Klenteng Nan Sha Tian Hou Gong 南沙天后宮

Klenteng Nan Sha Tian Hou Gong (南沙天后宮) terletak di Provinsi Guangdong, kota Guangzhou, China. Klenteng ini dibangun pada zaman dinasti Ming yang di dedikasikan khusus untuk Dewi laut Tian Shang Sheng Mu (天上聖母) atau juga terkenal dengan sebutan Ma’Co (媽祖). Klenteng ini dihancurkan pada waktu tentara Jepang menyerang China pada tahun 1940. Setelah itu, klenteng ini dibangun kembali dengan donasi dari pengusaha asal Hongkong, Henry Fok.

Daerah Nansha yang terletak di dekat pantai, sehingga cocok untuk dijadikan klenteng untuk sang Dewi laut. Klenteng ini selain dijadikan tempat untuk bersembayang, juga dijadikan tempat wisata oleh para wisatawan yang datang melancong untuk menikmati pemandangan sekitarnya. Disini juga disediakan penginapan bagi para turis yang ingin menginap. Keindahan dan keagungan klenteng ini juga tidak kalah dengan klenteng Ma’Co yang ada di daerah Fujian, tepatnya di pulau Meizhou dekat putian.

Loading...


Lihat Peta Lebih Besar

Bagaimana caranya untuk bisa pergi kesana?

Dengan menggunakan subway line nomor 8 menuju terminal Wan Sheng Wei (万勝围). Setibanya di terminal tersebut, dapat bertukar line 4 menuju terminal Huangge Motor Station (黄阁汽车城). Setelah turun dari terminal tersebut pengunjung harus melanjutkan perjalanan menggunakan bus nomor 360. Untuk pengunjung dikenakan harga tiket masuk sebesar 10RMB (sekitar Rp.16.500). Di dalam tersedia semacam mobil golf untuk pergi ke point tertentu yang ada didalam klenteng. Bagi pengunjung yang berminat, dapat membayar 5RMB (sekitar Rp.8.250) per orang untuk naik mobil tersebut.

Penulis : Kisko Poluan
(Mahasiswa Jinan University)

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...