Tradisi Tea Pai Dalam Rangkaian Pernikahan Adat Tionghoa

Tea Pai merupakan salah satu rangkaian acara yang sering diadakan dalam pernikahan adat Tionghoa (chinese wedding) untuk menghormati orang yang lebih tua. Dalam beberapa kesempatan, tradisi penyuguhan teh di beberapa daerah sangatlah berbeda karena bisa tergantung dari kebiasaan  suku dan adat tradisi masing-masing.

Umumnya prosesi Tea Pai dilangsungkan pada pagi atau siang hari sebelum prosesi pemberkatan pernikahan di tempat ibadah; karena jika dilangsungkan pada malam hari, prosesi ini akan terkesan “dipaksakan” atau bersifat “tidak penting”; atau hanya sekedar upacara seremonial belaka, sebagai ajang serah terima angpao, atau sebagai ajang foto. Padahal dalam prosesi Tea Pai ini tersimpan doa dan harapan orang tua agar kelak anak-anaknya bahagia.

Acara Tea Pai (Kong Cha; biasanya juga disebut morning ceremony) biasanya diikuti oleh keluarga kedua mempelai yang sudah menikah, seperti orang tua, paman/bibi, saudara kandung, sepupu dan keponakan (yang dituakan) atau setidaknya yang sudah pernah menikah; meski karena pasangannya sudah bercerai (menjadi janda/duda), meninggal atau sakit (sampai tidak bisa ikut acaranya; jadi yang bisa ikut, duduk sendirian).

Kakak-kakak dari kedua keluarga mempelai yang belum menikah tidak diperbolehkan untuk mengikuti acara Tea Pai ini. Hal ini juga berlaku sama jika ada adik-adik dari keluarga mempelai yang sudah menikah, juga tidak diperbolehkan mengikuti prosesi Tea Pai.

Dalam prosesi Tea Pai ini, sebagai urutan pertama, mempelai mempersilahkan orang yang lebih tua untuk duduk di kursi yang telah disediakan. Setelah duduk, berikan penghormatan dengan cara membungkukkan badan sambil mengepalkan kedua belah tangan. Perlu diingat, khusus untuk orang tua (papa mama) dan kakek nenek (apabila ada) sebaiknya di soja atau kui (berlutut).

Loading...

Mungkin pada agama tertentu yang melarang umatnya untuk berlutut atau menyembah, dapat saja menggunakan cara berdiri sambil sedikit membungkuk badan, tapi kesan penghormatan kepada orang tua jauh berkurang, karena status/derajatnya seperti disamakan dengan paman/bibi, kakak dan saudara-saudara lainnya.

tea pai chinese wedding

Dalam foto, tampak kedua mempelai sedang mengikuti proses tea pai

Selanjutnya, seseorang (yang telah ditunjuk sebelumnya; pengiring pengantin) membawakan nampan yang berisi dua buah cangkir kecil berisi teh kepada mempelai wanita, jika keluarga yang sedang dilayani adalah keluarga dari pihak wanita.

Kemudian barulah mempelai pria mengambil satu persatu cangkir dari nampan tersebut dan diberikan kepada keluarga sembari menyebutkan status orang tersebut, misalnya : Papa, Mama, dan seterusnya. Sebaliknya apabila yang dilayani adalah keluarga mempelai pria, maka yang menyuguhkan cangkir tersebut adalah mempelai wanita.

Selain itu, pada umumnya untuk posisi duduk, nenek, ibu, tante ada di kanan; sedangkan kakek, papa, paman di kiri. Hal ini sesuai prinsip Nan Zuo, Ni You (Pria di kiri, Wanita di kanan).

Setelah keluarga yang dilayani selesai meminum teh yang diberikan, mempelai pria mengambil kembali cangkir tersebut satu persatu. Sebagai ucapan terima kasih keluarga terhadap pelayanan yang diberikan oleh kedua mempelai, biasanya keluarga memberikan bingkisan yang berupa uang di dalam angpao merah ataupun perhiasan.

Kalau keluarga yang dilayani memberikan hadiah angpao, maka dapat langsung ditaruh di nampan atau di kantongi oleh mempelai pria, sedangkan apabila hadiah berupa kalung, cincin atau perhiasan sejenisnya, maka nampan tersebut dapat dikembalikan kepada orang yang telah ditunjuk sebelumnya lalu keluarga akan segera memasangkan perhiasan tersebut kepada mempelai.

