Pemberian Nama Tionghoa Menurut Fengshui Pada Anak

Ilmu Fengshui ternyata tidak dipakai hanya untuk rumah atau bangunan saja, tetapi bisa juga dipakai untuk membuat nama pada anak (sejak bayi). Tujuan pembuatan nama anak berdasarkan Fengshui dengan harapan agar anaknya kelak bisa menjadi orang yang kaya rezeki, jadi orang terkenal, jadi pejabat, jadi artis, dan sebagainya. Banyak teknik atau cara dalam pemberian nama Fengshui anak, diantaranya adalah :

1. Untuk nama karakter Hanzi juga ada hitungan unsur-nya. Misalnya kalau unsur lahirnya kekurangan/lemah di unsur Kayu, maka dicarikan nama yang berunsur Kayu agar bisa seimbang. Untuk nama karakter Hanzi juga harus lebih dari 30 coretan/goresan (tradisional).

Loading...

2. Tanggal lahir dan jam lahir anak dicarikan unsurnya. Kalau sudah ketemu, misalnya unsurnya adalah udara, maka bisa pakai nama ‘Bayu’; nama ‘Bayu’ berarti angin. Kalau angin berarti unsurnya udara, atau dicarikan unsur lain yang berkaitan terhadap udara.

3. Pemberian nama berdasarkan silsilah keluarga. Tapi dizaman modern sekarang, rasanya sudah sangat jarangan yang memakai nama dari silsilah keluarga yang seperti ini. Yang penting arti namanya bagus saja. Contohnya seperti ini :

– Misalnya nama kung-Kung saya Tjong Nyi Chai (dalam bahasa hakka/khek)
– Terus nama papa saya Tjong Ik Sin (juga dalam bahasa khek)
– Terus nama saya Tjong Se Wie (juga dalam bahasa khek)
– Lalu sudara kandung papa saya yang laki pakainya Tjong Ik … (siapa gitu)
– Lalu saya dan adik laki-laki pakainya Tjong Se Wie terus Tjong Se Yung (misalnya)
– Setelah itu, nama anak laki-laki saya pakai kembar 2 huruf, misalnya Tjong Jing … (siapa gitu)
– Silsilah nama itu sudah disusun dari nenek moyang. (‘Ik’ dan ‘Se’ nya konon sudah diatur dari nenek moyang)

Nama berdasarkan silsilah ini biasanya berasal dari kata-kata syair. Seperti pada contoh diatas, nama-nama ‘Tjong Nyi Chai’, Tjong Ik Sin’, dan ‘Tjong Se Wie’ mungkin menggunakan syair yang bunyinya ‘Nyi Ik Se’. Jadi jika sudah sampai di akhir syair (‘Se’), maka akan kembali ke kata yang pertama (‘Nyi). Nama silsilah ini biasanya sudah di atur sampai ke generasi terbawah (cucu/cicit) oleh nenek moyang. Oleh karena orang-orang Tionghoa masuk ke Indonesia kebanyakan sekitar pada abad ke 16-19, generasi saat ini bisa dibilang “lost generation” akibat gerakan anti China pada tahun 1965 dan diskriminasi terhadap kaum Tionghoa pada 1998.

Sebetulnya urutan silsilah keluarga ini hampir hilang, karena terkena tekanan akibat kejadian diatas, banyak orang Tionghoa yang akhirnya “membuang” nama Tionghoanya. Jadi bersyukur bagi keturunan Tionghoa yang saat ini masih sempat masuk di urutan silsilah generasi keluarga. Meski sekarang penggunaan nama Tionghoa mulai berkurang di masyarakat, tetapi setidaknya tetap dipakai di lingkungan keluarga. Karena biar bagaimanapun itulah darah yang mengalir di tubuh kita.

Beruntung setelah era Gusdur, banyak perkumpulan-perkumpulan marga Tionghoa (berbentuk paguyuban sosial atau yayasan) yang berdiri. Contohnya seperti perkumpulan suku, seperti suku Hakka (Khek), Hokkian, Kanton, Tiochiu, dan sebagainya, atau perkumpulan marga, seperti marga Lim/Lin (Hanzi 林), Tio/Zhang (Hanzi 張), Ong/Wang (HanZi 王), Tan/Chen (Hanzi 陳), dan sebagainya. Jadi untuk generasi Tionghoa sekarang yang ingin memberi nama pada anak/cucu, bisa mendapatkan informasi langsung dari tanah leluhurnya, yaitu dari desa/kampung asal leluhur, karena biasanya mereka punya data-datanya. Tentunya hal ini dibantu oleh perkumpulan-perkumpulan Tionghoa yang sudah ada di Indonesia juga.

