Sun Yat Sen Memorial Hall Guangzhou

Sun Yat Sen Memorial Hall (Hanzi : 中山 纪念堂 ; pinyin : Zhongshan Jinian Tang) adalah sebuah bangunan berbentuk segi delapan yang terletak di distrik Yuexiu, kota Guangzhou, propinsi Guangdong, Tiongkok. Aula tersebut dirancang oleh Lu Yanzhi dan dibangun dengan dana sebesar $500.000,- yang dihimpun mulai tahun 1925 oleh orang-orang lokal dan orang-orang Tiongkok perantauan yang berada diluar negeri. Pekerjaan konstruksi dimulai pada tahun 1929 dan selesai pada tahun 1931.

Struktur aula berbentuk istana persegi delapan dengan luas total (termasuk taman/lapangan) 62.000 meter persegi, luas bangunan utama 6.600 meter persegi yang tinggi nya 52 meter. Dalam ruang Aula nya memiliki diameter total 71 meter tanpa pilar penyangga di tengah dengan 2 lantai. Aula ini juga memiliki sebuah panggung utama yang besar dan memiliki tempat duduk yang dapat menampung sekitar 3.238 orang.

Loading...
sun yat sen memorial hall

Tampak 2 penulis Tionghoa.INFO (ke 1 dan ke 2 dari kanan) saat berkunjung langsung ke Sun Yat Sen Memorial Hall; Guangzhou.

Desainer nya menggunakan prinsip struktur mekanik bangunan, empat pilar ditempatkan di sekitar dinding untuk mendukung empat pilarnya dengan jarak tiap rentang 30 meter yang terbuat dari gulungan baja, seolah-olah untuk membuat payung yang terbuka secara utuh, yang membentuk atap melengkung. Penyangga utama atap berjumlah delapan tiang yang berbentuk kerangka melengkung untuk membentuk formasi segi delapan.

Pada tahun 1956, sebuah patung Sun Yat Sen juga dibangun tepat di depan pintu masuk utama Memorial Hall dengan tinggi 5 meter yang terbuat dari perunggu. Pada bagian taman nya juga ditanami banyak pohon dan aneka jenis bunga, serta dikelilingi oleh 60.000 meter persegi pagar besi tambahan. Sekarang, Sun Yat Sen Memorial Hall telah menjadi tempat pertemuan penting, tempat pertunjukan teater serta tempat acara konser.

Setelah rusak parah akibat perang (serangan bom dan senjata mesin Jepang pada tahun 1938) dan dimakan usia, gedung aula ini diperbaiki beberapa kali hingga tahun 1998; dimana ketika itu telah selesai dilakukan perbaikan secara menyeluruh dan komprehensif sampai ke kondisi yang dapat dilihat saat ini. Pada tahun 2001, Sun Yat Sen Memorial Hall telah menjadi warisan budaya nasional dan masuk dalam perlindungan peninggalan budaya nasional dan provinsi, dan Mausoleum di Nanjing par.

Mulai 1 November 2008, pemerintah kota Guangzhou memutuskan untuk membuka bebas area taman Guangzhou Zhongshan Memorial Hall menjadi taman kota pertama yang bebas dan terbuka yang besar. Namun untuk memasuki area bangunan utama dan museum sejarah, pengunjung perlu membeli tiket senilai 10 RMB dan buka setiap hari mulai pukul 08:00-18:00 waktu setempat.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...