Mengenal 5 Elemen Dalam Fengshui

Dalam ilmu Fengshui terdapat lima elemen/unsur (五行; wuhang, wu xing) yang mewakili kehidupan; yaitu unsur air (), unsur kayu (), unsur api (), unsur tanah (), dan unsur logam (). Bangsa Tiongkok percaya bahwa semua benda yang terdapat di alam semesta ini termasuk ke dalam salah satu dari 5 unsur ini.

Siklus 5 elemen unsur Fengshui, dimana saling menguatkan, melemahkan, dan menghancurkan.

Unsur-unsur kehidupan dalam Fengshui ini melambangkan 5 cara bagaimana energi Qi diwujudkan. Tahun kelahiran seseorang akan menentukan unsur mana yang paling penting terhadapnya. Misalnya jika kita kelahiran tahun 1989 (shio ular), artinya kita ber-unsur tanah.

Sebenarnya setiap orang memiliki 5 unsur kehidupan; akan tetapi ada unsur yang paling menonjol dari kelimanya. Itulah sebabnya, seorang ahli atrologi akan mampu untuk menyeimbangkan dan menafsirkan perbedaan bobot dari setiap unsur yang baik yang ada dalam horoskop yang kita miliki.

5 elemen/unsur ini saling berkaitan satu sama lain. Keterkaitannya dapat diilustrasikan seperti ini :

Mengenal 5 Elemen unsur dalam Fengshui (ilustrasi : sukawu.com)

Baca juga : Daftar Tahun Shio, Unsur Shio dan Sifat

Misalnya, elemen kayu yang terbakar akan memunculkan api. Setelah api padam, maka muncullah tanah. Dari tanah, kita akan mendapatkan berbagai logam (misalnya emas, besi, dsb), dan jika logam-logam tersebut mencair maka akan melambangkan air. Akhirnya, elemen air akan menghidupi berbagai tanaman dan menghasilkan kayu. Maka, terciptalah sebuah siklus energi yang senantiasa berputar.

Sebagai catatan, lima elemen/unsur Fengshui ini juga sering dijadikan patokan seorang ahli Fengshui untuk menentukan jenis usaha atau pekerjaan apa yang cocok untuk seseorang.

Loading...
Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.