Terkadang pada adat-adat tertentu untuk acara tea pai ini, pengantin wanita biasanya memberikan satu set handuk (handuk badan dan handuk muka) kepada orang-orang yang telah disuguhkan teh sebagai ucapan terima kasih. Ini juga realtif (bisa ada atau tidak) dan sangat bergantung pada persiapan kesepakatan acara sebelumnya. Setelah selesai, anggota keluarga yang disuguhkan teh kembali di kursinya, dan kedua mempelai memberikan salam penghormatan kembali seperti diawal acara.

angpao pernikahan

Angpao pernikahan; biasanya diberikan para tamu undangan ataupun keluarga dekat mempelai

Jadi selain anggota keluarga inti, biasanya ‘hadiah’ pernikahan dapat diberikan pada waktu menulis nama di daftar hadir pada saat waktu pernikahannnya, memberikan secara langsung pada saat akan jabat tangan dengan mempelainya, atau bisa memberikan pada saat proses Tea Pai, tapi sebelum/sesudah prosesi acaranya berlangsung.

Mengenai hadiah/kado pernikahan, orang-orang pada zaman dahulu biasanya memberikan kain mahal, arak (anggur) pernikahan, peralatan rumah tangga, bantal tidur, dan sebagainya. Lalu lama kelamaan berkembang, hingga di era sekarang rata-rata para tamu undangan biasanya hanya memberikan Angpao sebagai sebuah cara yang simple.

Loading...

Menarik memang, karena tradisi memberikan Angpao pernikahan ini juga diadopsi oleh masyarakat non Tionghoa pada pesta pernikahan mereka.

Spesial thanks to (Foto) : devowed.com; Julita Witjandra (Mdo)

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

13 Responses to Tradisi Tea Pai Dalam Rangkaian Pernikahan Adat Tionghoa

  1. Katarina says:

    Hallo mohon bantu d jawab..
    Apa semua yg ikt teapai wajib untuk memberi emas/angpao kepada mempelai?
    Bgaimana dgn orgtua mempelai lelaki yg sdh membiayai pernikahan.. Apa hrus memberi jg?

  2. Gitta says:

    Kalau Sangjit diadakan sehari sebelum hari H, & dibarengi dengan tea pai, bisakah?

    • Herman Tan says:

      Hi sdri Gitta,

      1. Secara TEORI bisa, tapi apakah waktunya tidak terlalu mepet? Biasanya sangjit dilakukan paling lambat seminggu (7 hari) sebelum pernikahan, sebagai tanda LAMARAN RESMI mempelai Laki ke Perempuan.

      2. Belum pernah dengar cerita Sangjit dibarengi Teapai pernikahan. Tea pai pernikahan dilakukan pagi/siang hari (pukul 7-12) pada saat hari H. Kasarnya, Teapai ini sebagai “waktunya” dalam memberi angpau/perhiasan nikah secara khusus dari kedua sanak family kepada pasangan mempelai.

      Biasanya orang yang mulai “menawar” waktu dalam menyelenggarakan Sangjit dan Teapai ini BIASANYA sudah beralih kepercayaan, yang sudah terkena doktrin “serba simple”; tapi masih mau menjalankan tradisi Tionghoa. Namun mohon maaf, seperti itulah tradisi Tionghoa, TIDAK BISA lebih simple lagi; jika tidak mau, sekalian saja tidak perlu dilaksanakan daripada menjadi beban.

      Salam hangat,

  3. Elinda says:

    Mempelai pria dan keluarganya non tionghoa dan tidak bersedia melakukan tehpai, bolehin tehpai hanya dilakukan untuk 1 pihak keluarga yaitu keluarga mempelai perempuan? Atau lebih Baik ditiadakan saja?

    • Herman Tan says:

      Kalau keluarga mempelai perempuannya banyak saudara, sebaiknya tetap dilaksanakan meski hanya sepihak; dengan catatan MEMPELAI LAKINYA TETAP HARUS IKUT. Kalau tidak, perlu dipertanyakan itu bentuk toleransinya.

  4. anthony says:

    Kenapa kakak dari kedua mempelai yang belum menikah tidak diperbolehkan ?

    • Stevina Suherman says:

      Memang gitu makna pemberian angpaonya. Angpao hanya boleh diberikan oleh orang yang telah berkeluarga karena dianggap telah matang secara finansial.

      Jangankan buat pernikahan, untuk acara tahunan seperti Imlek saja, bagi yang belum berkeluarga tetap dapat menerima angpao.

      Tapi dalam hal ini ada satu pengecualian, misalnya wali / orang tuanya ybs (yang akan melangsungkan pernikahan) meninggal. Itu bisa diwakilkan oleh kakaknya meski belum menikah (terpaksa karena keadaan).

  5. yos says:

    Mohon ijin share. terima kasih

  6. caca says:

    jika mempelai pria non tionghoa apakah tetap boleh melakukan tea pai?

  7. fransiska says:

    Kalau mama pihak laki2 bukan Tionghoa masih boleh teapai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?