Wow! Inilah 10 Universitas Paling Top di Tiongkok!

“Wen shang Beida, li du Qinghua, bu pa si de qu Keda…” 文上北大, 理读清华, 不怕死的去科大- “Ingin belajar budaya, pergilah ke Universitas Peking; ingin belajar sains, pergilah ke Universitas Tsinghua; yang tidak takut mati, pergilah ke Universitas Sains dan Teknologi China (University of Science and Technology of China; 中国科学技术大学)”.

Petikan kalimat tersebut tentu menunjukkan betapa beratnya kehidupan belajar mengajar di Universitas Sains dan Teknologi di negeri tirai bambu.

Universitas ini mendorong mahasiswanya untuk memiliki sifat layaknya seorang pejuang yang selalu maju sehingga melahirkan lingkungan belajar yang kondusif. Hal ini pula yang menjadikan Universitas ini menduduki posisi pertama 10 universitas terbaik di Tiongkok.

Ingin tahu universitas2 lain yang terkenal dan banyak menjadi rujukan mahasiswa asal Indonesia untuk meraih gelar S1 Universitas di Tiongkok? Simak top 10 Universitas yang tercatat sebagai universitas terbaik di Tiongkok berikut :

1. Universitas Peking (Peking University; 北京大学)

Universitas Peking adalah salah satu Universitas terbaik di Tiongkok yang mana mahasiswanya memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang-orang terkenal di berbagai daerah. Hal ini disebabkan karena letak Universitas yang berlokasi di ibukota yang membuat lingkungan belajar Universitas Peking menjadi lebih kondusif.

Sejak tahun 1898, Universitas Peking telah menerima ±30.000 mahasiswa, yang mana setengahnya merupakan mahasiswa pasca sarjana. Universitas ini dikenal dunia karena memiliki arsitektur bergata khas Tiongkok Kuno. Terdapat 31 jurusan yang menduduki daftar ranking jurusan sedunia.

Loading...

Selain itu, sebanyak 22 disiplin ilmu berhasil menduduki peringkat 50 besar di dunia, beberapa diantaranya adalah jurusan kedokteran gigi, ilmu hukum, ilmu akuntansi dan keuangan, ilmu kimia, ilmu bahasa dan literatur Inggris, ilmu farmasi dan studi lingkungan.

Situs resmi : http://english.pku.edu.cn/

2. Universitas Sains dan Teknologi China (University of Science and Technology of China; 中国科学技术大学)

Universitas Sains dan Teknologi ini terletak di kota Hefei. Tempat ini didirikan pada tahun 1958 di Beijing dan dipindahkan ke Heivei selama Revolusi Kebudayaan Tiongkok pada tahun 1970. Walaupun tidak menduduki 50 besar jurusan terbaik di dunia, Universitas ini mampu tampil dalam 250 besar dunia melalui jurusannya. Jurusan farmasi menduduki peringkat 400 besar dunia.

Situs resmi : http://en.ustc.edu.cn/

3. Universitas Tsinghua (Tsinghua University; 清华大学)

Dibandingkan dengan universitas2 lainnya, Universitas ini memiliki semangat yang lebih menonjol dalam proses belajar dan mengajar. Ia berhasil menduduki 10 besar universitas terbaik di daratan Tiongkok. Universitas Tsinghua yang berlokasi di Beijing menerima total ±45.000 mahasiswa, yang berasal dari siswa2 terbaik dari seluruh penjuru negeri, sehingga menjadikannya sebagai salah satu universitas unggulan.

Universitas ini memiliki 31 jurusan yang berhasil menduduki 50 besar di dunia, antara lain jurusan bisnis dan manejemen, jurusan hukum, teknik komputer, teknik elektro, teknik arsitektur, teknik sipil, teknik mesin, jurusan seni dan desain, jurusan bahasa asing, ilmu kimia, ilmu politik, ilmu fisika, ilmu astronomi, ilmu statistik dan studi lingkungan.

Situs resmi : http://www.tsinghua.edu.cn/publish/newthuen/

4. Universitas Nanjing (Nanjing University; 南京大学)

Loading...

 

Universitas Nanjing diresmikan pada tahun 1902 sebagai bagian dari anggota Yangtze Delta Universities Alliance. Sejak awal didirikan hingga saat ini, Universitas Nanjing memiliki ±30.000 mahasiswa. Letak Universitas yang terletak di kota Nanjing, propinsi Jiangsu, yang mana pernah menjadi ibukota dinasti Ming (1368–1644) yang memiliki nilai historis yang sangat berharga.

