Nin Jiom Pei Pa Koa (川貝枇杷膏), Obat Batuk Ibu dan Anak

Nin Jiom Pei Pa Koa (hanzi : 川貝枇杷膏; pinyin : chuān bèi pípá gāo) merupakan salah satu obat cina tradisional yang mujarab untuk menyembuhkan penyakit batuk (terutama batuk berdahak), melegakan tenggorokan, dan memulihkan suara hilang. Kandungan ramuan herbal di dalamnya sangat efektif untuk mengurangi dahak di tenggorokan.

Awalnya, obat batuk yang di Indonesia dikenal dengan sebutan “Obat Batuk Ibu dan Anak” ini ditemukan dari jaman Dinasti Qing; tepatnya oleh dokter Ip Tin-See (葉天士; Yètiānshì) pada tahun 1880.

Awal penemuan dari ramuan obat herbal ini, karena dokter Ip mendapatkan perintah dari jenderal (komandan daerah) Dinasti Qing, Yang Jin, yang ingin agar penyakit batuk ibunya segera sembuh.

Ramuan yang dibuat dokter Ip ternyata manjur, sehingga membuat Yang Jin terkesan dan terinspirasi untuk membuat sebuah pabrik obat untuk memproduksinya secara massal.

Pada tahun 1946, keluarga Yang menjual bisnisnya ke orang Hongkong, Tse Sui-Bong (謝兆邦; Xiè Zhàobāng), seorang praktisi pengobatan, yang kelak mendirikan perusahaan obat dengan merek Nin Jiom (京都念慈菴 – 川貝枇杷膏; Jīngdū niàn cí ān, chuānbèi pípá gāo).

Pabrik obat ini didirikan di wilayah Taiwan pada akhir tahun 1962. Setelah diproduksi dalam skala besar, obat batuk Nin Jiom Pei Pa Koa ini semakin terkenal, sehingga di ekspor ke wilayah asia tenggara, asia timur, eropa, australia dan amerika.

Sampai saat ini, obat ini masih cukup mudah dijumpai di toko-toko obat cina di Indonesia, atau di apotik-apotik modern. Nin Jiom Pei Pa Koa sendiri merupakan produksi dari Nin Jiom Medicine Manufactory Limited, Hongkong, dan distributor resminya di Indonesia dipegang/diimport oleh PT. Sindie Budi Sentosa.

Loading...

Pada tahun 2014, perusahaan melaporkan angka penjualannya yang telah mencapai US$ 45 juta. Ini bisa jadi bukti bahwa obat batuk ini sudah begitu dipercaya masyarakat, dan merupakan salah satu obat batuk terbaik di dunia.

Baca juga14 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 2)

Nin Jiom Pei Pa Koa (Hokkian), atau Chuan Bei Pipa Gao (Mandarin), obat batuk ibu dan anak.

A. Khasiat Nin Jiom Pei Pa Koa

1. Mengobati batuk kering, berdahak dan sakit tenggorokan.
2. Dapat membantu mengobati penyakit asma.
3. Mengobati suara serak atau suara hilang.

4. Membantu menjaga kesehatan tubuh, terutama untuk orang yang sibuk bekerja dan sering merasa kelelahan.
5. Menyehatkan paru-paru, sehingga organ pernapasan tersebut dapat menyerap oksigen lebih optimal. Dampaknya, darah kotor dalam tubuh akan berkurang.

Ramuan obat batuk Nin Jiom Pei Pa Koa ini terbuat dari bahan-bahan herbal, sehingga tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Selain itu, obat batuk ini juga aman diminum untuk ibu-ibu yang sedang hamil.

B. Dosis dan Aturan Pemakaian Nin Jiom Peo Pa Koa

Obat batuk Nin Jiom Pei Pa Koa ini tidak disarankan untuk anak-anak yang masih berusia di bawah 2 tahun. Minumlah obat ini 30 menit hingga 1 jam sebelum makan.

♦ Untuk anak-anak usia 3-6 tahun, minumlah 3 kali sehari, dengan dosis 1/3 sendok makan (5 ml).
♦ Untuk anak-anak usia 7- 12 tahun, minumlah 3 kali sehari dengan dosis 2/3 sendok makan (10 ml).
♦ Untuk orang dewasa, minumlah 3 kali sehari, dengan dosis 1 sendok makan (15 ml).

Nin Jiom Pei Pa Koa dapat diminum langsung, kemudian diikuti dengan meminum air hangat.

C. Kandungan Komposisi Nin Jiom Pei Pa Koa

Obat Batuk Ibu dan Anak ini mengandung bahan-bahan herbal yang sangat bersahabat dengan tubuh, sehingga pemakaian obat batuk ini tidak menimbulkan efek samping tertentu. Dalam 100 gram larutannya, terkandung zat2 herbal berikut :

• Mel (3870 mg)
• Bulbus fritillariae cirrhosae (852 mg)
• Radix glycyrrhizae (780 mg)
• Aqua armeniacae (213 mg)
• Exocarpium citi grandis (120 mg)

Loading...

• Radix polygalae (120 mg)
• Flos Farfarae (120 mg)
• Radix platycodonis (72 mg)
• Mentholum (35 mg)
• Folium eriobotyae (27 mg)

• Radix adenophorae (27 mg)
• Rhizoma zingiberis recens (27 mg)
• Rhizoma pinelliae preparatum (27 mg)
• Fructus schisandrae chinensis (5 mg)
Syrup Q.S (to 100 gr)

Kemasan Obat Batuk Ibu dan Anak (OBIDA) yang dijual di Indonesia

Nin Jiom Pei Pa Koa sendiri tersedia dalam beberapa kemasan, yakni kemasan botol yang berisi 75 m, 150 ml, dan 300 ml, berbentuk cairan/sirup. Kemasan luarnya berwarna merah, dan khusus yang diimpor ke Indonesia kemasannya akan tertulis “Obat Batuk Ibu dan Anak” di bagian depan kemasannya.

Ketika dibuka, ada sebuah botol berwarna gelap dengan tutup tersegel berwarna hitam.

D. Harga Obat Nin Jiom Pei Pa Koa, Obat Batuk Ibu dan Anak

Di pasaran, harga obat batuk ini bervariasi. Harganya memang lebih mahal dibanding obat batuk lokal, seperti K*mix atau S*nadryl, karena diimport 100% dari Hongkong (lokasi kantor pemasarannya berada). Untuk yang kemasan botol paling kecil (75 ml), harga jual berkisar antara Rp 24.000,- hingga Rp 28.000,-.

Sementara untuk kemasan botol sedang (150 ml), harganya ada pada kisaran Rp 40.000,- hingga Rp 55.000.

Selanjutnya, untuk kemasan ukuran botol yang paling besar (300 ml), harganya berkisar pada angka Rp 62.500,- hingga Rp 72.000,-.

Ketika sudah dibuka, usahakan untuk menyimpan obat ini di tempat yang tidak terkena panas/sinar matahari langsung untuk menjaga kualitasnya.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?
Loading...