Siapakah Sebenarnya penguasa San Guan Da Di Itu

San Guan Da Di (Hanzi : 三官大帝), dalam dialek Hokkian disebut Sam Kwan Tai Te; atau secara umum juga dikenal dengan sebutan San Jie Gong (Hanzi : 三界公) terdiri dari tiga pejabat. Pemujaan terhadap San Guan Da Di ini adalah pengaruh dari Taoisme, yaitu pemujaan terhadap ketiga penguasa alam, yakni :  Alam Langit, Alam Bumi dan Alam Air. Sebutan untuk San Goan Da Di ada bermacam-macam :

Pertama, sebutan San Yuan. Sebutan ini menunjukkan waktu ketiga Kaisar tersebut turun ke dunia, yaitu :

Tanggal 15 bulan 1 Imlek = Shang Yuan (Siang Goan)
Tanggal15 bulan 7 Imlek = Zhong Yuan (Tiong Gwan)
Tanggal 15 bulan 10 Imlek = Xia Yuan (He Gwan)

Kedua, sebutan San Guan. Sebutan ini ditinjau dari pangkatnya, yaitu : Tian Guan, Di Guan, Shui Guan; yang merupakan pemberi berkah, pengampunan dosa & pelindung dari bencana & malapetaka.

Ketiga, terkenal dengan sebutan San Goan Da Di. Gelar ini (konon) diberikan oleh Maha Dewa Yuan Shi Tian Zun.

Penjelasan San Guan Da Di (Hanzi : 三官大帝) adalah sebagai berikut :

Loading...

1. Tian Guan (Hanzi : 天官) : Dewa Penguasa Langit; menguasai peredaran matahari, bulan, bintang, udara, dan benda semesta lainnya. Tian Guan turun ke dunia untuk memberikan berkah kepada umat manusia setiap tanggal 15 bulan 1 Imlek; oleh karena ini beliau disebut Shang Yuan. Gelar lengkapnya adalah Shang Yuan Ci Fu Tian Guan Yi Ping Zi Wei Da Di (Hanzi : 上元 赐福天官一品紫微大帝), yang di singkat Shang Yuan Tian Guan Da Di. Hari Se Jit (ulang tahun) Tian Guan diperingati setiap tanggal 15 bulan 1 Imlek.

2. Di Guan (Hanzi : 地官) : Dewa Penguasa Bumi; berkuasa atas terciptanya semua yang ada di dunia, termasuk manusia, binatang & tumbuhan. Di Guan turun ke dunia untuk mengatur kelahiran & kematian, mengatur hasil panen, mengatur tempat-tempat yang sunyi untuk roh-roh manusia ke akherat dan mengurus pengampunan dosa pada setiap tanggal 15 bulan 7 Imlek; oleh karena ini beliau disebut Zhong Yuan. Gelar lengkapnya adalah Zhong Yuan She Zui Di Guan Er Ping Qing Xu Da Di (Hanzi : 中元赦罪地官二品清大帝), yang di singkat Zhong Yuan Di Guan Da Di. Hari Se Jit Di Guan diperingati setiap tanggal 15 bulan 7 Imlek.

3. Shui Guan (水官) : Dewa yang menguasai peredaran air, hujan, sumber di gunung, sungai, lautan dan mengatur angin yang membawa hujan, banjir & segala sesuatu yang berhubungan dengan air. Shui Guan turun ke dunia untuk mengatur peredaran air & membebaskan manusia dari berbagai musibah yang ada hubungannya dengan air pada tanggal 15 bulan 10 Imlek; oleh karena ini beliau disebut Xia Yuan. Gelar lengkap beliau adalah Xia Yuan Jie E Shui Guan San Ping Dong Xu Da Di (Hanzi : 下元解厄水官三品洞陰大帝), yang di singkat Xia Yuan Shui Guan Da Di. Hari Se Jit Shui Guan diperingati setiap tanggal 15 bulan 10 Imlek.

Ada lagi sebutan San Yuan Gong ((Hanzi : 三元公). Sebutan ini muncul dari anggapan bahwa Tian Guan, Di Guan & Shui Guan sesungguhnya adalah sebutan penuh penghormatan kepada 3 orang kaisar zaman dulu yang terkenal yaitu Kaisar Yao, Kaisar Shun, dan Kaisar Yu.

Kaisar Yao (2357 – 2258 SM) Shun (2225 – 2205 SM) & Yu (2205 – 2198 SM) merupakan 3 Kaisar Suci yang adil, bijaksana & sangat memperhatikan kepentingan rakyatnya, sehingga ketiga Kaisar ini (konon) menjadi panutan Kong Zi, Meng Zi, dan para ahli filsafat lainnya dalam mengajar kepada murid-muridnya, dan juga sering digunakan oleh para ahli filsafat tersebut untuk memberi teladan bagi kaisar-kaisar yang bertahta kemudian.

Oleh rakyat, Kaisar Yao, Shun & Yu dipuja sebagai Tian Guan, Ti Guan dan Shui Guan. Mereka bertiga disebut San Yuan Gong dan kelentengnya banyak tersebar di mana-mana. Mereka dipuja sebagai Dewa yang mengawasi perbuatan baik buruk manusia dan Dewa pelindung kehidupan. Rupang Sam Kwan Tai Te banyak terdapat di dalam kelenteng, baik di daratan Tiongkok maupun di Hongkong.

Dikutip dari : jindeyuan.org (dengan penyesuaian/pengeditan seperlunya)
Foto : nezha.com.tw

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...