Universitas ini memiiliki 22 jurusan bertaraf internasional, dimana salah satu jurusan terbaiknya adalah jurusan arsitektur yang memiliki posisi 100 besar di dunia.

Situs resmi : https://www.nju.edu.cn/EN/

5. Universitas Fudan (Fudan University; 复旦大学)

Universitas ini berlokasi di Shanghai, yang mana berlokasi di daerah pesisir pantai. Tidak ada persaingan yang ketat seperti universitas2 perkotaan, sehingga membuat para mahasiswa yang kuliah disini “cenderung” lebih santai, namun tetap serius dalam proses belajar dan mengajarnya.

Universitas Fudan telah menerima lebih dari 30.000 mahasiswa yang berasal dari sekolah2 terbaik Tiongkok. Berbagai fasilitas pun telah disediakan, seperti 10 unit rumah sakit yang diperuntukan sebagai pusat pembelajaran mahasiswa kedokteran, dan Institut Seni Visual Shanghai untuk mahasiswa jurusan seni.

Universitas ini memiliki 24 jurusan yang terdaftar dalam ranking dunia, 2 diantaranya yakni jurusan bahasa modern dan jurusan politik dari universitas ini bahkan berhasil masuk ke dalam peringkat 50 besar di dunia.

Situs resmi : http://www.fudan.edu.cn/en/

6. Universitas Lanzhou (Lanzhou University; 兰州大学)

Jauh dari pusat keramaian membuat Universitas Lanzhou terpacu untuk mengembangkan diri dan menjadi universitas yang terbaik. Universitas Lanzhou merupakan universitas penelitian utama untuk wilayah Lanzhou, propinsi Gansu, wilayah barat laut Tiongkok.

Tempat ini didirikan pada tahun 1909 dan merupakan salah satu universitas di bawah naungan Departemen Pendidikan Tiongkok. Universitas Lanzhou berlokasi di daerah berkembang yang jauh dari kota-kota besar. Hal ini menyebabkan proses belajar mengajar dilakukan di lingkungan belajar yang sangat tenang, didukung dengan fasilitas yang memadai.

Situs resmi : http://en.lzu.edu.cn/

7. Universitas Pertanian Tiongkok Selatan (South China Agricultural University; 华南农业大学)

Universitas ini dikenal juga dengan nama South China Agricultural University (SCAU), yang merupakan universitas utama dalam “proyek 211”. Proyek ini adalah proyek kerja sama antara pemerintah propinsi Guangdong dengan Departemen Pertanian. Universitas ini telah berdiri sejak tahun 1909.

Jurusan utamanya adalah jurusan pertanian dan jurusan biologi. Selain itu, terdapat jurusan lainnya, seperti jurusan lainnya seperti jurusan ekonomi dan manajemen, jurusan teknik industri, ilmu hukum, ilmu sains, jurusan seni dan budaya dan sebagainya.

Situs resmi : http://english.scau.edu.cn/

8. Universitas Wuhan (Wuhan University; 武汉大学)

Universitas ini terletak di Wuhan, propinsi Hubei, yang juga berada di bawah pengelolaan Departemen Pendidikan Tiongkok. Tempat ini juga manifestasi dari proyek proyek 985, proyek 211, dan proyek 2011.

Universitas ini telah bekerja sama dengan Prancis dan berhasil menempati posisi sebagai salah satu universitas terbaik Tiongkok. Wuhan telah menerima lebih dari 53.000 mahasiswa, yang mana 1.500 diantaranya merupakan mahasiswa mancanegara. Salah satu jurusan terbaiknya adalah jurusan filosofi yang berhasil menduduki peringkat 100 besar di dunia.

Situs resmi : http://en.whu.edu.cn/

9. Universitas Zhejiang (Zhejiang University; 浙江大学)

Universitas yang juga merupakan anggota C9 dan Yangtze Delta Alliance ini terletak di Hangzhou. Universitas ini didirikan oleh Lin Qi, walikota Hangzhou pada tahun 1897; dimana pada saat awal itu masih bernama Akademi Qiushi (求是书院; Qiúshì Shūyuàn), lalu berubah nama menjadi National Chekiang University sampai tahun 1949.

Di bawah kepemimpinan Zhu Kezhen (竺可桢; 1890-1974), Universitas Zhejiang menjadi salah satu universitas modern yang paling menonjol di Tiongkok, serta dijuluki sebagai “The East Cambridge” oleh Joseph Needham, ilmuwan asal Inggris.

