Seorang Kakek Berusia 84 Tahun Diwisuda

Zhang Renpeng, kakek 84 tahun, baru saja lulus dari Institut Pendidikan Jasmani Wuhan (WIPE). Zhang yang telah duduk di bangku kuliah selama kurang dari 10 tahun belakangan ini berhasil lulus dari jurusan tenis. Dia menjadi wisudawan tertua yang diwisuda tahun ini.

Zhang merupakan seorang pensiunan kepala teknisi. Pada 2006, dia mulai mengambil kelas tenis di WIPE. Selama ini, Zhang memang suka berolahraga. Selain tenis, dia mengambil kelas foto jurnalistik serta bahasa Prancis dan Jepang. Perjalanan Zhang untuk lulus tidaklah mudah. Pada 2012, dia didiagnosis menderita kanker prostat. Namun, penyakit itu tidak menghentikan komitmennya untuk terus belajar.

Loading...

Berkat support dari para dosen dan kawan-kawannya, Zhang justru lebih bersemangat. Biasanya, sebelum kelas tenis dimulai, dia selalu melakukan pemanasan dengan mengayunkan raketnya beberapa menit. ’’Pemanasan itu penting. Karena sudah tua, saya harus berusaha lebih keras untuk melindungi diri saya sendiri agar tak terluka. Dengan begitu, saya tidak akan menimbulkan masalah bagi orang lain,’’ tegas Zhang.

Li Kaijie, salah seorang kawan Zhang yang lulus bersamaan, menyatakan, si kakek patut menjadi panutan. Zhang tinggal cukup jauh dari kampus, tepatnya di distrik Hanyang. Meski begitu, dia selalu datang paling awal daripada mahasiswa lainnya dan pulang paling akhir. Profesor tenis di WIPE Wang Kaijun juga ikut memujinya. Dia mengungkapkan, Zhang adalah mahasiswa yang selalu antusias untuk belajar.

Kini setelah lulus, Zhang bekerja sebagai asisten dosen di kelas tenis. Dia berencana tetap berolahraga selama masih mampu melakukannya. Ini merupakan sebuah inspirasi bagi kepada para muda-mudi untuk tetap terus bersemangat belajar dan jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan selagi masih muda; juga buat orang tua, harus tetap bersemangat karena umur bukanlah sebuah halangan utama untuk terus belajar hingga akhir.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...