Resep Ayam Kungpao

Ayam Kung Pao (宮保雞丁; Gōngbǎo jī dīng) adalah masakan khas negeri tirai bambu yang dikenal luas seantero dunia, dibuat dari ayam potong, cabai, dan kacang-kacangan. Ayam Kungpao/Kungpo aslinya berasal dari daerah Sichuan, Tiongkok. Meskipun masakan ini dapat ditemukan di seluruh penjuru Tiongkok, namun terdapat variasi lokal dan barat yang biasanya kurang pedas daripada aslinya, sajian ala Sichuan.

A. Bahan dan Bumbu

Bahan utama : 400-500 gr ayam, 100 gr kacang

Bumbu : cabe merah kering, 5 potong daun bawang, 1 potong jahe, 5 potong bawang putih, 30 gr minyak goreng, 15 gr saus kacang broadbean, 5 gr anggur masak, 15 g pati (cooking starch), garam 2 gr, cuka beras 5 gr, kecap 10 gr, dan 5 gr gula.

Catatan : Jumlah bumbu bisa disesuaikan sesuai selera pribadi. Keluarkan cabe untuk membuat ayam Kung Pao yang tidak pedas.

B. Persiapan Awal

Loading...

1. Bersihkan dada ayam dan potong dadu.

2. Campur anggur masak, pati dan garam dalam panci, lalu rendam potongan2 ayam tadi ke dalam campuran selama setengah jam.

3. Rendam kacang dalam air panas selama 10 menit, lalu lepaskan kulit kacang.

4. Bersihkan cabe merah kering dan potong/cop menjadi potongan2 kecil. Bersihkan dan potong daun bawang. Bersihkan jahe dan bawang putih, setelah itu potong seukuran dadu.

5. Buat semangkuk saus tepung dengan campuran gula, kecap, cuka beras, dan anggur masak.

C. Cara Memasak Ayam Kungpao

1. Gunakan minyak dalam jumlah sedang untuk menggoreng kacang sampai berwarna kuning. Tiriskan dan taruh/sebar di atas piring untuk mendinginkan dan agar menjadi garing.

2. Gunakan api yang besar untuk memanaskan minyak dalam wajan, lalu tambahkan potongan dadu ayam, dan goreng sampai warnanya sedikit coklat. Tiriskan dan taruh ke piring.

Loading...

3. Biarkan sedikit minyak goreng sisa menggoreng ayam tadi di wajan, dan gunakan untuk menumis cabai kering selama 30 detik untuk melepaskan aroma bumbu pedas nya.

4. Kemudian tambahkan kembali  ayam goreng tadi, lalu tambahkan bawang putih dan jahe yang sudah dipotong dadu, serta saus kacang broadbean. Tumis sampai warna saus berubah menjadi merah.

5. Tambahkan saus tepung dan daun bawang cincang, lalu tambahkan kembali kacang goreng yang sudah didinginkan. Aduk/campur kembali selama 30 detik, lalu sajikan di piring.

D. Sejarah Ayam Kung Pao

Dikatakan bahwa sajian Ayam Kungpao diciptakan oleh Ding Baozhen (丁宝桢) yang hidup pada kurun waktu 1820-1886 M, seorang gubernur Provinsi Sichuan pada jaman Dinasti Qing. Beliau berasal dari Pingyuan, Provinsi Guizhou.

Ding Baozhen adalah gubernur yang baik, serta selama 10 tahun pelayanannya di wilayah Sichuan Ia memberikan kontribusi besar bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Jadi pemerintah Qing menganugerahkan kepadanya secara anumerta sebuah gelar resmi : “Gongbao” (宫保) atau “Penjaga Istana”, yang berarti seorang pejabat yang mengajari putra mahkota.

Menurut catatan legenda, Ding Baozhen sangat tertarik dalam hal memasak. Dia suka makan ayam dan kacang, serta menyukai rasa pedas. Ia lalu mulai menciptakan sebuah resep masakan yang terbuat dari ayam potong, cabe merah, dan kacang saat menjabat.

Ini awalnya resep keluarga Ding, tapi seiring berjalannya waktu, lama kelamaan resep ini menyebar menjadi hidangan yang terkenal ala khas Sichuan. Dari sinilah asal muasal mengapa makanan ini akhirnya dinamakan ayam Kung Pao (宮保雞丁; Gōngbǎo jī dīng), untuk memperingati kontribusinya yang besar dalam pemerintahan.

Loading...

The following two tabs change content below.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...