Salut! Dubes Amerika Sembahyang di Kelenteng Sambil Pegang Hio

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. terkesan dengan pementasan wayang potehi, wayang khas Tionghoa yang berasal dari Tiongkok, saat berkunjung ke Kelenteng Hong San Kiong di Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Ketua Kelenteng Hong San Kiong Toni Harsono mengatakan kedatangan rombongan Dubes Amerika ke kelenteng itu antara lain memang untuk melihat wayang potehi.

Menurut dia, Dubes Amerika senang melihat permainan dan pembuatan potehi. Ia bahkan naik panggung untuk melihat wayang potehi lebih dekat. “Dia memang ke sini. Tujuannya nonton potehi, sembahyang, dan bertemu dengan tokoh-tokoh Tionghoa,” ucapnya, Kamis, 2 Maret 2017.

Loading...

Toni berujar, sebagai pengurus kelenteng itu, ia sangat senang atas kedatangan rombongan Dubes Amerika. Sebelumnya, timnya pernah menggelar pentas wayang potehi di Kedutaan Besar Amerika. Namun saat itu Dubes Amerika tidak bisa hadir.

“Dubes ingin melihat kebudayaan wayang potehi di sini. Sebab, bulan lalu saat kami tampil di Kedutaan Besar Amerika, beliau tidak bisa hadir,” tuturnya.

Tampak pada foto, Duta Besar Amerika Serikat Joseph R Donovan Jr sedang bersembahyang di Klenteng Hong San Kiong Jombang

Menurut dia, kedatangan Dubes Amerika itu sekaligus sebagai ungkapan bahwa kelenteng bukan hanya untuk warga Tionghoa. Selama ini, terdapat kesan bahwa kelenteng tertutup, hanya untuk warga Tionghoa. Padahal siapa pun bisa masuk kelenteng.

Kami sangat senang dan bangga, sehingga orang luar juga tahu bahwa kelenteng ini tidak tertutup untuk umum. Duta Besar US saja mau datang ke kelenteng,” katanya.

Ia berharap kunjungan ini bisa menciptakan sikap saling menghargai antar negara. Ke depan, ia berharap budaya wayang potehi bisa terus menjadi salah satu kesenian yang dapat dinikmati siapa pun.

Kunjungan Dubes Joseph Donovan ini merupakan pertama kalinya di Jawa Timur. Dalam rombongan itu, sejumlah pejabat juga mendampingi, seperti Konsul Jenderal Amerika di Surabaya, Heather Variava, dan beberapa anggota staf Kedubes Amerika lainnya (sumber : jatim.antaranews.com; mediaindonesia.com).

Catatan : Benar-benar salut dengan bentuk toleransi bapak duta besar Amerika Serikat yang satu ini, yang sampai pegang Hio di dalam Kelenteng. Merupakan suatu bentuk toleransi yang luar biasa, ditengah hiruk pikuknya ‘perang SARA’ yang sedang terjadi di Negara Indonesia saat ini.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error:
Loading...