Resep Membuat Mie Chow Mien

Chow mien (炒麺; Chǎo miàn) mengacu pada mie goreng dengan saus rasa asin. Namanya berasal dari bahasa Taishan (semacam bahasa Kanton). Taishan adalah sebuah daerah di provinsi Guangdong Tiongkok. Ada banyak varian chow mien di seluruh dunia. Ini adalah salah satu masakan Tiongkok yang terkenal.

Berbagai jenis mie yang digunakan dalam membuat chow mien, yakni mie beras, mie halus, mie iris, mie filet, mie sutra, dan lain sebagainya. Berikut 3 resep varian dalam membuat mie chow mien :

1. Chow Mien Daging Sapi

Daging sapi chow mien adalah hidangan utama dengan bahan utama mie dan daging sapi. Sangat lezat dan bergizi.

A. Bahan dan Bumbu

Bahan utama: 200 gr daging sapi asin, satu bagian mie goreng, dan seikat daun bawang

Bumbu: minyak goreng 20 gr, garam, kecap 15 gr, jahe

Loading...

B. Cara Memasak  

Mie goreng Chow Mien

1. Potong mie goreng menjadi beberapa bagian.

2. Tambahkan minyak ke dalam wajan dan panaskan. Masukkan mie ke dalam wajan dan goreng sampai garing. Setelah itu tiriskan mie dari wajan lalu masukkan dalam mangkuk untuk digunakan kemudian.

3. Tambahkan sedikit minyak kembali dalam wajan, lalu tumis daging sapi sampai matang. Setelah itu tiriskan/buang minyaknya.

4. Tambahkan daun bawang dan irisan jahe ke wajan, lalu tambahkan sedikit anggur masak.

5.Campur sup danamylum sampai merata dengan saus tiram, lalu aduk ke dalam saus tepung.

6. Tuang sausnya secara merata pada mie, lalu sajikan.

Metode memasak untuk daging babi, daging kambing, dan daging ayam (chin mien) sama dengan daging sapi chow mien diatas. Satu-satunya perbedaan adalah jenis dagingnya.

2. Chow Mien Telur

A. Bahan dan Bumbu

Loading...

Mie 200 gr, telur 100 gr, sayuran 100 gr, daun bawang 10 gr, garam 3 gr, kecap 25 gr, minyak kacang 50 gr.

B. Cara Memasak

Chow mien telur

1. Pecahkan telur dan masukkan ke dalam mangkuk. Kocok telur dengan sumpit sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit garam halus dan sisihkan untuk digunakan nanti.

2. Cuci sayuran dan potong menjadi potongan-potongan kecil. Bersihkan daun bawang dan dadu dengan halus. Sisihkan mereka untuk digunakan nanti.

3. Selanjutnya masak mie sampai matang. Bilas dengan air dingin. Keluarkan dari wajan dan biarkan mereka mendingin dalam wadah/piring.

4. Selanjutnya tuang sebagian minyak kacang ke dalam wajan dan panaskan. Tambahkan campuran telur ke dalam wajan dan aduk telur menjadi telur dadar cacah. Keluarkan dari wajan dan taruh di wadah/piring lain saat selesai.

5. Selanjutnya panaskan lagi wajan dengan sisa minyak kacang. Kemudian tambahkan potongan daun bawang dan tumis sampai harum. Setelah itu campur semua potongan sayur, kecap dan garam ke dalam wajan, tumis sekalian.

6. Langkah terakhir, saring dan keluarkan mereka dari wajan, dan panaskan kembali kuah sisa hasil tumisan tadi, lalu masukkan mie ke dalam wajan dan aduk selama sekitar 3 menit sampai matang. Setelah itu tambahkan telur dan potongan sayuran tadi, lalu campurkan mereka secara merata, kemudian sajikan.

3. Chow Mien Seafood

A. Bahan dan Bumbu

Chow mien seafood

Bahan utama : Mie yang ditarik tangan (mie tarik; didihkan sampai matang), tiram segar (rendam dalam air es setelah direbus sampai matang, lalu tiriskan), udang segar (rebus udang sampai matang), kerang berleher pendek (short necked clams; ambil dagingnya setelah direbus matang), jamur, paprika, jahe, dan daun bawang.

Bumbu : 2 sendok makan saus lobster bawang putih dan saus tiram yang masing-masing berisi anggur, sup (kuah sisa yang digunakan untuk merebus kerang diatas), setengah semangkuk nasi, sedikit garam.

B. Cara Memasak

Panaskan wajan dengan 2 sendok minyak. Tambahkan paprika, jahe dan daun bawang. Tumis sampai harum. Masukkan tiram, udang, kerang, dan jamur ke dalam wajan. Tumis selama beberapa menit, lalu keluarkan dan taruh di piring.

Rebus setengah semangkuk sup dengan sedikit garam. Masukkan mie yang sudah matang ke dalam wajan dan tumis sampai supnya habis mengering. Tambahkan semua campuran seafood diatas ke dalam mie, campur sampai merata, lalu sajikan.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...