Sampai saat ini universitas Zhejiang telah menerima ±45.000 mahasiswa, serta memiliki perpustakaan terbesar dibandingkan dengan universitas2 lainnya di Tiongkok. Universitas Zheijang berhasil menduduki peringkat dunia dengan 20 jurusan nya, bahkan jurusan pertanian dan kehutanan, teknik sipil, teknik elektro, teknik arsitektur dan teknik kimia berhasil masuk dalam ranking 100 besar dunia.

Situs resmi : http://www.zju.edu.cn/english/

10. Universitas Sains dan Teknologi Huazhong (Huazhong University of Science and Technology; 华中科技大学)

Universitas ini terletak di kota Wuhan, dan merupakan Universitas yang juga berada di bawah naungan Departemen Pendidikan Tiongkok. Universitas ini juga termasuk universitas dalam rencana proyek 985, proyek 211, dan proyek 2011.

Universitas Sains dan Teknologi Huazhong juga merupakan salah satu anggota AC21 (American Competitiveness in the 21st Century Act) yang akan mempermudah para mahasiswa, lulusan dan dosennya untuk masuk ke wilayah Amerika untuk keperluan studi dan penelitian dengan visa khusus.

Selain itu Universitas Huazhong juga termasuk dalam 10 universitas kedokteran yang terlibat dalam proyek pembangunan sekolah kedokteran, dibawah pengawasan langsung Kementerian Kesehatan Tiongkok.

Menyandang predikat The Leadership and Excellence in the Application and Development of Integrated Manufacturing award (LEAD) dari SME (The American Society of Mechanical Engineers), yang hanya dimiliki oleh 2 universitas Tiongkok (satunya lagi Tongji Medical University, Wuhan), semakin menegaskan bahwa universitas ini merupakan salah satu universitas rujukan sekolah kedokteran terbaik di Tiongkok.

Situs resmi : http://english.hust.edu.cn/

Ada perkataan dalam dunia islam yang berbunyi “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”. Ini bukan tanpa sebab, karena di wilayah Asia, Tiongkok bisa dibilang adalah RAJANYA. Selain itu beberapa faktor lain, seperti cuaca, kultur masyarakat, masakan/makanan, kedekatan geografis (lebih murah dalam perjalanan), dsb yang sudah tentu kamu tidak perlu untuk menyesuaikan diri terlalu banyak jika dibandingkan harus pergi ke eropa atau amerika.

Bagi etnis Tionghoa, sudah tentu ini adalah kesempatan untuk belajar langsung ke negeri tanah leluhurmu. Tidak perlu malu mengakui bahwa kamu adalah keturunan Tionghoa. Apapun itu, selamanya darahmu adalah darah tionghoa.

So, jika saat ini kamu berstatus pelajar SMA, atau orang tua yang punya anak remaja, tidak ada salahnya untuk menyimak baik-baik artikel diatas. Buka situs rujukan resminya (semua dalam versi internasional, bahasa inggris) langsung yang telah mimin sertakan.

Bila kemampuan bahasa mandarinmu sudah diatas rata-rata, bisa buka langsung situs versi bahasa mandarinnya, dimana umumnya terdapat info yang lebih lengkap. Selain itu, coba cari info2 lainnya di google, karena umumnya banyak tersedia beasiswa yang sudah tentu akan meringankan beban pengeluaranmu.

Jangan takut untuk kuliah di Tiongkok, karena semua universitas diatas ada kelas internasionalnya (untuk beberapa jurusan), dimana pembelajaran menggunakan bahasa inggris. Namun dalam percakapan keseharian diluar, sudah tentu akan lebih baik jika bisa berbahasa lokal, bahasa mandarin, atau bahkan bahasa hokkian dan kanton.

Karena berdasarkan cerita pengalaman mahasiswa2 asal Indonesia, mereka umumnya hanya berinteraksi dengan sesama mahasiswa asal Indonesia juga, atau paling banter dengan sesama mahasiswa asing dari negara Asia. Alasannya? Kemungkinan besar karena mereka kurang fasih dalam berbahasa lokal.

Namun tidak usah kuatir, kamu bisa ikut kelas/kursus gratis yang umumnya juga tersedia di universitas2 tersebut, yang ditawarkan khusus untuk mahasiswa asing. So, ini akan sangat membantumu dalam berinteraksi dengan mahasiswa dan masyarakat lokal.

Untuk apa bersusah payah dan jauh2 untuk melanjutkan studi ke Tiongkok, jika pergaulanmu terbatas dengan sesama Indo juga? hehehe.

Loading...

The following two tabs change content below.
Tertarik dengan tradisi & budaya Tionghoa di Indonesia. Ikuti Twitter @tionghoainfo untuk info-info terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Loading...