Sudahkah Kamu Mencoba 5 Macam Masakan Khas Tirai Bambu Yang Memiliki Nama Unik Ini?

Masyarakat negeri tirai bambu sangat bangga bisa mengkonsumsi beraneka jenis makanan dan masakan, dan terkait dengan hal tersebut, Tiongkok memiliki sejarah yang menarik. Artikel ini akan mengungkap 5 makanan bernama unik khas Tiongkok yang dapat Anda coba jika suatu saat berkesempatan mengunjungi negara ini :

1. Ayam Pengemis (叫花鸡; Jiao hua ji)

Ayam pengemis terkenal dari film2 wuxia dengan tokoh utama si Hong qi gong dari Gaibang (aliran pengemis)

Apabila Anda berencana mengunjungi Hangzhou, maka hidangan Ayam Pengemis merupakan salah satu hidangan yang patut Anda coba.

Ini adalah hidangan khas yang sering dikonsumsi di Propinsi Zhejiang Tiongkok Timur, seperti Hangzhou, dengan aroma yang gurih dan daging ayam yang lembut. Masakan ayam ini dihidangkan diatas daun teratai sehingga menghasilkan rasa segar dan mengurangi minyak.

Sejarah : Menurut legenda, pada jaman dahulu ada seorang pengemis tiba di sebuah desa di Prefektur Changshu, Hangzhou. Ia membawa seekor ayam dan berniat memasaknya. Namun ia tidak memiliki apapun terkecuali sebilah pisau dan api.

Ia menyembelih dan mengeluarkan jeroannya, kemudian membungkus ayam tersebut dengan lumpur kuning (tanpa mencabuti bulunya), sebelum akhirnya memanggang ayam tersebut layaknya memanggang kentang. Ketika ayamnya sudah matang, Ia mengupas lumpur yang membungkus ayam tersebut, dan bulu ayamnya juga ikut terlepas.

Meskipun cara masa kini dalam memproses Ayam Pengemis terbilang sama caranya dengan cara memasak pengemis tersebut, namun telah mengalami banyak perkembangan, lebih bersih, lebih berteknik, dan dimasak dalam suhu yang lebih panas.

Loading...

Tempat dimana Anda dapat mencobanya : Ayam Pengemis disajikan pada banyak rumah makan/restoran di Hangzhou. Tempat terbaik untuk mencicipi hidangan ini adalah Restoran Louwailou (楼外楼) seharga ±168 yuan, atau sekitar 350 ribu.

2. Nasi Bambu (竹筒饭; Zhutong fan)

Nasi bambu

Hidangan nasi bambu biasanya diproses bersama beras dan daging babi, yang dimasak di dalam bagian bambu hijau hingga bagian bambu terpanggang. Makanan ini sungguh lezat dilengkapi dengan aroma bambu yang segar.

Tempat Dimana Anda Dapat Menikmatinya : Nasi bambu dapat Anda temukan di banyak tempat, terutama di wilayah dimana warga minoritas Dai dan Yao berada. Karena itu, Anda akan menemukannya saat Anda berkunjung ke Yunnan (terutama di daerah Xishuangbanna), Guilin (terutama di desa warga minoritas Kaili) dan Taiwan (wilayah pergunungan Ali).

3. Telur Pitan (皮蛋; Pidan)

Telur pitan, alias telur hitam

Memiliki pola warna abu-abu gelap atau hitam mengkilat dengan pola kepingan salju, produk telur yang satu ini diciptakan pada masa Dinasti Ming (1368-1644). Selain rasanya yang unik, dijelaskan bahwa telur yang diawetkan ini memiliki manfaat menyembuhkan serak dan juga menghilangkan efek buruk alkohol.

Cara Menikmati Telur Pitan : Banyak restoran tradisional Tiongkok menyajikan hidangan yang disajikan bersama telur pitan. Ada sup yang dimasak bersama telur pitan dan daun mustar, bubur babi cincang dengan telur pitan (tersedia pada menu sarapan di KFC Tiongkok), dan telur pitan dengan tahu adalah beberapa cara untuk menikmati hidangan ini.

Yang Perlu Diperhatikan : Jangan mengkonsumsi terlalu banyak telur pitan, terutama anak-anak, karena mengandung unsur timbal (serupa dengan popcorn/jagung tembak). Tersedia telur pitan bersertifikat yang tidak mengandung unsur timbal.

4. Tahu Busuk (臭豆腐; Chou doufu)

Tahu busuk a.k.a Chou doufu; bau tidak bisa mengalahkan rasa

Tahu busuk/produk tahu yang diawetkan dapat menghasilkan bau yang sangat tajam, serta memiliki penampilan yang buruk. Namaun bagaimanapun, begitu Anda mencicipi rasanya, Anda bisa ketagihan. Tahu busuk di Changsha adalah jenis yang paling terkenal, fresh form oven dengan kulit yang krispi dan pedas.

Tempat Dimana Anda Dapat Menikmatinya : Tahu busuk Changsha mendapatkan ketenaran nomor 1 di Tiongkok, diikuti Nanjing dan Shaoxing. Produksi dan cita rasa tahu busuk dari ketiga kota ini sangat berbeda, namun ketiganya memiliki kesamaan : berbau busuk namun memiliki rasa yang lezat.

Tahu busuk telah menjadi camilan tradisional di seluruh Tiongkok dan mudah ditemukan di kota-kota yang banyak dikunjungi wisatawan (seperti Beijing, Shanghai, Xi’an, Guilin dan Hangzou).

5. Serangga Goreng (油炸蜂蛹; You zha feng yong)

Jajanan ekstrim, kalajengking goreng di beijing, ada yang pernah mencobanya?

Banyak serangga yang kaya akan nutrisi ( dengan tinggi protein dan rendah lemak), dan digunakan sebagai bahan masakan untuk hidangan di Zhangjiajie, Kota Kuno Fenghuang, Guizhou Tenggara, dan propinsi Yunnan.

Loading...

Masakan Dari Larva Lebah : Cara paling umum untuk menikmati larva lebah adalah dengan menggorengnya hingga berwarna kuning keemasan. Ada beberapa cara lain untuk mengkonsumsi makanan ini, yaitu larva lebah kukus, larva lebah goreng, kue larva lebah, dan larva lebah goreng dengan saus.

Makanan Ekstrim Lainnya : Dibandingkan dengan larva lebah goreng, serangga goreng lainnya tampak lebih gila lagi. Laba-laba, kumbang hitam, kelabang, kalajengking, dan belalang digoreng dan dimakan oleh masyarakat Tiongkok, namun bukan merupakan jenis makanan yang umum disajikan disana.

Anda dapat menemukan jenis makanan ini di daerah-daerah yang dihuni oleh kelompok etnis dan tempat jajanan pada beberapa kota wisata populer (seperti misalnya Pusat Jajan Malam Donghuamen di Beijing).

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...