Tim Barongsai Kong Ha Hong Siap Tampil di Pembukaan ASIAN GAMES 2018

Hari ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir bersama wakilnya Sandiaga Uno, dalam rangka memenuhi undangan panitia INTI (Indonesia Tionghoa). Mereka hadir dalam rangka pembukaan festival Cap Go Meh di kawasan Pecinan Glodok, Jakarta Barat. Keduanya datang sambil mengenakan pakaian Cheongsam berwarna emas yang diberikan oleh panitia sebelumnya.

Seperti yang ditayangkan situs Vidio, Minggu, 4 Maret 2018, Gubernur pilihan masyarakat Jakarta itupun mengaku senang dengan pemberian baju Cheongsam oleh panitia yang dirasa cocok dengannya.

“Saya dan Pak Sandi dapat baju Cheongsam, biasanya dikasih warna merah, namun kali ini dikasih warna emas. Saya kira ini sangat cocok untuk saya,” kata Anies Baswedan.

Pasangan pemimpin Ibu Kota Jakarta ini juga menyaksikan atraksi dari tim pro barongsai Kong Ha Hong yang berstatus juara dunia asal Indonesia. Dengan luwes para atlet klub barongsai ini memanjat satu per satu tiang tonggak yang tingginya sekitar ±2 meter, dan diameter pijakan sekitar ±60 cm.

“Ini merupakan suatu kebanggaan buat kita, karena tim barongsai ini bisa mengalahkan wakil dari Malaysia yang merupakan salah satu legenda. Nanti barongsai ini akan kita tampilkan di pembukaan Asian Games 2018,” kata Sandiaga Uno.

Sebagai info, tim barongsai Kong Ha Hong pernah diundang untuk mengisi acara HUT Kemerdekaan RI yang ke 65 di Istana Negara pada 2010 silam.

Loading...

Selain itu, mereka juga sering mengikuti kompetisi klub barongsai paling bergengsi di dunia, World Lion Dance Championship yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali di Genting Highlands, Malaysia. Prestasi terbaiknya adalah menempati peringkat ke 3 pada kejuaraan musim ke 11, tahun 2014 silam.

Dan pada April 2017 kemarin, mereka berhasil menjadi juara pada kejuaraan lokal namun berskala internasional, Living World International Lion Dance Championship 2017. Kejuaraan ini sendiri diikuti oleh 12 tim yang berasal dari 6 Negara, diselenggarakan di Mall Living Wold Alam Sutra, Banten dengan hadiah $15.000.

Anies dan Sandi berjanji akan membantu mengembangkan kawasan Pecinan sebagai salah satu tujuan wisata pada Asian Games yang akan dilangsungkan pada 18 Agustus 2018 nanti. Mereka juga meminta agar nama “pecinan” dipertahankan sebagai nama kampung etnis Tionghoa di Jakarta.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

One Response to Tim Barongsai Kong Ha Hong Siap Tampil di Pembukaan ASIAN GAMES 2018

  1. Yong Chen says:

    Alamak, alam sutra mall itu hanya turnamen kelas 2. Mereka belum berhadapan dengan klub elite sekelas Kun Seng Keng (KSK) Johor Malaysia yang menjuarai 8x kejuaraan Genting Highlands, atau Hong Teik Kedah Malaysia.

    Semoga tidak bikin malu, apalagi sampai jatuh. Ingat ini kelas Asian Games lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?