Resep Nasi Goreng Yangzhou

Nasi goreng Yangzhou (Hanzi : 扬州炒饭; Pinyin : Yángzhōu chǎofàn) atau bahasa inggrisnya disebut Yangzhou fried rice, juga disebut nasi goreng ala Yangzhou dengan telur. Ini adalah salah satu makanan spesial daerah Yangzhou, sebuah kota di propinsi Jiangsu, sebelah timur Tiongkok, yang populer dengan sejarahnya yang panjang.

Konon dikatakan bahwa resep nasi goreng Yangzhou ini berasal dari seorang Menteri bernama Yang Su (杨素) yang hidup pada jaman Dinasti Sui (581-618 M). Pada waktu itu beliau memiliki satu hidangan favorit, yakni Sui Jin Fan (nasi goreng dengan telur),  yang mana dibuat dari beragam bahan dan bumbu.

Menu nasi goreng ala Yangzhou (yang chow) ini juga sebenarnya merupakan sebuah menu pilihan yang bagus untuk dibuat dengan nasi sisa.

A. Bahan dan Bumbu nasi goreng Yangzhou

Bahan utama : 250 gr nasi matang (atau nasi sisa), 2 butir telur, 2 wortel, 4 jamur, 50 gr biji jagung, 1 timun, 1 paprika merah dan sosis 50 gr.

Bumbu : 1 sendok makan minyak salad, 4 gr garam (takaran bumbu bisa disesuaikan sesuai selera).

B. Persiapan Awal

1. Kocok telur dalam mangkuk. Kocok sampai benar-benar terampur dengan menggunakan kocokan kawat atau sumpit.

Loading...

2. Potong sosis menjadi ½ cm kubus. Chop/potong halus jamur, wortel, paprika merah, dan mentimun.

C. Instruksi memasak

1. Panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan. Tambahkan/tuangkan telur kocok dan goreng di atas api sedang. Setelah itu cacah/pecah menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu keluarkan campuran telur dari wajan dan letakkan di piring.

2. Tambahkan minyak goreng ke wajan. Tambahkan jamur, biji jagung, wortel, mentimun, paprika merah dan sosis, lalu tumis sebentar.

3. Tambahkan campuran telur dadar bersama nasi ke bahan-bahan yang sudah ada dalam wajan, lalu tumis secara merata. Tambahkan sedikit garam dan terus aduk sampai bahannya tercampur merata.

4. Sajikan nasi goreng Yangzhou di atas piring (bahan2 diatas untuk satu orang). Lebih jelasnya dapat pembaca lihat pada ilustrasi dibawah.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...