Serba-Serbi Kue Bulan : 5 Hal Seputar Simbol, Rasa, dan Variasi Lokal

Di jaman dahulu kue bulan merupakan salah satu persembahan yang disiapkan saat bersembahyang kepada Dewi Bulan. Sudah berabad-abad lamanya kue istimewa ini menjadi hidangan terpopuler saat Festival Musim Gugur. Kue bulan demikian dinamakan orang, setelah Dewi Bulan (Chang’e) konon disebut-sebut yang membuat kue ini.

Bahasa Mandarin : 月饼; yuèbǐng

A. Kue Bulan Berbentuk Bulat atau Persegi dan Manis

Kue bulan memiliki rasa (isi) yang bervariasi

Kue bulan memiliki ukuran yang khas, berdiameter sekitar 5 hingga 10 cm (2 hingga 4 inci) dengan ketebalan hingga lebih 5 cm (2 inci). Kue bulan memiliki kulit yang membungkus isi yang bertekstur padat dan memiliki rasa yang manis.

Kue bulan biasanya dimakan dalam potongan kecil saat perayaan dan dibagikan ke seluruh anggota keluarga. Umumnya dihidangkan bersama dengan teh tradisional Tiongkok. Walaupun jarang ditemui, kue bulan juga dapat disajikan dengan cara dikukus atau digoreng.

B. Kue Bulan Simbol Reuni Keluarga

Dalam budaya Tiongkok, bentuk bulat melambangkan kesempurnaan dan kebersamaan. Bulan purnama melambangkan kemakmuran dan berkumpulnya kembali seluruh keluarga. Kue bulan yang bulat melengkapi bulan purnama di langit saat malam Festival Musim Gugur.

Kue bulan bukan hanya sekedar hidangan semata, namun telah menjadi tradisi budaya yang berakar kuat di dalam hati setiap orang Tiongkok maupun perantauan etnis Tionghoa yang tersebar di seluruh penjuru dunia, sebagai lambang kehidupan spiritual.

Saat Festival Musim Gugur, masyarakat Tionghoa dapat memakan kue bulan bersama dengan keluarga atau menghadiahkannya kepada kerabat dekat dan sahabat, sebagai ungkapan rasa cinta dan harapan yang lebih baik.

Loading...

C. 10 Rasa Kue Bulan yang Paling Terkenal

Aneka macam rasa kue bulan. hhmm,, enakk. Yang mana kesukaan pembaca?

Isi kue bulan sangat bervariatif sesuai dengan tradisi masyarakat setempat. Yang paling umum digunakan adalah sebagai berikut :

Lima Macam Biji-bijian dan Babi Panggang, Kacang Merah, Biji Teratai, Kulit Salju, Buah-buahan dan Sayuran, Cokelat, Teh Hijau, Es Krim, Krim Keju, dan seafood.

Baca lebih lanjut pengantar detail mengenai 10 Rasa Kue Bulan Terpopuler

D. Keanekaragaman Kue Bulan di Tiongkok

Kue bulan di seluruh penjuru Tiongkok sangat bervariatif sesuai dengan adat dan selera masyarakat setempat yang berbeda-beda. Isi dari kue bulan bergantung pada tradisi dan budaya kuliner setempat. Varian paling populer meliputi :

Awalnya variasi/varian kue bulan di Tiongkok terbagi dalam 6 wilayah

1. Kue Bulan ala Kanton : Manis dengan Berbagai Isi

Kue bulan ala kanton

Kue bulan ala Kanton berasal dari Provinsi Guangdong, Tiongkok Tenggara. Bahan yang digunakan untuk mengisi kue bulan ada bermacam-macam. Yang paling sering diantaranya adalah biji teratai, biji melon, daging babi, ayam, ikan, bebek, babi panggang, jamur dan kuning telur. Kue bulan ala Kanton memiliki rasa yang manis.

2. Kue Bulan ala Beijing : Dihias secara Cermat

Inilah variasi yang khas dari Tiongkok Utara. Asal usulnya dari Beijing dan Tianjin. Berciri khusus tidak terlalu manis dan kulit kue dihias secara cermat. Proporsi perbandingan antara kue dengan isinya adalah 4:6.

3. Kue Bulan ala Suzhou : Berlapis Renyah dengan Tekstur yang Mudah Hancur

Kue bulan ala suzhou

Kue bulan Suzhou (disingkat dengan kue bulan Su) mewakili wilayah Delta Yangtze di sekitar Shanghai. Kue bulan Su sudah ada sejak lebih dari seribu tahun yang lalu. Dikenal di seluruh penjuru Tiongkok dengan tekstur kuenya yang mudah hancur serta kandungan gula dan lemak babi yang berlimpah. Rasanya manis sekaligus gurih.

