernyanyi selama 10 abad. Pahatan pertama dibuat pada tahun 366 Masehi. Lukisan-lukisan mural disana disertai lebih dari 2.000 patung berwarna dianggap sebagai harta terbesar bagi seni Budha di dunia.

3. Longmen Grottoes

Longmen Grottoes, Henan, China

Usia : sekitar 1.500 tahun
Lokasi : kota Luoyang, Propinsi Henan, Tiongkok tengah
Fitur : Situs Warisan Dunia dengan jumlah patung terbanyak diantara ke-4 nya dan memiliki kolekasi kaligrafi Tiongkok

Gua grotto Longmen menempati lokasi yang elokdi, dimana dua buah gunung yaitu gunung Xiang dan gunung Longmen berhadapan sementara itu sungai Yi mengalir diantaranya.

Gua grotto menjulur pada 1 kilometer di lereng bukit sepanjang sungai Yihe dengan relung-relung menyerupai puluhan sarang lebah menghiasi daerah tersebut. Terdapat sekitar 2.100 gua dan ceruk, lebih dari 40 guci krematorium, 3.600 tablet batu bertulis, dan lebih dari 100.000 patung dan lukisan sang Budha.

4. Maijishan Grottoes

Maijishan Grottoes, Gansu, China

Usia : sekitar 1.600 tahun
Lokasi : kota Tianshui, Propinsi Gansu, baratlaut Tiongkok
Fitur : sebuah kompleks gua grotto dibawah perlindungan negara. Pegunungan yang menaunginya mirip dengan pegunungan pelangi Danxia Landform.

Gua grotto Maijishan memiliki tinggi 150 meter dan dinamai sesuai dengan bentuknya –serupa dengan tumpukan gandum. Proses penggalian dan pengukiran batu disini terjadi selama lebih dari seribu tahun.

Terdapat 194 buah gua di kompleks gua grotto ini yang masih lestari hingga kini, 7.000 patung tanah liat dan patung batu ukir yang dibuat di beberapa dinasti kuno. Gaya artistik pada gua grotto disini menunjukkan pengaruh budaya Asia Tengah.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...