Mencicip Dinginnya Harbin

Harbin adalah kota di bagian utara China yang beberapa tahun belakangan ini mulai menjadi salah satu icon wisata China dengan julukannya sebagai Kota Es. Dijuluki demikian karena hampir sepanjang tahun kota ini memiliki musim dingin, hanya sekitar dua bulan saja mereka mengalami musim panas. Jadi bisa dibayangkan bila musim dingin tiba, maka kota ini akan ditutupi oleh salju dan es karena suhunya bisa mencapai minus 40 derajat pada puncak dinginnya. Pastinya sangat dingin.

Oleh karena itu, bila ingin ke sini kita harus mempersiapkan perlengkapan untuk musim dingin semaksimal mungkin supaya tidak beku kedinginan. Yang wajib dibawa adalah jaket musim dingin (jaket tebal), sarung tangan, syal, kaos kaki dan sepatu yang bisa menahan dingin. Biasanya sepatu jenis boots. Tapi jangan khawatir, bila kita tidak sempat membawanya dari rumah, biasanya agen tour akan membawa kita ke tempat yang berjualan perlengkapan musim dingin di hari pertama tiba di Harbin.

Loading...

Tempat menarik yang bisa kita temui disini antara lain adalah St.Sophia Cathedral, yang merupakan gereja ortodox timur yang terbesar di Asia tenggara dengan ciri khasnya kubah berwarna hijau bergaya arsitektur Rusia.

IMG_6873

Lalu yang juga terkenal karena keindahannya adalah Harbin International Ice Snow Festival yang diadakan setiap tahun. Tempat ini merupakan pameran seni pahat es terbesar di dunia. Pahatan es berbagai bentuk yang dipadu dengan lampu warna-warni benar-benar memukau mata yang melihatnya.

SONY DSC

Di Songhua River, semua air membeku dan membentuk lapisan salju tebal, sehingga kita bisa berjalan ke tengah sungainya.

IMG_6961

IMG_6960

Dan setiap tahun diadakan Winter Swimming Show yang sungguh unik. Mereka melakukan atraksi dalam keadaan hanya bercelana renang.

SONY DSC

Heran juga kenapa mereka tidak kedinginan. Sementara kita para pengunjung berpakaian sampai berlapis-lapis, mereka nekad melakukan lomba renang.

SONY DSC

Kita juga bisa mengunjungi Siberian Tiger Park, tempat suaka para harimau Siberia.
IMG_6997

Harimau ini bisa kita lihat di area taman maupun di dalam kandangnya.

Loading...

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dan di Sun Island Park setiap tahun diselenggarakan Harbin International Snow Sculpture Art Expo dimana para pemahat es memamerkan karya-karya pahatan es dengan berbagai bentuk seni.

Gambar dari www.itourbeijing.com

Sedikit tips bila ada yang ingin berkunjung ke kota Harbin, sediakan baterai cadangan untuk semua gadget anda karena disini cuaca dingin membuat baterai gadget cepat sekali drop. Selamat berwisata!

Loading...

The following two tabs change content below.
Mommy 2 anak yang tidak mau menjadi emak-emak biasa

Latest posts by Yance Chendana (see all)

6 Responses to Mencicip Dinginnya Harbin

  1. Sewa Rumah Jakarta says:

    butuh brp hari wisata di harbin ?

  2. lusi says:

    Waktu terbaik untuk mengunjungi harbin *yg ga panas and juga ga tlalu dingin bulan sept akhir sampai oktober* karena pas itu adalah musim gugur

  3. Steven L says:

    Kalo suhunya sampe minus 40 derajat, wisatawan pendatang masih bisa tahan berapa lama tuh? Di hotel/penginapan-nya ada pemanas ruangan nya tidak?

    Saya berencana juga ke sana, tapi lihat kondisi fisik, takutnya nge-drop dengan suhu ekstrim, karena bukan masyarakat setempat yang kulitnya sudah pada baal kali.

    • Yance says:

      Di hotel ada pemanasnya kok….dan memang dilema antara suhu ekstrim dengan pesona wisata yang ditawarkan kota ini, karena festival es itu diadakan di musim dingin pada bulan Januari tiap tahunnya. Sebenarnya pada awalnya memang agak kaget dengan suhu yang dingin, tapi dengan jaket tebal dan perlengkapan musim dingin lainnya seperti sarung tangan, syal dll, maka suhu badan kita lama2 bisa juga menyesuaikan juga kok, asal jangan berlama2 di tempat terbuka dan berangin saja.

      • Yansen Thjan says:

        Mau tanya, kira-kira kapan waktu yang paling bagus untuk mengunjungi kota harbin? Yang tidak terlalu dingin suhunya.

        Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...