Serba Serbi Festival Es dan Salju Internasional Harbin 2018; 5 Hal Wajib Diketahui Sebelum Berangkat

Festival karya seni mepahat es dari salju tahunan merupakan obyek wisata utama di Kota Harbin. Festival ini mulai diadakan sejak sekitar 20 tahun yang silam  dan telah menjadi festival musim dingin terbesar di dunia! Musim dingin yang membeku merupakan waktu yang tepat untuk perayaan ini.

Tanggal Perayaan : 01 Januari hingga 15 Februari
Lokasi Perayaan : Kota Harbin, Heilongjiang, Tiongkok

A. Fakta dan Hal Penting

Patung es berukuran besar di Harbin

  • Jumlah rataan pengunjung tahunan : 10 – 15 juta orang.
  • Merupakan festival karya seni pahat es terbesar di dunia! (seluas 600,000 meter persegi).
  • Salah satu festival patung salju terbesar di dunia.
  • Bangunan es tertinggi di dunia : karya seni pahat es tertinggi mencapai ketinggian sekitar 46 meter!
  • 10.000 pekerja seniman es memotong dan mengangkut bongkahan es.

Yang unik dari Festival Harbin adalah skala dan ukuran karya seni pahat yang sangat besar serta tata cahaya yang sangat indah; bahkan lebih besar daripada yang terdapat di Sapporo, Norwegia dan Quebec.

Awalnya partisipan utama berasal dari masyarakat Tiongkok, tetapi pada 1 dekade terakhir ini telah menjadi festival dan ajang kompetisi berskala internasional.

Seiring dengan meningkatnya partisipasi masyarakat internasional dalam perayaan ini dan pertumbuhan ekonomi Tiongkok, ukuran karya seni pahat salju dan pameran arsitektur es ini juga terus berkembang. Pekerjaan untuk mewujudkan / mensukseskan pameran ini benar-benar menakjubkan, baik ukuran dan keindahannya pun sangat mengagumkan.

Teknik pencahayaan karya seni pahat es raksasa di dunia es dan salju memanfaatkan teknologi yang canggih. Penggunaan komputer untuk mengontrol lampu-lampu LED , sehingga pencahayaan bisa menghasilkan efek tampilan warna yang hidup dan desain yang menakjubkan.

B. Kapan Festival Es Harbin 2017 Diadakan?

Secara umumnya festival ini mulai diadakan semenjak akhir bulan Desember hingga akhir bulan Februari. Tetapi tanggal pembukaan resminya mungkin berubah-ubah, dan tanggal penutupannya juga sebagian bergantung pada cuaca.

Loading...
  • Tanggal : akhir Desember 2017 hingga akhir Februari 2018

C. Lokasi & Harga Tiket Masuk Festival

Patung Salju di Sun Island Scenic Area

Ada 3 lokasi festival yang secara garis besar masing-masing memiliki harga tiket masuk dan ketentuan jam buka yang berbeda. Untuk Festival Lentera Es di Taman Zhaolin dan Dunia Es dan Salju, pameran dibuka pada malam hari. Sedangkan untuk patung es di Pulau Matahari (Sun Island) dibuka sejak siang hari.

Untuk informasi detail terkini mengenai barang bawaan apa saja  yang perlu dipersiapkan dan harga tiket masuk untuk ketiga lokasi tersebut, silahkan klik link di bawah ini :

  • Sun Island Scenic Area : hanya memamerkan karya seni pahat dari salju dan hanya dapat dikunjungi pada siang hari.
  • The Ice and Snow World : memamerkan karya seni pahat es dalam skala ukuran yang sangat besar, misalnya bangunan kastil istana, Tembok Raksasa, dll. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada malam hari, disaat semua lampu berwarna-warni mulai dinyalakan.
  • Zhaolin Park : Terdapat lebih dari 1.000 karya seni pahat yang dipamerkan di sini, misalnya lentera es yang diterangi pada bagian dalamnya, tokoh2 kartun, serta binatang yang disenangi oleh anak-anak. Inilah bentuk dunia es yang hampir semuanya memang ditujukan bagi anak-anak. Ada kegiatan menarik yang sangat dinikmati oleh anak-anak, yaitu seluncuran es.

D. Perjalanan Dari Beijing Menuju Lokasi Festival, Harbin

1. Pesawat

Terdapat banyak penerbangan dari Beijing menuju Harbin, mulai dari yang berangkat pagi dini hari hingga yang berangkat larut malam. Umumnya memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai lokasi Festival Es, meliputi penerbangan ke Bandara Internasional Taiping (2 jam) dan perjalanan menggunakan taksi lokal menuju lokasi (1 jam). Harga tiket penerbangan pulang pergi sekitar  2.000 yuan (sekitar 4 juta).

