Yunnan Baiyao (云南白药), Obat Penyembuh Berbagai Macam Luka

Yunnan Baiyao (云南白药), atau yang juga dikenal luas dengan nama Yunnan Paiyao, merupakan salah satu obat yang ditemukan oleh Dr. Qu Huangzhang pada tahun 1902 di daerah Yunnan, Tiongkok. Obat cina ini sangat mujarab untuk mengobati luka, nyeri, dan pendarahan pada tubuh.

Di Tiongkok, reputasi obat ini menyamai nama besar penisilin di Amerika Serikat. Saat ini obat Yunnan Baiyao diproduksi oleh perusahaan milik Negara, Yunnan Baiyao Group, di Yunnan, Tiongkok.

Obat yang termasuk salah ke dalam satu dari 8 obat legendaris versi Tionghoa.INFO ini dan menjadi sangat terkenal karena digunakan pada saat Perang Dunia ke II, tepatnya disaat Jepang menginvasi daratan Tiongkok, dan pada saat Perang Vietnam, dimana Vietnam diserang oleh Amerika Serikat.

Dalam Pertempuran Taierzhuang antara pasukan Tiongkok dan Jepang yang terjadi pada tahun 1938, dokter Qu Huanzhang menyumbangkan lebih dari 30.000 botol ramuan Yunnan Baiyao ke pasukan Tiongkok, sehingga menyelamatkan puluhan ribu nyawa tentara Tiongkok dari luka parah dan ancaman kematian!

Selain itu, pada tahun 1940, komandan militer Tiongkok, Wu Xuexian mengalami luka parah di kaki kanannya karena terkena peluru musuh. Rumah Sakit milik Prancis yang berada di Kunming (ibukota Yunnan) merekomendasikan kakinya di amputasi agar menyelamatkan nyawa komandan Wu.

Wu berpaling pada dokter Qu untuk meminta bantuan, dan mengejutkan semua orang, sembuh tanpa perlu diamputasi. Nama Yunnan Baiyao semakin mendapatkan reputasi sebagai obat ajaib. Setelah kematian Qu, istrinya, Liao Lanying, menyumbangkan resep rahasia itu kepada pemerintah Tiongkok, dan saat ini telah menjadi salah satu warisan Negara yang paling berharga di bidang farmasi.

Obat ini utamanya sangat bagus untuk mengobati segala jenis luka luar, nyeri, dapat menghentikan/mengurangi perdarahan, menghilangkan nyeri, bengkak, memar, serta mengobati patah tulang yang diakibatkan luka jatuh atau luka terpukul (luka dalam), dan sangat bagus bagi yang akan menjalankan operasi, karena akan mempercepat pemulihan lukanya.

Loading...

Khasiat obat ini pun sudah teruji secara ilmiah oleh para ilmuan. Bahkan para dokter di Tiongkok pun banyak yang menganjurkan pasiennya untuk mengonsumsi Yunnan Baiyao sebelum melakukan operasi. Yunnan Baiyao merupakan salah satu obat yang paling dikenal luas, dan telah banyak digunakan di Asia selama bertahun-tahun.

Baca juga7 Macam Obat Cina Legendaris dan Khasiatnya Yang Masih Banyak Dipakai (PART 1)

Obat ini tersedia hampir di semua toko obat, karena harganya cukup terjangkau. Rata2 keluarga Tionghoa menyimpan 1-2 kotak di rumah buat antisipasi.

A. Khasiat Yunnan Baiyao

Yunnan Baiyao bekerja dengan cara menambal pembuluh darah yang sobek atau terbuka saat operasi berjalan. Baiknya lagi, obat ini tidak akan mengganggu kerja anastesi (obat bius) ketika operasi, sehingga cukup direkomendasikan dan aman untuk dikonsumsi pada hari ketika operasi berlangsung.

1. Menghentikan pendarahan, menghilangkan nyeri, bengkak dan memar, serta mengobati patah tulang akibat terjatuh/terpukul.
2. Membantu meredakan radang lambung, usus, nyeri lambung, tukak lambung, hingga pendarahan pada saluran pernapasan atau saluran pencernaan.

3. Untuk para wanita, obat ini berfungsi untuk menghentikan pendarahan hebat dan berlebihan ketika haid maupun melahirkan.
4. Mengobati wasir (sulit buang air besar) yang disertai rasa nyeri, bengkak, atau bahkan pendarahan.
5. Memperlancar sirkulasi darah, sehingga mengatasi pendarahan, nyeri, serta bengkak.

6. Menyembuhkan nanah dan infeksi pada kulit.
7. Membantu proses pembekuan darah menjadi lebih cepat serta menurunkan respon inflamasi.
8. Memiliki kandungan antibakteri untuk mencegah infeksi.

B. Dosis dan Aturan Pemakaian Yunnan Baiyao

Untuk berbagai macam luka dalam ringan (terjatuh, dipukul, memar) : Minumlah 4x dalam sehari, dengan dosis 1-2 kapsul sekali minum. Berikan jarak sekitar 4 jam setiap kali mengonsumsinya. Habiskan 3 kotak Yunnan Baiyao untuk penyembuhan maksimal.