Sebenarnya ini peluang bagus untuk bisnis pemberian nama Chinese/Tionghoa bayi, karena sekarang orang Tionghoa di Indonesia kebanyakan masuk kategori ‘lost generation’, jadi kebanyakan sudah tidak mengerti/paham bahasa Mandarin secara mendalam. Ya, meski sejak awal tahun 2000-an sudah mulai dibuka kran-kran informasi Tionghoa, seperti sekolah/fakultas yang menyediakan pembelajaran bahasa Mandarin, atau bersekolah ke luar negeri (China), tetapi butuh waktu setidaknya 20 tahun untuk berkembang buat para generasi muda Tionghoa ini.

Catatan :

1. Artikel ini masih perlu direvisi. Banyak informasi yang masih kurang jelas serta simpang siurnya data. Penulis hanya menyampaikan berdasarkan apa yang penulis ketahui untuk saat ini. Apabila ada pembaca yang tertarik untuk merevisi atau menambahkan, maka dipersilahkan untuk mengontak admin lewat form komentar dibawah.
2. Sumber dari hasil share/diskusi antara Zhang, Chandra Widjaya, Iwan Binanto dan Herman Tan di Milis Kedai Teh pada Februari 2012.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

56 Responses to Pemberian Nama Tionghoa Menurut Fengshui Pada Anak

  1. Melda silvany Tan says:

    Hallo saya mau tanya nama saya melda silvany tan
    Marga papa saya Tan mama saya chen
    Nama saya mandarin saya Tan chang Le apakah sudah bagus koh ???

  2. Theresia says:

    Sore pak. Teman saya minta dibuatkan nama Chinese. Tp saya bingung gimana buatnya. Namanya Nita, marganya 吴 ingin punya nama chinese yang artinya hati yang mulia. Tolong dibantu pak. Terima kasih

  3. Tjong Hien Fuk says:

    Saya mau beri nama Tionghoa untuk anak laki saya berdasarkan silsilah keluarga dia lahir tgl 11 Feb 2016
    Nama bapak saya Tjong Khie Nen
    Nama saya Tjong Hien Fuk
    sebaiknya nama tionghoa nya seperti apa ya ?
    apakah sudah bagus klo namanya tjong lie wei
    Terima kasih

  4. lina destia says:

    hallo.
    Saya mau nanya bahasa mandarin untuk nama phui cin itu apa ya?

  5. Nidhyun says:

    saya generasi ketiga, kakek buyut saya orang tionghoa. tapi karena nenek buyut saya muslim, dan karena kakek buyut saya kembali ke tempat asalnya (dan hanya membawa anak pertamanya), saya tidak tahu asal usul kakek buyut saya. kakek saya pun mengganti namanya dengan nama sunda, dan kakek saya juga tidak memperkenalkan tentang keluarganya. padahal, sayang sering penasaran. saya juga tertarik dengan budaya tiongkok. tapi belajar sendiri itu susah.

  6. ZonaZon.Com says:

    Ane masih awam tentang adat istiadat tionghoa gan,,,musti belajar dulu nih 😀

  7. Billy Kalandra says:

    Nama saya Billy Kalandra Dewantoro
    Saya anak ke 3 dari 3 bersaudara
    Marga papah saya liem dan marga mamah saya tan
    saya lahir tahun 1997
    Bisa minta tolong dibuatkan nama tionghoa ?
    terima kasih

    • Herman Tan says:

      Halo Billy,
      Nama menyangkut masalah pribadi. Sebaiknya tanyakan ke orang tua anda untuk persetujuannya. Nama tidak bisa seenaknya diganti dan diubah apabila tidak suka. Itu akan melekat selamanya hingga akhir hayat anda.