2. Kereta Api

Dibandingkan dengan pesawat, perjalanan menggunakan kereta api dapat menghemat banyak. Apalagi saat ini kereta api cepat Tiongkok sangatlah nyaman, meskipun melaju dengan kecepatan diatas 300 km/jam.

Terdapat 5 kereta api cepat (waktu perjalanan < 8 jam) dan 9 kereta api biasa (waktu perjalanan > 12 jam atau semalam) dari Beijing menuju Harbin. Harga kereta api cepat dari Beijing menuju Harbin, untuk kelas 1 seharga 420 yuan, sementara kelas 2 seharga 360 yuan (hanya sebagai referensi).

Untuk informasi terkini, lihat layanan tiket kereta Tiongkok yang resmi.

Selama festival berlangsung, permintaan akan kebutuhan tiket sangatlah tinggi. Oleh sebab itu kami mengingatkan pembaca, agar melakukan booking tiket jauh-jauh hari sebelumnya, terutama jika melakukan tur sendiri (sebagai info, tiket kereta api cepat mulai dijual 20 hari di muka).

Loading...

E. Tips Perlengkapan Perjalanan Tour

Tips Perlengkapan Perjalanan Tur Harbin

1. Perlengkapan pakaian di bawah titik beku : suhu musim dingin di Harbin berkisar antara -25°C hingga -10°C. Itupun jika tidak ada angin dingin yang bertiup! Oleh karena itu beberapa lapis pakaian dalam hangat, sarung tangan, syal, penutup telinga, topi, masker penutup wajah, pakaian kutub tebal dan sepatu bot adalah wajib hukumnya. Idealnya sepatu berjenis bot ski, jika Anda memilikinya.

2. Mengenakan kacamata hitam : atau akan lebih baik menggunakan kacamata salju untuk menghindari kebutaan karena silaunya pantulan cahaya dari salju.

3. Banyak Minum: Meski suhu membeku, cuaca sangatlah kering di Harbin (kelembaban rata-rata 2%).

4. Pencegahan Radang Dingin : Jika tangan atau kaki Anda mulai terasa membeku, lakukan beberapa gerakan senam untuk menghangatkan kembali suhu tubuh, atau masuklah ke dalam rumah / bangunan.

Tampak festival es di Harbin tahun 2016 lalu, yang dipadati pengunjung setiap malam

Jika tangan, kaki, telinga, hidung atau bagian tubuh lainnya mulai terasa baal karena dingin, jangan dipaparkan ke panas api atau dicuci dengan air panas secara langsung. Lebih baik masuklah ke dalam lingkup rumah / bangunan yang lebih hangat, gosok-gosokkan bagian tubuh yang mati rasa dengan cepat, agar sirkulasi darah secara perlahan kembali lancar.

5. Lindungi baterai kamera Anda : Suhu tertinggi rata-rata di Harbin selama bulan Januari “hanya” sekitar -13°. Suhu dingin melemahkan daya tahan baterai. Umumnya baterai kamera yang sudah diisi penuh bisa bertahan untuk memotret sekitar 50 foto (tanpa blitz).

Tetapi dalam kondisi suhu dingin seperti ini bisa memotret 25 foto saja sudah bagus. Jika Anda mengeluarkan baterai dan menghangatkannya sementara, Anda mungkin bisa memotret 10 foto lagi. Anda dapat terus mencoba berulang cara ini.

Direkomendasikan pula agar Anda menaruh kamera di balik jaket, pada saat sedang tidak digunakan. Jika Anda berencana mengambil banyak gambar, siapkan lebih banyak baterai cadangan dan jaga baterai agar tetap hangat.

6. Taksi: Di Harbin (dan juga seluruh Tiongkok), jika Anda menggunakan jasa taksi, selalu pastikan si pengemudi telah mengaktifkan argometer. Jika tidak, pada saat tiba di tujuan, Anda akan dibebankan tarif yang mereka tentukan sendiri!

Juga, selalu bawa uang kertas pecahan kecil, karena Anda mungkin akan mendapatkan uang kembalian berupa lembaran uang kertas palsu. Dari bandara atau stasiun kereta api, lebih baik menggunakan jasa taksi yang menunggu di baris antrian resmi, agar Anda terhindar dari masalah penipuan.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?