Situs Juga Butuh Live Cost, Termasuk Tionghoa INFO

Berbagai hal di internet bisa kamu dapatkan secara gratis, salah satunya adalah karena adanya dukungan iklan. Entah itu Gmail, YouTube, Facebook, Instagram, konten di berbagai blog dan web, termasuk juga Tionghoa.INFO bisa diakses gratis, karena biaya maintenance dan operasional tertutupi oleh pendapatan iklan. Beberapa pengeluaran rutin seperti :

Program adblocker yang terdeteksi oleh sistem Tionghoa.INFO

(1) Sewa domain tahunan
(2) Sewa hosting bulanan
(3) Sewa/beli plugin2 berbayar
(4) Sewa CDN bulanan
(5) Uang saku bagi para penulis artikel
(6) Promosi konten di page facebook dan google, dsb

Namun belakangan semakin banyak pengguna/pembaca yang memakai program adblocker. Hal ini berimbas pada penyedia layanan konten yang akan semakin kesulitan menutupi biaya maintenance dan operasional, yang akhirnya bisa menyebabkan :

(1) Layanan tersebut tutup
(2) Blog/website tidak terupdate lagi
(3) Penyedia layanan akan menerapkan sistem berbayar untuk akses terhadap konten/layanan mereka

Sebuah situs bisa ‘bertahan hidup’ dari iklan. Jika pembaca memasang program ad-blocker atau sejenisnya, menurut saya pribadi itu seperti merusak ekosistem ‘gratis’ di internet. Karena walau bagaimana pun, sebuah situs juga memerlukan live cost diatas.

Cara men-disable program adblocker (screen shoot by Akhiong)

Untuk itu meskipun kamu memilih untuk menggunakan ad-blocker, akan lebih bijak jika kamu memasukkan daftar situs/layanan yang kamu sukai di daftar whitelist, sehingga penyedia layanan bisa terus bertahan untuk memberikan konten atau layanannya secara gratis, dan kamu tetap bisa menikmatinya secara cuma-cuma.

Loading...

Meskipun kamu tidak melihatnya, namun sebenarnya banyak penyedia konten yang akan menitikkan air mata haru jika kamu bersedia membuka ad-blocker saat mengunjungi kontennya. Ini adalah salah satu bentuk dukungan kamu terhadap konten yang ditayangkan!

Mungkin sangat masuk akal jika kamu seorang pelajar, atau mahasiswa/i dengan kuota internet terbatas, tidak mendapatkan akses ke WiFi publik dan tidak punya langganan internet rumahan, lalu menyalakan ad-blocker sepanjang waktu agar bisa bertahan dan mendapatkan manfaat besar demi pendidikan.

Tapi jika kamu hidup berkecukupan, mengakses internet dari WiFi rumahan atau publik sambil nongkrong di Starbucks, dan tetap menyalakan adblock … Oh, come on!

Demikian info & salam hangat, semoga pembaca bisa memakluminya

Tionghoa.INFO

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...