      Demikian info & salam hangat

      • Tanzil says:

        Saya ingin memberi nama cucu laki laki saya,yang lahir pada 17 Agustus 2015 jam 08.15 pagi,nama apa sebaiknya bisa diberikan pada cucu saya tsb?saya dari marga Tan.terima kasih atas sarannya.Salam.

    • natalie says:

      nama bayi perempuan yang artinya pintar dan bijaksana yang cocok apa ya?

  8. Dedi says:

    Dedi Oktaviano 邱俊雄
    Apakah marga khek saya dalam hanzi dan dalam tatanan marga siapa sisilah dr marga Hiu/qiu

  9. indah says:

    salam kenal semuanya…
    saya indah / kam mey shiang, sy py 2 anak perempuan, pgn kasih nama chinese, kira” gmn / ke siapa ya?
    tolong email ke saya ya
    Makasih info nya ya

  10. Hendry Jap says:

    Salam kenal,
    Nama saya Hendry nama tionghoa saya Jap Thien Sun ( 葉天順).
    Saya mempunyai anak yang baru berumur 3 bulan,sekarang ini saya bingung ingin memberi nama tionghoa untuk anak saya (perempuan).
    Apakah bisa dibantu nama tionhoa yang baik untuk anak saya?
    Sempat terpikir ingin memberi nama Jap Kim San (葉金山)atau Jap Kim Sim (葉金心), apakah boleh/tepat?

    Terima kasih atas tanggapan dan masukkannya..

    • Herman Tan says:

      Halo Hendry Jap,
      Pertama-tama selamat atas kelahiran putri dari Hendry. Untuk pemilihan nama Tionghoa sepenuhnya diserahkan kepada kesepakatan anda dan istri.
      Pada dasarnya kedua nama diatas sama baiknya, baik Ye Jinshan* (葉金山) maupun Ye Jinxin* (葉金心); namun karakter gunung “山” cenderung lebih cocok digunakan kepada anak laki-laki sebagai perlambang KETEGUHAN; anak perempuan anda lebih cocok jika menggunakan karakter Xin “心” yang secara harafiah berarti “hati emas”, secara makna berarti punya HATI YANG BAIK/MULIA.

      *Sebagai catatan, penulisan pinyin didadarkan pada pelafalan Mandarin/huayu, karena secara pribadi saya kurang mengerti pelafalan Hokkian. Mohon dimaafkan.

      Demikian info & salam hangat untuk anda sekeluarga 🙂

    • dedi says:

      saya marga yap juga, yap sui han dari pekanbaru

  11. merry says:

    Mau tanya, opa saya namanya Tong Wong Seng (alm) kl untuk nama chinness saya apa ya ? Saya juga ingin memakaikan nama chinness untuk ank-ank saya tapi tdk begitu paham

  12. Lily says:

    salam kenal. saya ingin memberi nama untuk anak perempuan
    marga zhong. ingin memberi nama yang berarti “Bijaksana dan anggun”, penulisan yg tepat seperti apa dan pinyinnya…

    terimakasih

  13. Tjong Hien Fuk says:

    pak saya mau tanya,
    Nama bapak saya Tjong Khie Nen
    Nama saya Tjong Hien Fuk
    Saya mau beri nama Tionghoa untuk anak laki saya berdasarkan silsilah keluarga.
    Bisa tolong beritahu saya untuk nama tionghoa anak apa ya ?
    Terima kasih

  14. wun vincent says:

    salam makasih atas info ini.amat berguna bagi generasi yang uda hilang cari jati dirinya.semoga bisa lebih mendalam dan bisa didapat alamat orang yang bisa menjadi guide ke tanah leluhur.
    wun

  15. riska tanti says:

    Saya mau beri nama china untuk anak perempuan sy dia lahir tanggal 29 sept 2015 . Sebaiknya namanya seperti apa yah.. oh iya bapak saya china dan ibu saya makassar

    • Herman Tan says:

      Yang pasti harus ikut marga Tionghoa bapaknya.

    • Pengamat says:

      Anak perempuan/lelaki harus mengikuti nama marga dari ayah kandungnya sendiri. Apabila ternyata suami ibu adalah orang Non-Tionghoa maka otomatis nama Tionghoa tidak dapat diberikan.

      Memberi nama dengan mengarang-ngarang nama Tionghoa akan mudah diketahui kebenarannya lewat penelusuran silsilah keluarga.

