Sekilas Mengenai Marga Yang [楊]

Marga Yang (Hanzi Tradisional : ; pinyin : Yang) adalah adalah sebuah nama marga Tionghoa yang umum digunakan. Menurut catatan, Marga ‘Yang’ sendiri merupakan marga dengan jumlah pengguna terbanyak ke 6 di Tiongkok (belum termasuk dengan masyarakat perantauan dan keturunan yang menggunakan marga romanisasi di luar Tiongkok). Marga ‘Yang’ sendiri menduduki urutan nomor 16 dalam Buku Ratusan Marga Tionghoa Bai Jia Xing [百家姓].

Menurut sejarah, marga ini berasal dari Putra dari Kaisar Zhou Xuan Wang (kaisar Xuan dari dinasti Zhou) yang bernama Shang Fu [尚父] yang dianugrahi wilayah ‘Yang’ sehingga menjadi Adipati Negara ‘Yang’ pada masa pemerintahan Kaisar Zhou You Wang. Negara Adipati ‘Yang’ kemudian dimusnahkan oleh Negara Jin. Keturunannya kemudian menggunakan ‘Yang’ sebagai Marganya.

Loading...

Di Indonesia sendiri sejak G30S/PKI 1965 pemerintah mengeluarkan aturan yang mewajibkan pemilik marga tionghoa harus di romanisasi/di-Indonesiakan dengan alasan untuk pembangunan karakter dan nasionalisme bangsa. Karena mayoritas orang Tionghoa di Indonesia adalah pendatang dari Hokkian, maka nama-nama Tionghoa berdialek Hokkian lebih lazim daripada dialek-dialek lainnya. Marga ‘Yang’ sendiri di Indonesia umumnya telah berubah menjadi Yongki, Yoso, Yohan, Yuwana, Yudha, dan sebagainya.

Tokoh-tokoh Terkenal Marga Yang :

1. Yang Ye [杨] : Jenderal terkenal pada masa Dinasti Song, pemimpin keluarga Yang Jia Jiang [楊家將].
2. Yang Guifei [杨贵妃] : Salah satu dari 4 wanita cantik Tiongkok.
3. Yang Guo [杨过] : Tokoh fiksi utama dalam kisah Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali (神雕侠侣; Shen diao xia lu; Sin Tiauw Hiap Lu), karya Jin Yong yang sangat terkenal.
4. Yang Jian [杨堅] : Pendiri dan Kaisar Pertama Dinasti Sui.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...