Simbol TAO Tai Ji – Yin Yang

Simbol Tao disebut Tai Ji (Hanzi : 太极; Pinyin : Thay Chik). Berbentuk lingkaran dengan kombinasi warna hitam dan putih. Simbol ini mempunyai arti yang sangat luas dan menggambarkan alam semesta berikut hukum alam serta kehidupan di dalamnya. Berikut sebagian makna dari lambang Tao tersebut :

1. Berbentuk lingkaran

Loading...
lingkaran

Berbentuk lingkaran

Menggambarkan sifat dinamis/bergerak/berputar. Alam semesta dan kehidupan selalu bergerak dan berubah. Bentuk planet, bintang, bulan dan matahari juga bulat dan semua selalu bergerak secara melingkar.

2. Kurva (lingkaran) tertutup

lingkaran tertutup

Kurva lingkaran tertutup

Menggambarkan bahwa alam semesta bagaikan sebuah botol raksasa. Tidak ada sesuatu yang musnah dan tidak ada yang tercipta. Yang ada hanyalah perubahan bentuk saja.

3. Jika di lihat bentuk Thay Chik seperti berputar

yin yang berputar

Bentuk Thay Chik seperti berputar

Maksudnya adalah bahwa hidup ini seperti semacam siklus. Ada yang lahir dan ada yang mati. Sesuat yang telah mencapai puncak akan berbalik. Berawal dari pagi dan berubah siang dan mencapai malam akan kembali ke pagi lagi.

4. Lingkaran terbagi menjadi sisi hitam dan sisi putih

hitam putih

Terbagi menjadi sisi hitam dan sisi putih

Menandakan bahwa dalam dunia selalu ada 2 sisi yang bertentangan yaitu baik dan buruk; panas dan dingin; dsb. Juga selalu ada 2 hal yang berpasangan yaitu kiri dan kanan, depan dan belakang, pria dan wanita, dsb.

5. Batas antara warna putih dan warna hitam tidak tegas, bukan berupa garis lurus melainkan garis melengkung

logo-ying-yang

Batas antara warna putih dan warna hitam berupa garis melengkung

Maksudnya adalah antara sifat buruk dan sifat baik kadangkala sulit dibedakanl tidak jelas. Misalnya antara sifat penyabar (baik) dengan sifat penakut (buruk), optimis (baik) dengan congklak (buruk), pemberani dengan pemarah, cerdik (baik) dengan licik (buruk), hemat (baik) dengan kikir (buruk), waspada (baik) dengan curiga (buruk).

6. Batas berupa garis lengkung juga berarti bahwa baik dan buruk kadang hanya sebatas persepsi

garis yin yang

Batas berupa garis lengkung juga berarti bahwa baik dan buruk kadang hanya sebatas persepsi

Misalnya semua yang berjuang melawan Belanda sekarang kita sebut pahlawan. Ini karena Indonesia berhasil mengusir Belandan dan merdeka. Tetapi seandainya status Indonesia adalah semacam negara persemakmuran dari Belanda, sama seperti status negara Singapura dan Malaysia dengan Inggris, maka semua yang pernah berperang melawan Belanda akan kita kenal sebagai pemberontak atau penghianat dan bukan pejuang atau pahlawan.

7. Di dalam sisi hitam ada sisi putih dan di dalam sisi putih ada sisi hitamnya

yin yang sisi

Di dalam sisi hitam ada sisi putih dan di dalam sisi putih ada sisi hitamnya

Maksudnya adalah bahwa dalam sifat baik terdapat kelemahan (Yin) dan dalam sifat buruk terdapat kelebihan (Yang). Contohnya orang yang berhati baik (sifat baik) akan mudah diperdaya (kelemahan) sedangkan orang yang licik (sifat buruk) akan sulit diperdaya (kelebihan).

Loading...

8. Adanya Yin karena ada Yang; begitu pula sebaliknya

lingkaran hitam dan putih

Adanya Yin karena ada Yang; begitu pula sebaliknya

Kita dapat melihat bentuk putih karena adanya hitam begitu pula sebaliknya. Jika semua putih atau semuanya hitam, kita tidak bisa melihat bentuk. Maknanya adalah kebaikan bisa memunculkan keburukan dan begitu pula sebaliknya. Situasi nyaman (baik) bisa membuat orang menjadi lemah (buruk). Situasi sulit (buruk) bisa membuat orang menjadi tangguh (baik).

9. Adanya Yin karena ada Yang, begitu pula sebaiknya

Jika kita bisa mengerti Yin maka berarti kita juga mengerti Yang. Bisa juga diartikan bahwa ketika kita sadar akan kebaikan, maka berarti sebelumnya kita sudah menemui kejahatan, begitu pula sebaliknya. Ilustrasi sederhana nya adalah jika di dunia hanya ada rasa manis, maka kita tidak akan tahu apa itu manis. Ketika lidah kita merasakan rasa tawar, berulah kita sadar bahwa yang selama ini kita rasakan adalah rasa manis.

10. Adalah sisi putih (Yang) karena adanya sisi hitam (Yin)

Ini bisa diartikan bahwa antara Yin dan Yang terjadi secara bersamaan. Antara penciptaan (Yang) dan penghancuran (Yin) sebenarnya adalah sebuah kejadian yang sama. Ketika kertas ataukah membuat abu? Ketika pohon ditebang, apakah itu menghancurkan pohon ataukan membuat papan?

Corak lambang Tai Ji – Yin Yang ada beberapa variasi yang sudah diimplementasikan. Masing-masing kelompok biasanya punya corak yang berbeda dan mempunyai makna tersendiri. Beberapa variasi nya adalah :

implementasi lambang yin yang

Contoh beberapa lambang Thay Cik – Yin Yang yang sudah diimplementasikan kedalam berbagai lambang/logo

Berikut adalah corak dan makna lambang Tai Ji yang dipakai TAO Thay Shang Men – Xiao Yao Pai

A. Arah putar searah dengan jarum jam : Maksudnya adalah bahwa kita harus terus bergerak maju menuju arah yang lebih baik.

yin yang berputar

Arah putar searah dengan jarum jam

B. Titik hitam yang ada di bidang putih (Yang/baik) belum berada dalam posisi puncaknya : Artinya adalah kebaikan belum mencapai puncaknya. Karena jika mencapai puncaknya maka akan berbalik menurun.

logo-ying-yang

Titik hitam yang ada di bidang putih (Yang/baik) belum berada dalam posisi puncaknya

C. Sisi putih yang melambangkan kebaikan berada disebelah kiri dan dalam posisi naik sedangkan sisi hitam yang melambangkan kejahatan berada di sebelah kanan dan dalam posisi menurun : Maknanya adalah bahwa kebaikan (Yang/putih) selalu menang dan bisa mengatasi kejahatan (Yin/hitam).

Sumber : Grup Pengenalan Tao

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...