      Timbul pertanyaan lainnya, apakah boleh menggunakan nama marga Tionghoa dari kakeknya pihak ibu ?

      Jawabannya adalah tidak boleh, karena akan dianggap ayahnya dari anak ybs merupakan kakeknya sendiri, atau dengan kata lain, anak perempuan tsb yang seharusnya dianggap cucu malah dianggap sebagai anak kandung dari hasil perkawinan kakek dengan anak kandungnya sendiri, artinya ibu dianggap telah mengawini ayah kandung sendiri(kawin sedarah / pernikahan sedarah kandung incest).

      = Tan =

  16. chintya says:

    Malam pa mau tanya,
    Nama papah saya tjo ie sien, saya mau minta tolong di carikan nama tionghoa saya, saya lahir 31 januari 1995 jam 00.00 shio saya babi emas
    Marga saya tjo
    Terimakasih

  17. Liza says:

    Pak,
    Salam Kenal.
    Apakah tau dimana Kita bisa berkonsultasi / diskusi ttg Nama Anak perempuan.
    Saya Yap Li Na, Suami marga nya Tjiam, kata ibu saya tidak Ada marga Tjiam dalam Bahasa Mandarin, Ibu saya menduga duga Tjiam itu dari Bahasa Hokkian yg bila di mandarin mungkinnnn menjadi Chan.
    Tapi ibu saya juga ga yakin karena ga ahli Dlm Bahasa mandarin.
    Nah, Sekrg kami mau mencarikan Nama mandarin utk anak perempuan kami.
    Pertama, kami mau minta kejelasan ttg marga Tjiam tsb
    Kedua, kami mau minta info dimana yg bisa konsultasi/diskusi ttg Nama Chinese utk anak kami.
    Mohon bantuan dan info nya
    Terima kasih

    • Pengamat says:

      Yang pertama kali harus ditelusuri adalah kebenaran dari nama marga Tionghoa suami ibu.

      Perlu ditelusuri silsilah dan riwayat hidup dari suami ibu, misalnya menanyakannya kepada keluarganya sendiri. Penelusuran silsilah atau riwayat hidup dan nama marga Tionghoa perlu dilakukan karena semakin banyak orang Non-Tionghoa yang mengaku-ngaku Tionghoa dan memakai nama Tionghoa sendiri yang dicarinya di internet.

      Jangan sampai anak perempuan ibu yang seharusnya bermarga Parulian atau Siagian mengikuti nama marga Bapaknya yang orang Batak tiba-tiba kemudian langsung diubah sepihak menjadi nama Tionghoa. Pemberian nama Tionghoa asal-asalan akan membuat masalah dikemudian hari karena akan dianggap sebagai penipuan identitas dan asal-usul.

      Penelusuran silsilah nama marga Tionghoa suami ibu dapat melalui perkumpulan marga ybs. Cobalah bertanya ke Kelenteng untuk mengetahui alamat perkumpulan marga atau rumah abu untuk marga ybs.

      Pemberian nama Tionghoa dan nama tengah urutan silsilah untuk anak seharusnya diberikan berdasarkan konsultasi dari pihak keluarga suami dengan keluarga ibu sendiri, dan bukannya malah bertanya-tanya kepada orang asing lain di pinggir jalan yang tidak jelas asal-usulnya.

      = Tan =

  18. hendry says:

    Kalo nma hie liang sing bgs gak tuh ap artinya hbs aku gak tau artinya ap

  19. Rafva says:

    pak saya mau tanya,saya ini lahir dari ayah indo-belanda dan ibu saya chinesse singapore,apa saya masih berhak memiliki nama tionghoa?soal nya saya pernah dengar dari kerabat saya saya juga sebenar nya memiliki nama tionghoa ,nama tionghoa saya TAN JI WEI,tapi apa masih berhak soal nya saya ada turunan chinesse dari ibu?

  20. Cynthia Gunawan says:

    Selamat pagi.. nama tionghoa saya yo in giok (kata kakek saya almarhum) tapi saya tidak bisa menulis tulisan mandarinnya seperti apa, bisa bantu saya?

  21. sinta says:

    Pak. Saya mau mencari nama mandarin utk bayi perempuan … bisa tolong dicarikan … bagaimana caranya konsultasi

    • Pengamat says:

      Maaf Bu Sinta, anda orang Pribumi atau Tionghoa ??

