Rayakan Hari Onde, Koko Cici Jakarta Adakan Kegiatan Sosial Bersama Orang Tua Lansia

Dalam rangka memperingati Hari Tangjie atau Hari Onde yang jatuh pada 21 Desember 2016 mendatang, Koko Cici Jakarta mengadakan kunjungan sosial ke Panti Jompo Sasana Tresna Werdha, Cibubur, Sabtu, 17 Desember 2016.

Dengan mengusung tema “Amouronde, Immeasurable Love”, Koko Cici Jakarta mengajak para penghuni panti jompo merayakan Hari Onde dengan membuat onde dan memakannya bersama serta membasuh kaki opa dan oma sebagai bentuk bakti terhadap orang tua.

Ketua Acara Koko Budi Cayadi menjelaskan,”Tema yang Koko Cici Jakarta usung kali ini adalah Amouronde. Amour berasal dari bahasa Perancis yang berarti cinta dan Onde yang identik dengan bulat dan lengket. Jadi diharapkan cinta dan kebersamaan kita terhadap orang tua, saudara, maupun teman dapat erat dan lengket layaknya onde.”

Koko Jakarta 2016 Koko Steven Leo menyampaikan,”Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukan rasa bakti kami terhadap orang tua dalam hal ini opa dan oma penghuni panti jompo, mengingat perayaan Hari Onde melambangkan kebersamaan dan ikatan di dalam keluarga. Saya berharap tindakan kecil dan sederhana ini dapat dikenang selalu oleh opa dan oma di sini.”

Acara dibuka dengan penjelasan mengenai sejarah perayaan Hari Onde. Opa dan oma juga akan diajak membuat onde bersama. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembagian onde dan makanbersama penghuni panti jompo.

Untuk menambah kemeriahan acara, Koko Cici Jakarta juga menampilkan berbagai atraksi yang menghibur, seperti sulap, tarian, dan nyanyian. Di akhir acara, Koko Cici Jakarta akan membasuh kaki opa dan oma sebagai bentuk bakti terhadap orang tua.

Loading...

Festival Onde adalah penanda siklus ke 22 Dongzhi, dimulai pada saat matahari berada pada posisi 270° dan berakhir pada posisi 285° yang biasanya jatuh pada tanggal 21 atau 22 Desember kalender masehi. Festival ini juga sering dirayakan dengan pesta lampion serta berkumpul bersama keluarga. Asal usul Hari Onde dapat ditelusuri kembali ke filsafat Tao ‘Ying dan Yang’ sebagai keseimbangan dan harmoni dalam alam semesta.

Hari Onde juga  menceritakan kisah seorang anak yang ingin berbakti kepada orang. Di Indonesia, hari Onde biasanya dirayakan dengan membuat kue onde dan memakannya bersama keluarga.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...