Loading...

4. Kue Bulan ala Chaosan : Berukuran Lebih Besar dengan Isi Nabati

Chaosan merupakan bagian dari wilayah Guangdong, Tiongkok Tenggara, dimana etnis Tionghoa di Malaysia, Singapura dan Thailand banyak berasal. Kue Bulan Chaosan memiliki lapisan kulit yang berbeda. Berukuran lebih besar daripada kue bulan kebanyakan. Umumnya berisi kacang hijau, kacang hitam dan kentang.

5. Kue Bulan ala Yunnan : Berisi Ham dan Bunga

Dua jenis kue bulan Yunnan yang terkenal yaitu yang berisi daging ham dan bunga. Kue bulan ham sangat lezat dengan potongan daging babi sebesar dadu dicampur dengan madu manis. Rasanya manis sekaligus sedikit asin.

Di Yunnan bunga sangat populer digunakan sebagai pengisi kue. Mawar segar atau bunga lainnya yang dapat dimakan, dibungkus dengan kulit kue bulan.

6. Kue Bulan ala Hongkong : Berkulit Salju

Kue bulan berkulit salju pertama kali populer di kalangan warga Hongkong. Kulit kue bulan ini bukan dibuat dari es. Dinamakan berkulit salju karena kulit kue yang berwarna putih dan tidak dipanggang di oven, tetapi disimpan dalam kulkas.

E. Kemasan Kue Bulan yang Bagus dan Mewah (Premium)

Kemasan kue bulan yang bagus, sangat cocok dijadikan hadiah

Harga dari sebuah kue bulan sebenarnya terbilang cukup murah. Tetapi kue bulan dalam kemasan yang bagus dan mewah dijual dengan harga tinggi. Kotak kue bulan didesain secara khusus, sehingga terkadang harga kemasannya lebih mahal daripada harga kue bulannya sendiri (premium edition)!

Merek yang berbeda memiliki desain kemasan unik tersendiri, sebagian besar terbuat dari bahan kaleng yang berwarna warni atau dari bahan karton tebal. Kue bulan dikemas secara khusus dalam kotak-kotak kado berukuran kecil.

Biasanya ada beberapa kotak kecil dilapisi dengan kain sutra berwarna kuning atau merah. Setiap kotak kecil masing-masing berisi sebuah kue bulan dalam kemasan transparan yang kedap udara dan saset anti oksidasi, agar kualitas kue tetap terjaga.

Membeli Kue Bulan di Toko Swalayan atau Hotel

Kue bulan dapat dengan mudah dijumpai satu bulan menjelang Festival Musim Gugur di seluruh penjuru Tiongkok. Banyak toko-toko swalayan dan hotel yang menjual aneka kue bulan dalam kemasan kotak kado yang indah.

Kue bulan yang dijual di toko-toko swalayan ataupun di hotel lebih mahal harganya, dan kemasannya lebih bagus daripada yang dijual di pasar tradisional, bahkan untuk merek yang sama.

Masyarakat di Tiongkok umumnya lebih memilih membelikan hadiah kue bulan untuk keluarga ataupun sahabat dengan membelinya di toko-toko swalayan, karena kemasan yang menarik, sehingga tidak membuat malu dan lebih bernilai, dengan kata lain nama baik tetap terjaga.

Kue bulan yang dijual di pinggir jalan atau di pasar tradisional seringkali lebih murah, tetapi kadang rasanya justru lebih nikmat. Di pasar tradisional kue bulan sering dijual grosiran dalam kemasan kertas kaca.

Orang membeli kue bulan di pasar tradisional biasanya untuk dikonsumsi sendiri, karena harganya yang murah dan rasanya yang tidak kalah enak. Sedangkan jika untuk dijadikan bingkisan, mereka membelinya di toko-toko swalayan.

Rentang Harga Kue Bulan : 10 ribu hingga 2 juta rupiah!

Kue bulan dalam kemasan premium, meski lebih mahal harganya, namun lebih bernilai.

Kisaran harga kue bulan dapat memiliki rentang yang sangat jauh, tergantung pada kualitas bahan dan kemasannya.

Di Tiongkok sendiri, secara umum harga kue bulan dengan isi kacang merah, biji teratai, sayur-sayuran dan buah-buahan dijual sekitar 10-20 ribu rupiah. Sementara 5 macam kacang-kacangan dan daging babi panggang lebih mahal, masing-masing sekitar 20 – 40 ribu rupiah.

Sedangkan dalam kemasan kotak kado premium berharga mulai dari 200 ribu hingga 2 juta rupiah (isi 5 hingga 9 kue bulan di dalamnya). Namun pada umumnya, harga lebih tergantung pada kemasan daripada kue bulannya sendiri.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...