Sistem Penanggalan Dalam Agama Tao

Gambar Dinding Kaisar Kuning (Huang Di) belajar Tao dari Khuang Cheng Zi

Cara perhitungan hari/penanggalan dalam kehidupan sehari-hari umat Agama TAO, umumnya menggunakan penanggalan IMLEK yang merupakan hasil karya tokoh Agama TAO yang bernama Khuang Cheng Zi sejak 2697 SM.

Im Lek juga disebut sebagai Tao Lek atau Huang Lek atau Wang Lek atau Nong Lek, penanggalan ini diciptakan oleh Khuang Cheng Zi berdasarkan teori astronomi Tiongkok, yang didalamnya berisi teori dan metode khusus, secara umum digunakan sebagai pedoman dalam memilih waktu yang tepat untuk bercocok tanam bagi para petani, atau memilih hari baik untuk membangun rumah; pindah rumah baru; memperbaiki rumah; berbisnis; melakukan perjalanan jauh; menikah dan sebagainya.

Sampai sekarang pun, pada umumnya penanggalan Imlek masih dipakai oleh sebagian besar masyarakat Tionghoa yang berdomisili terutama di Asia dan Asia Tenggara untuk keperluan-keperluan yang berhubungan dengan Agama dan kepercayaan masyarakat Tionghoa. Selain itu Umat TAO juga mengenal penanggalan Masehi, yang mereka sebut sebagai Yang Lek.

Oleh: DR. I Djaja L Msc.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

2 Responses to Sistem Penanggalan Dalam Agama Tao

  1. Herman Tan says:

    Penanggalan berdasarkan dimulainya pemerintahan Kaisar Huang Di itu disebut penanggalan Tao Lek, atau Wang Lek, atau Nong Lek (Nong Li).

    Lalu apakah berarti sebelum pemerintahan Kaisar Huang Di (Huangdi era) tidak ada penanggalan? Jawabnya : IYA. Karena keberadaan Kaisar Huangdi adalah satu-satunya PATOKAN PENANGGALAN TERTUA yang dimiliki bangsa Tiongkok. Sebelum itu, anggap saja penanggalan PRASEJARAH.

  2. haryoadjie says:

    minta penjelasan Letak Dapur pada umumnya kalau rumah hadap Utara…………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.