Inilah Pesan Bos Alibaba, Jack Ma Untuk Anak2 Muda Berusia 20-an Tahun

Jack Ma (hanzi : 马云; pinyin : Mǎ Yún) lahir pada 10 September 1964 di Hangzhou, Tiongkok. Ia pernah hidup pahit di masa Revolusi Kebudayaan di Tiongkok dan mengalami berbagai macam kegagalan. Kini, Lelaki itu bangkit, membangun perusahaan Alibaba group, dan menjadi orang terkaya kedua di negerinya.

Berikut pesan Jack Ma untuk anak-anak muda berusia 20-an tahun :

Jadi jangan khawatir. Kesalahan apapun adalah hasil yang luar biasa untuk Anda. Jadi saya beritahukan kepada diri saya sendiri dan kepada para anak-anak muda :

Sebelum 20 tahun : Jadilah pelajar yang baik. Saat menjadi pengusaha, belajarlah pengalaman sedikit demi sedikit.

Sebelum 30 tahun : Ikut dengan seseorang. Bergabung dengan perusahaan kecil. Biasanya bergabung dengan sebuah perusahaan besar, akan bagus untuk belajar prosesnya; karena Anda adalah bagian dari sebuah mesin yang besar.

Tapi ketika Anda bergabung dengan perusahaan kecil, Anda akan mempelajari gairahnya, impiannya. Anda akan belajar banyak hal. Jadi sebelum 30 tahun,  bukan soal perusahaan mana yang Anda ikuti, tetapi siapa Bos yang Anda ikuti.

Hal ini sangat penting, karena Bos yang baik akan mengajarkan banyak hal untuk Anda pelajari!

Loading...

Saat usia 30-40 tahun : Anda harus berpikir dengan jernih, apakah Anda ingin bekerja untuk diri Anda sendiri? Apabila Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha.

Saat Anda berusia 40 sampai 50 tahun : Anda harus mengerjakan sesuatu dimana Anda ahli di dalamnya. Jangan coba berpindah ke area yang baru. Ini sudah terlambat. Anda mungkin bisa berhasil, tetapi tingkat kemungkinan untuk gagal terlalu besar. Jadi, usia 40-50 tahun adalah berpikir tentang bagaimana Anda bisa fokus di bidang yang Anda kuasai.

Saat Anda berusia 50 sampai 60 tahun : Bekerja untuk orang muda lainnya. Karena mereka yang muda, dapat bekerja lebih baik dari Anda. Bergantunglah kepada mereka, investasi pada mereka, percaya pada mereka, pastikan mereka menjadi bagus.

Jadi, setelah Anda berusia diatas 60 tahun : Luangkan waktu untuk diri Anda sendiri. Di pantai, berjemur di bawah sinar matahari. Karena biasanya di usia ini sudah terlambat bagi kebanyakan orang untuk berubah.

Ini adalah pesan saya kepada mereka yang masih muda, usia 25 tahun, buatlah kesalahan sebanyak-banyaknya.

Jangan khawatir. Anda jatuh, Anda berdiri. Jatuh, berdiri lagi! Usia 25 tahun, nikmati masa-masa tersebut.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?