      Akhir-akhir ini, memang sudah mulai banyak orang Pribumi yang memakai nama Tionghoa untuk tujuan menipu dan menyesatkan.

      Mengganti nama anak menjadi Tionghoa tidak otomatis langsung menjadi orang Tionghoa !

      Ber-ganti nama tidak otomatis bisa berubah fisik menjadi orang Tionghoa !

      Nama Tionghoa menunjukkan asal-usul seseorang. Jadi agak ganjil apabila Pribumi ingin memiliki nama Tionghoa dan sampai ingin mengklaim sebagai keturunan orang Tionghoa.

      Biasanya nama-nama Tionghoa diberikan oleh orang-tuanya sendiri kepada anaknya. Agak aneh sekali apabila ada “Orang Tionghoa ?” sampai meminta-minta nama anaknya kepada orang lain.

      Biasanya pula orang-tua Tionghoa meminta petunjuk kepada orang-tuanya sendiri dari pihak suami (apabila masih hidup)atau dari pihak orang-tua istri.

      Bagi orang Tionghoa, pemberian nama anak sangat penting. Konsep nama-nama Tionghoa berbeda dengan nama-nama Pribumi yang terkesan asal-asalan, dan tidak beraturan.

      Agak lucu memang melihat nama-nama Pribumi, generasi sekarang namanya berbau Arab, kemudian generasi berikutnya berbau Jawa, lalu generasi berikutnya lagi berbau Barat, sekarang karena lagi nge-trend malah ingin ikutan berbau-bau Tionghoa.

      Hal yang sama juga sedang terjadi pada kelompok Orang-Orang Tionghoa Kristen yang asal-asalan dalam memberikan nama anak-anaknya mengikuti gaya Barat, bahkan sampai anak-anaknya sendiri tidak tahu nama-nama leluhurnya !

  22. andri says:

    Saya mau menanyakan nama putri kami yg ntr lg lahir dibulan pertengahan april 2015 yang cocok apa ya?klo nama indonesia nya jessica angeline saerang, marga saya ang or ong klo gak salah..,juga tolong arti nama Chinese apa? Terima Kasih

    • Herman Tan says:

      Marga “ANG” dengan :ONG” berbeda pak Andri.
      ONG (Hokkian) itu = WANG (Mandarin) = 王
      ANG (Hokkian) itu = HONG (Mandarin) = 洪

      Mohon di cek pinyin / karakter marga hanzi nya bagaimana. Hati2 salah mengakui leluhur.

  23. suhendra says:

    anak saya baru lahir pada tanggal 1 April 2015 jam 23.15 malam…saya mau petunjuk buat nama apa yg cocok buat anak saya…tq
    marga saya Tan

  24. Tjio Wie Po says:

    Pak Herman Yth. Bersama ini saya mohon informasi kepada Bapak atau semua yang dapat memberi pencerahan kepada saya.

    Nama Tionghua saya Tjio Wie Po, Papa saya Tjio Tjiang Kwa, Engkong saya Tjio Tjeng Tjun. saya generasi ke 4 di Indonesia. papa saya menamakan anak laki-laki saya Tjio Sie Ho.

    saya saat ini tidak tahu nama tengah (yang menunjukan generasi)yang akan saya berikan bila dikemudian hari anak saya punya anak laki-laki. tolong diberikan info bagi yang mengetahui.

    Info dari papa saya marga saya Tjio sama dengan Tjiang, tulisan Tjiang nya sama dengan Tjiang Kai Sek.

    Terima Kasih

  25. Riska says:

    maksudnya nama cina untuk suherman… marganya shu.

  26. Riska says:

    mau tanya kalo bahsa cina untuk suherman apa ya?

  27. Chin thiam says:

    jika tgl dan waktu lahir seorang anak sudah di ketahui, bagaimana cara melihat unsur anak tersebut. Trima kasih

  28. 水雞神算 says:

    Bagi yang ingin konsultasi nama, silahkan chat g.. mumpung ketemu situs yang hebat dari Pak Herman nih. izinkan g bantu melalui kemampuan g.. 🙂

  29. chandra jaya says:

    Mau nanya nama saya kong kwet hiung.anak saya lahir 21~04~2014,jam 17.00WIB,tolong buat nama anak saya dan arti nya tuk anak perempuan?
    Terimakasih.

