Pa Kua (八卦)

Pa Kua (Hanzi : 八卦; pinyin : ba gua) adalah delapan diagram atau simbol yang merupakan dasar sistem kosmogoni dan falsafat kepercayaan Tiongkok kuno. Dari catatan sejarah, orang pertama yang menemukan Pa Kua adalah Kaisar Fu Xi (2953 -2838 Sebelum Masehi) yang karena pengamatannya secara cermat dan seksama terhadap segala perubahan alam dan bentuk-bentuk kehidupan termasuk setiap gerakan tubuh, menyimpulkan bahwa semua pergerakan/perubahan di alam semesta dengan segala isinya berubah mengikuti hukum kehidupan atau hukum Alam.

Di lihat dari asal katanya, “ba” berarti delapan, sedangkan “kua” adalah trigram (tiga garis). Setiap “kua” terdiri dari tiga baris merupakan simbol Yao (bagian) yang berbentuk baris-baris terputus maupun yang tidak terputus; yang menyimbolkan bentuk Yin dan Yang. Menurut kosmogoni Tiongkok kuno, untuk menggambarkan ke empat musim yang membentuk Yin dan Yang, digunakan garis utuh dan garis bersela. Kombinasi dari empat garis utuh dan garis bersela merupakan lambang dari langit, angin, air, gunung, bumi, guntur, api, dan tanah. Di bagian tengah dari sebuah Pa Kua terdapat bagan yang melambangkan asas Tai chi.

pat kwa

King Wen “Later Heaven” ba gua arrangement – en.wikipedia.org

Kombinasi pergerakan Pa Kua (Delapan Trigram), perpaduan Yin & Yang serta transformasi Wu Xing (Lima Elemen) merupakan komponen inti yang dipakai dan dikembangkan sedemikian rupa selama ribuan tahun inilah yang menjadi bagian dasar dari perhitungan Feng Shui. Beberapa contoh pengaplikasian dalam Feng Shui seperti untuk menentukan lokasi pemakaman dan lokasi tempat tinggal. Pada sebuah hunian rumah, menggantungkan sebuah papan pat kwa di depan pintu masuk dipercaya dapat menangkis hawa negatif dan roh jahat.

Catatan : Artikel tentang Pa Kua ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu kami dengan mengembangkannya.

Loading...

The following two tabs change content below.

5 Responses to Pa Kua (八卦)

  1. Pembelajar says:

    Dikit koreksi.. Kaisar Fuxi diperkirakan hidup pada periode lebih tua dari 5000 tahun Sebelum Masehi.. Dan dinobatkan sebagai salah satu dari 3 maharaja sekitar 2600-2800 (sebelum dinasti xia di Tiongkok)..

    Fuxi (Pīnyīn: Fúxī-Shì; Hanzi: 伏羲氏) (Wade-Giles: Fu Hsi) atau Paoxi (Pīnyīn: Páoxī; Hanzi Sederhana: 庖牺; Hanzi tradisional: 庖犧) dikenal juga dengan sebutan Taihao (Pīnyīn: Tàihào; Hanzi: 太昊) (8000 SM – 7500 SM), orang sekarang Tianshui (Pīnyīn: Tiānshuǐ; Hanzi: 天水) Provinsi Gansu adalah maharaja suku Huaxia, salah satu dari Tiga Maharaja.

    Fuxi mengajari orang membuat jala, menangkap ikan dan berternak, menciptakan Delapan Trigram atau Bagua dan sebagainya. Taihao Fuxi menetapkan ibu kota di Wanqiu, sekarang Daerah Huaiyang, Provinsi Henan.

  2. Teng Chauw / Yanto. says:

    Pak / Bu apa saya bisa bertanya tentang hong sui Rumah??
    Makasih.

  3. inget pa kua, inget film2 vampire hongkong tahun 80an dan 90an

  4. Albertus Leu says:

    oke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...