Untuk luka dalam berat akibat terjatuh atau terpukul : Dahului dengan mengonsumsi 1 butir pil keselamatan yang berwarna merah, kemudian diikuti dengan kapsul Yunnan Baiyao sebanyak 4x dalam sehari, dengan dosis 2 kapsul sekali minum. Habiskan 3-10 kotak untuk penyembuhan maksimal.

Tampak pil merah dalam strip Yunnan Baiyao. Gunakan hanya pada saat keadaan darurat!

Untuk luka luar ringan : Bersihkan luka terlebih dahulu, hancurkan kapsul kemudian taburkan bubuknya di bagian luka yang menganga. Lindungi luka dengan perban untuk penyembuhan maksimal.

Loading...

Untuk luka luar berat : Sama seperti penanganan terhadap luka ringan, namun wajib ditutup dengan perban dan ditahan 1-2 menit hingga pendarahan berhenti.

Untuk radang lambung, radang usus, nyeri lambung, atau tukak lambung dan usus : Minumlah 4x dalam sehari, dengan dosis 2 kapsul sekali minum. Habiskan sebanyak 3-10 kotak sampai dirasa radang menghilang.

Untuk pendarahan berlebihan saat haid dan pasca melahirkan : Minumlah 4x dalam sehari, dengan dosis 2 kapsul sekali minum. Habiskan 3 kotak untuk satu seri pengobatan.

Untuk penderita wasir disertai nyeri, bengkak, dan pendarahan : Minumlah 4x dalam sehari, dengan dosis 2 kapsul sekali minum. Habiskan 3 kotak untuk satu seri pengobatan. Obat ini bisa juga digunakan sebagai obat luar, dengan cara ditaburkan pada gulungan kasa yang telah dilumuri dengan vaselin, kemudian dimasukkan ke dalam dubur.

C. Pil Merah, Pil Keselamatan Dalam Yunnan Baiyao

Pil Merah (保险子; Bao Xian Zi) yang terdapat pada tengah setiap strip (1 butir pil merah per strip) atau di setiap botol berukuran 4g, disarankan hanya dikomsumsi pada saat terjadi luka berat atau pendarahan serius.

Pil merah/pil keselamatan ini tidak berfungsi untuk menghentikan pendarahan, tetapi berfungsi untuk mencegah terjadinya syok akibat kehilangan banyak darah. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi lebih dari satu per hari.

Khusus obat ini, rata-rata dokter di Tiongkok menganjurkan agar pasiennya untuk memakan Yunnan Baiyao sebelum operasi, karena berdasarkan hasil penelitian, obat ini dapat mengurangi pendarahaan pada saat operasi, mempercepat waktu pemulihan pasca operasi, serta tidak mengganggu obat anastesi barat, sehingga aman digunakan bersamaan.

Obat Yunnan Baiyao juga tersedia dalam bentuk bubuk yang dikemas dalam botol kaca.

D. Harga Obat Yunnan Baiyao

Yunnan Baiyao yang dijual di Indonesia umumnya dikemas dalam kemasan kotak, yang dalam satu kotaknya berisi 16 buah kapsul. Satu kapsulnya berbobot kira-kira 0,25 gram. Di pasaran, satu kotaknya dihargai sekitar Rp 77.000-Rp 90.000.

Simpanlah kotak ini di tempat yang sejuk dan kering, serta terlindungi dari cahaya matahari. Hasil pengobatan juga bergantung pada berbagai faktor lainnya, seperti usia, pola hidup dan kondisi genetik seseorang.

E. Komposisi Yunnan Baiyao

Karena resep obat ini hanya dimiliki oleh perusahaan milik Negara, Yunnan Baiyao Group, yang di produksi Yunnan, Tiongkok; maka formula obat ini pastinya adalah rahasia yang dijaga ketat. Namun secara umum, obat ini mengandung berbagai macam kandungan alami yang memang sudah terbukti ampuh dalam mengobati penyakit2 diatas.

Dalam satu kotak, terdapat bahan seperti Notoginseng radix (130 mg), Dioscoreae rhizoma (60 mg), Dioscoreae Nipponicae rhizoma (20 mg), menispermi rhizoma (20 mg), Borneolum (10 mg), Geranii herba dan erodi herba (10 mg).

Walaupun cukup ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, namun untuk ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini. Penderita hipertensi (darah tinggi) dan diabetes juga sebaiknya berhati-hati dan berkonsultasi dahulu dengan dokter/shinse sebelum meminumnya.

Selain itu, ketika mengonsumsi obat ini, usahakan untuk menghindari konsumsi ikan dan makanan yang bersifat dingin untuk memaksimalkan fungsi obat.

Loading...

The following two tabs change content below.

diraliya

I'm a twenty-something years old woman who currently works as a content writer freelancer. I took a major of Chemical Engineering at Institut Teknologi Bandung, wishing that I could learn about what interests me. The wide scope of chemical engineering's knowledge let me learned much within small amount of time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

error: eits, mau ngapain nih?