  30. chin thiam says:

    Mau nanya ni. nama saya pui chin thiam dan menurut kata fengshui tdk mengandung air,, klo di ganti menjadi pui ming en tepat gk dan ad fengshui airnya gk? trima kasih…

    • Herman Tan says:

      Halo Chin thiam, soal nama fengshui saya tidak bisa kasih komentar. Salah-salah malah nasib anda malah makin buruk 🙂 . Silahkan konsultasikan ke yang mengerti nama fengshui untuk lebih jelasnya. Tapi untuk perubahan nama memang dimungkinkan kelak di kemudian hari.

    • Chin thiam says:

      mlm pak herman, tahun ini kambing unsur kayu ya, berarti anak yg lahir di tahun kambing ber unsur kayu ya? Terus bagusnya anak yg lahir di tahun kambing di beri nama yg ber unsur kayu bagus gk ?

      • Herman Tan says:

        Halo Chin Thiam

        Shio yang baru, baru mulai berlaku setelah 10 hari setelah tanggal 01 bulan 01 Imlek. Benar tahun ini tahun Kambing unsur Kayu. Untuk pemberian nama menurut fengshui silahkan menghubungi ahli nya untuk lebih detail.

        Demikian info

  31. herman says:

    saya mau tanya ni
    soal nama
    orangtua saya juga gtw soal tingkatan nama dalam tionghua nama china papa saya TAN SENG KOK sedangkan saya nama PING saya mau tny sesudh SENG t apa klw di berikan kenama saya? papa saya gtw. sekrng saya cuma pakai nama TAN PING kan nama china biasanya kan 3 suku kata tolong bantuannya

    • Herman Tan says:

      Halo Herman, nama kita sama nih 🙂

      Itu biasanya sudah ditentukan oleh kakek buyut/kakek/ayah, mau dinamakan apa nama tengahnya untuk generasi-generasi dibawahnya (biasanya sudah dibuat sampai 3-4 generasi dibawah). Kita sebagai orang luar tidak bisa kasih nama tengah itu, kalau nama umum bisa, tapi sayang cengkok nama tengahnya dihilangkan. Tapi memang kebanyakan sekarang warga keturunan sudah kehilangan nama tengahnya akibat orde baru selama > 30 tahun. Fungsi nama tengah itu (kalau tidak salah ya soalnya saya juga sudah tidak lagi pakai nama tengah) sebagai tanda posisi/pemeringkatan senioritas/urutan/ramking dalam keluarga dan sebagai penanda bahwa mereka memiliki hubungan saudara.

  32. septianalawrence says:

    Kalau lauw ngit wen 刘日文 artinya apa? Saya tidak tau artinya apa.. bisa dibalas melalui email 🙂

  33. vivi says:

    Nama anak saya Lin Ming Xian / 林明仙 , lahir 13 maret 2014 jam 14.55 wib, shio kelinci, gimana fengshui nya?. Xie-xie

    • Herman Tan says:

      Maaf sdri vivi, kami tidak menyediakan jasa konsultasi nama menurut fengshui.

      Terima kasih

    • Fabian Lin says:

      shio kelinci,wah ngai suka, ngai suka (kata mei.mei tmn ipin & upin) :)apapun feng.shui.nya, syukurin aj n ttp doakan agar jadi anak yg smart,baik hati n membanggakan apa n ama.nya.. 🙂

  34. Aditya says:

    Saya sangat menyukai budaya dari tiongkok, saya juga ingin mempunyai nama dalam bahasa tionghoa, apakah anda bisa memberikan saya sebuah nama
    Terima kasih

    • Herman Tan says:

      Anda boleh menggunakan chinesetools.eu/names/. Tapi nama dengan menggunakan karakter hanzi tidak hanya sebuah goresan dan penyebutan saja, tetapi ada sebuah makna dan harapan yang terkandung dibalik nama itu.

  35. Tehela says:

    Aq mendapatkan petunjuk agar anak laki-laki saya diberi nama HONG CHING WENG,tetapi saya tdk tau artinya, semoga dapat dijelaskan apa arti dari nama tersebut ?? mohon di kirim ke email saya. Thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...